Cara Mengatasi Mata Panda? Yuk Lakukan Langkah Berikut ini!

Area kulit di bawah kantong mata, merupakan salah satu area kulit yang sangat sensitif. Dan pada bagian ini juga, kerap terjadi banyak permasalahan yang mengganggu. Misalnya saja garis-garis halus, kantong mata dan bagian dari kantong mata yang menghitam. Pastinya, siapapun yang mengalami hal ini akan merasa terganggu karenanya. Apalagi, jika kantong mata tersebut menghitam dan seperti mata panda.

Julukan untuk mata panda ini bukanlah olokan tanpa sebab. Karena, siapapun yang mendapatkan julukan tersebut, maka penampilan kulit di bawah matanya memang cenderung gelap seperti halnya bagian mata panda. Dan ini, akan sangat mengganggu bagi sebagian orang. Dan mereka pastinya ingin mengetahui cara ampuh mengatasi mata panda tersebut. seperti yang akan kita bahas kali ini.

Penyebab Mata Panda

cara mengatasi mata panda
image via thesonet.com

Mata panda terbentuknya lingkaran yang menghitam di bagian bawah mata ini akan sering ditafsirkan akibat dari kurang tidur, atau bagi seseorang yang sering lembur dan mengidap insomnia. Namun, sebenarnya ada banyak sekali penyebab dari mata panda tersebut. tidak hanya kurang tidur saja yang bisa menyebabkan seseorang mengidap masalah mata panda loh!

Orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu atau bahkan masalah genetik juga bisa mendapatkan masalah mata panda ini. Biasanya, mata panda ini memang masalah yang lebih sering menyerang para pria dibandingkan dengan wanita. Siapapun yang mengidap masalah mata ini pasti akan terlihat lebih tua daripada umur yang sebenarnya.

Oleh karena itu, tidak sedikit yang mengeluhkan masalah penyebab terjadinya mata panda ini. Dan dengan banyaknya keluhan, maka anda harus mengetahui setidaknya apa saja yang menjadi faktor pemicu atau penyebab masalah mata panda tersebut. Nah, berikut beberapa penyebab mata panda yang harus diketahui:

1.Kurang tidur

cara menghilangkan mata panda secara alami
image via liputan6.com

Pada dasarnya, salah satu penyebab umum dan sering dikaitkan dengan keberadaan mata panda ini adalah masalah kurang tidur. Siapapun yang tidak tidur dengan waktu yang ditentukan (6-7 jam) di malam hari maka akan mendapatkan banyak masalah terkait kesehatan dan salah satunya adalah masalah mata panda ini. Karena tidur adalah salah satu aktifitas yang harus kita lakukan.

Dan bahkan penelitian menyatakan bahwasanya kurang tidur akan memperpendek usia manusia. Saat kita tidak tidur dengan cukup maka darah tidak akan beredar dan mengalir dengan lancar. Inilah mengapa ada beberapa kasus dimana ada sekumpulan darah yang terlihat berada di kulit bawah mata. Kenapa hanya terlihat di bagian bawah mata saja? Karena ini adalah bagian kulit yang tipis dan sangat sensitif.

Jadi, dengan adanya penumpukan di sana, maka akan terlihat seolah ada perubahan warna yang sekilas terlihat seperti mata panda. Bahkan, ini bukan masalah yang datang sendirian, ini juga biasanya disertai dengan adanya pembengkakan yang berupa kantong mata. Ini juga masalah yang membuat penampilan menjadi kurang menarik.

2.Faktor usia

cara menghilangkan mata panda permanen
image via mediskus.com

Masalah mata panda dan masalah kantong mata ini sebenarnya tidak melulu terjadi karena kurang tidur atau kurangnya istirahat, terkadang ini juga terjadi karena masalah penambahan usia. Pada orang yang lansia, maka masalah kulit akan lebih banyak terjadi, karena jaringan kulit sudah tidak sekencang dan sekuat dulu lagi. Dimana, jaringan kulit akan kehilangan elastisitasnya.

Dan dengan bertambahnya usia seseorang, kulit juga akan semakin tipis dan ini juga berlaku pada kulit bagian bawah mata yang sebenarnya sudah tipis tersebut. jadi, semua masalah akan lebih terlihat, terutama jika terjadi penumpukan cairan atau peredaran darah yang tidak lancar yang menyebabkan mata panda dan kantong mata.

3.Kebiasaan Buruk

Tentunya, ada banyak kebiasaan buruk yang menyebabkan masalah mata panda ini. Misalnya saja menatap layar dalam waktu yang cukup lama. Layar apa saja? Semua layar yang memancarkan cahaya seperti televisi, smartphone, komputer maupun gadget lainnya. Jadi, biasakan memberi tubuh jeda untuk melakukan sesuatu.

Kebiasaan menatap layar secara lama ini akan membuat area kulit di bawah mata menjadi lebih tegang dan ini akan membuat bagian pembuluh dara di sekitar mata terlihat menjadi membesar dan bahkan menjadi lebih gelap warnanya. Jadi, ini akan mengakibatkan masalah mata panda tanpa kita sadari sebelumnya.

4.Genetik

Tentunya, seperti yang sebelumnya kit bahas di atas, bahwasanya mata panda ini juga terjadi akibat faktor keturunan atau genetik. Orang tua yang memiliki riwayat mata panda biasanya akan memiliki anak yang cenderung mendapatkan masalah yang sama. Dan juga, seseorang yang memiliki warna kulit sedikit lebih gelap biasanya akan memiliki resiko masalah mata panda juga.

5.Dehidrasi

cara menghilangkan mata panda dengan minyak zaitun
image via so-net.co.jp

Dehidrasi ini juga menjadi salah satu alasan mengapa seseorang bisa mendapatkan banyak masalah kulit seperti masalah mata panda. Karena kulit pada bagian bawah mata akan terlihat lebih sayu dan cekung jika tubuh mengalami dehidrasi atau kurang air ini. Jadi, pastikan anda mendapatkan asupan air yang cukup setiap harinya.

6.Kebiasaan Minum Alkohol Serta Merokok

Jika kita ingin menghindari banyak masalah, maka salah satu caranya adalah untuk mengatasi masalah tidak baik seperti menjauhkan diri dari kebiasaan yang tidak baik. Kebiasaan yang tidak baik tersebut berupa merokok dan juga mengkonsumsi minuman beralkohol. Kita harus tahu, kedua hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan kulit serta kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jadi, jika ingin terhindar dari kantung mata dan mata panda jangan lakukan 2 hal tersebut. merokok dan konsumsi alkohol akan menyebabkan penumpukan cairan di beragam tempat di dalam tubuh atau yang dikenal dengan istilah udem. Dan jika dilakukan dalam waktu yang lama, maka ini akan menyebabkan aliran darah di bagian wajah tidak lancar. Jadi, mata panda akan lebih mudah terbentuk.

7.Paparan Dari Sinar Matahari

cara menghilangkan mata panda garnier
image via pengobatanalergi.com

Paparan sinar matahari ini juga akan membuat tubuh terpicu untuk membuat atau menciptakan pigmen kulit yang berwarna lebih gelap. Dan jika paparan sinar matahari ini mengenai mata, maka ini akan menggelapkan pada bagian mata tersebut hingga muncullah masalah kantong mata yang berubah warna ini.

8.Alergi

Masalah alergi, yang umumnya menyerang bagian mata, maka akan menyebabkan adanya kantong mata. Dan ini biasanya akan membuat masalah lingkaran berwarna hitam juga di area sekitar mata. Ini merupakan respon dari tubuh yang melepaskan zat histamin dari pertahanan terhadap alergi. Sehingga pembuluh darah akan membesar dan mudah terlihat sehingga terlihat lebih gelap.

Apakah Masalah Mata Panda Bisa Disembuhkan?

cara menghilangkan mata panda keturunan
image via cantik.tempo.com

Tentunya, tidak semua masalah yang ada di tubuh kita merupakan masalah permanen. Termasuk juga dengan mata panda ini, kita juga memerlukan beragam terapi dan cara terbaik untuk menyembuhkannya. Dan berikut beberapa solusi tentang cara mengatasi tipe-tipe kantong mata tersebut.

1.Berwarna Kecokelatan

Ada banyak jenis dari mata panda ini, salah satunya adalah mata panda yang masih berwarna kecoklatan (tidak terlalu hitam). Biasanya, penyebab utama dari jenis mata panda yang satu ini adalah paparan dari sinar matahari. Dan ini akan menyebabkan pigmentasi lebih gelap di area sekitar mata. Dan untuk solusinya : ini memang cukup sulit menghilangkan pigmentasi kecoklatan di area sekitar bawah mata. Namun, anda bisa menyamarkannya menggunakan perawatan rumahan atau menggunakan concealer jika diperlukan untuk menghadiri acara tertentu.

2.Berwarna Kebiruan

Biasanya, warna kebiruan di bawah mata ini lebih sering terjadi ketika kita harus semalaman bergadang dan lupa untuk melakukan aktifitas penting seperti beristirahat dan mencukupi kebutuhan gizi. Area bagian bawah mata yang berwarna kebiruan ini bisa terjadi akibat alergi, kurang tidur dan stres. Solusinya adalah : mencegah pigmentasi tersebut terjadi. Jadi, anda harus selalu mencukupi kebutuhan istirahat, menghindari segala sesuatu yang menyebabkan alergi dan menghindari stres.

3.Berwarna Keunguan atau Kemerahan

Biasanya, warna kemerahan maupun keunguan ini akan terjadi akibat dampak dari dilatasi atau pelebaran pembuluh darah di sekitar area mata. Dan ini bisa terjadi akibat genetik dan penuaan. Jadi, seperti penyebab mata panda yang sebelumnya kita bahas di atas, bahwasanya ada faktor genetik dan usia yang menyebabkan timbulnya mata panda tersebut. Solusinya dalah menggunakan krim mata yang mengandung retinoid yang akan bersifat anti-aging.

4.Berwarna Kehitaman

Ada banyak hal yang menyebabkan bagian bawah mata menjadi menghitam atau lebih gelap. Ini terjadi akibat penuaan, berkurangnya berat badan secara drastis maupun masalah dari struktur wajah anda sendiri. Biasanya, cara mengatasinya adalah dengan menggunakan penanganan khusus dimana anda akan mendapatkan treatment untuk men-filler bagian tersebut agar terlihat lebih penuh dan tidak cekung.

Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam

cara menghilangkan mata panda secara alami dan permanen
image via liputan6.com

Sebenarnya, masalah mata panda ini bukanlah keluhan yang membahayakan. Namun, ini pastinya akan merusak penampilan anda. Dan pastinya anda akan mencari cara untuk mengatasinya. Nah, berikut beberapa cara alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah mata panda tersebut:

1.Kompres mata

Cara pertama yang dianjurkan dan biasanya ampuh untuk mengatasi masalah mata panda ini adalah dengan cara kompres mata. Ini adalah cara pertama yang sangat mudah dilakukan dan cukup efektif bagi banyak orang. Caranya hanya perlu mengompres bagian bawah mata anda menggunakan air dingin.

Basahi handuk bersih ke dalam air dingin tersebut, peras dan letakkan di bagian bawah kantung mata anda. Kemudian anda juga bisa mengompres area tersebut menggunakan bahan-bahan alami berkhasiat seperti mentimun maupun kantong teh hijau. Ini sangat bagus bagi kecerahan dan kesehatan kulit di bagian bawah mata dan menjadikannya lebih bersinar.

2.Istirahat Cukup

cara menghilangkan mata panda alami
image via deherba.com

Untuk tidak menambah masalah mata panda ini, maka anda harus memberikan tubuh anda istirahat yang cukup. Jadi jangan lupa untuk selalu tidur minimal 6 hingga 7 jam di malam hari. Dan posisikan badan anda dengan baik untuk mengurangi masalah mata panda. Caranya adalah dengan menambahkan bantal tambahan untuk bagian kepala anda.

3.Rehidrasi

Jangan sampai dehidrasi memperparah kondisi mata anda. Jadi, anda harus selalu ingat akan kebutuhan cairan tubuh yang pas sesuai dengan aktifitas dan jenis kelamin anda. Kemudian, jangan lupa untuk menghindari minuman yang berkafein dan beralkohol. Ini juga akan menyebabkan anda mudah mendapatkan dehidrasi baik ringan hingga sedang dan akan mengganggu jam tidur. Karena itu, ini akan memperparah masalah mata panda tersebut nantinya.

Memberikan tubuh asupan cairan yang cukup juga akan membuat anda terhindar dari masalah dehidrasi. Ini juga akan mencegah masalah kantung mata yang biasanya akan menyertai masalah mata panda ini. Jadi, anda harus melakukan hal yang terbaik untuk menghindari masalah retensi cairan yang berujung pada kantung mata tersebut. pastikan dan selalu meminum air putih setidaknya 8 gelas sehari.

4.Asupan Kalium

cara menghilangkan mata panda dengan es batu
image via vitualink.com

Untuk mengatasi masalah retensi cairan, maka hal penting yang harus dilakukan adalah dengan mencukupi asupan kalium. Karena kalium ini sendiri sangat bagus untuk mencegah penumpukan cairan di dalam tubuh atau yang menyebabkan kantong mata dan bahkan mata panda. Ada banyak sekali sumber kalium seperti sayuran hijau, pisang maupun yoghurt.

5.Krim Mata

Hal lain yang bisa digunakan dalam cara mengatasi masalah mata panda ini adalah menggunakan krim mata. Biasanya ada banyak jenis krim maupun serum yang sengaja diproduksi agar kita bisa mengatasi banyaknya masalah mata yang mengganggu seperti kantong mata. Krim tersebut bersifat mengatasi peradangan dan mengencangkan kembali kulit di bagian bawah mata hingga warna nya terlihat lebih cerah.

6.Obat Alergi

Nah, alergi juga menjadi salah satu penyebab dari mata panda, seperti yang telah kita jabarkan di atas. Jadi, jika anda mendapati mata panda anda adalah bentuk reaksi dari sebuah alergi, maka menggunakan obat maupun krim alergi adalah solusinya.

7.Dermal filler

Salah satu perawatan lanjutan yang biasanya dianjurkan dan banyak digunakan di klinik kecantikan adalah derma filler ini. Dimana dokter akan mengatasi masalah hilangnya jaringan lemak maupun permasalahan pembuluh darah di sekitar area mata anda.

8.Krim Pemutih

Biasanya, krim pemutih yang digunakan untuk mencerahkan area di sekitar mata adalah yang mengandung vitamin C, retinol maupun kojic. Jadi, dengan bahan-bahan tersebut nantinya kulit di area tersebut menjadi lebih sehat, cerah dan terhindar dari pigmentasi yang menghitam.

Demikianlah penjabaran tentang cara mengatasi mata panda yang bahkan sebagian bisa anda terapkan langsung di rumah menggunakan bahan-bahan alami dan aman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + eighteen =