Cara Mengatasi Sakit Gigi

Begini Cara Mengatasi Sakit Gigi yang Bisa Anda Coba di Rumah!

Sakit gigi – Siapa saja mungkin pernah mengalami nyeri maupun sakit gigi didalam kehidupan mereka. Karena kebanyakan keluhan yang mengantarkan pasien menemui para dokter gigi adalah tentang masalah sakit gigi ini. Jadi, setidaknya hampir setiap orang mengalami masalah sakit gigi minimal sekali dalam hidup mereka. Dan tentunya ini bukanlah hal yang menyenangkan.

Penyebab Sakit Gigi

penyebab sakit gigi
image via BrittDental.com

Ada banyak sekali faktor yang menimbulkan masalah sakit gigi ini dan kali ini kita akan membahas apa saja yang memungkinkan menjadi hal yang menyebabkan sakit gigi tersebut.

a. Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah salah satu masalah terbanyak yang menyebabkan adanya serangan sakit gigi bagi seseorang. Dan gigi berlubang ini terjadi akibat banyak hal dan paling utama adalah kurangnya kebersihan gigi yang seharusnya menjadi prioritas dan dijaga oleh semua orang. Mengunjungi dokter gigi secara rutin sekali dalam 6 bulan juga merupakan hal yang direkomendasikan.

b. Gigi sensitif

Namun, gigi berlubang bukanlah satu-satunya alasan mengapa seseorang menderita sakit gigi. Bahkan anda yang memiliki kelainan gigi seperti menderita masalah gigi sensitif juga terkadang mudah mendapatkan masalah sakit gigi ini. Karena seperti yang kita ketahui, gigi sensitif adalah gigi yang lebih mudah terkena dampak atau masalah sensasi nyeri.

Jadi, seseorang yang memiliki jenis gigi sensitif terkadang akan mendapatkan nyeri atau sakit gigi entah itu dikarenakan makanan atau minuman tertentu maupun masalah resesi gusi. Jika memang gigi sensitif penyebab sakit gigi yang anda alami, maka anda harus menemui dokter gigi untuk pengobatan lebih lanjut dan menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

c. Kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk juga berpengaruh dan bisa menyebabkan sakit gigi misalnya saja kebiasaan menggertakkan gigi. Ini akan membuat penipisan di bagian terluar gigi yang nantinya menjadikan gigi lebih sensitif terhadap sensasi nyeri. Jadi, kebanyakan orang tidak sadar bahwasanya kebiasaan yang mereka lakukan berdampak buruk pada kesehatan tubuhnya.

d. Tumbuh gigi bungsu

Tumbuhnya gigi bungsu memang akan menjadi salah satu hal yang menyakitkan. Karena biasanya, gigi bungsu ini akan tumbuh pada tempat yang tidak semestinya, berdempetan dengan yang lain hingga membuat rasa nyeri pada daerah gigi dan gusi. Jadi, jika anda sedang mengalami penumbuhan gigi bungsu, maka sangat mungkin untuk terkena masalah sakit gigi.

e. Karies gigi

Ini merupakan istilah medis untuk gigi yang membusuk akibat infeksi. Biasanya, pembusukan pada bagian enamel atau lapisan terluar gigi saja tidak akan membuat gigi terasa sakit. Namun, jika pembusukan telah mencapai bagian email gigi atau lapisan terdalam maka ini akan menyebabkan rasa nyeri yang menganggu aktifitas sehari-hari.

f. Tambalan gigi yang lepas

Ketika terjadi permasalahan di gigi yang masih tergolong kecil dana bisa ditangani, misalnya saja gigi retak atau berlubang maka akan dilakukan penambalan. Nah, jika penambalan tidak dilakukan dengan baik hingga akhirnya tambalan gigi tersebut copot, maka ini akan menyebabkan rasa tidak enak dan sakit gigi yang harus ditangani oleh para dokter gigi.

g. Penyakit gusi

Masalah lain yang tidak bisa dipisahkan dengan sakit gigi dan menjadi salah satu pemicunya adalah penyakit gusi. Dimana penumpukan plak menjadi peradangan di gusi hingga menyebabkan rasa sakit gigi yang teramat sangat. Ini akan membuat gigi disekitarnya menjadi lebih sensitif dan mudah terasa sakit.

h. Gigi patah/retak

Siapa sangka retaknya gigi atau gigi yang patah juga menjadi salah satu masalah mengapa seseorang mengalami sakit gigi. Rasa sakit yang muncul tanpa adanya gigi yang berlubang maupun masalah infeksi lainnya di daerah tersebut menandakan adanya patahan gigi yang terjadi secara tidak sengaja akibat benturan saat mengunyah yang keras atau trauma.

i. Gigi Longgar

Bisa jadi ketika anda terjatuh, ada benturan keras yang mengenai bagian gigi tertentu yang menyebabkan gigi tersebut menjadi longgar. Dan ini akan menyebabkan nyeri pada gigi karena longgarnya gigi akan menandakan ada kerusakan pada akar gigi yang menyebabkan gigi tersebut lebih sensitif apalagi jika terkena gesekan saat mengunyah.

j. Faktor Lain

Terkadang rasa sakit di gigi tidak ada hubungannya dengan masalah buruk di gigi dan daerah sekitarnya. Ini bisa dirasakan jika kita mengalami cidera atau benturan di daerah kepala dan bagian penyambungan rahang. Bahkan seseorang yang mengalami masalah sinusitis yang berat juga berdampak akan masalah nyeri gigi.

Penyakit atau Dampak Buruk Dari sakit Gigi

komplikasi penyakit sakit gigi
image via pexels.com

Apapun alasan yang membuat anda mengalami sakit gigi seperti kemungkinan yang telah kita jabarkan di atas. Anda tetap harus mencari tahu dan menanganinya dengan penanganan yang tepat. Jika tidak memungkinkan untuk mengatasinya secara manual maka anda harus meminta bantuan ahli medis yakni dokter gigi.

Karena, sakit gigi ini akan memberikan banyak dampak yang buruk bagi kesehatan. Bahkan ada beberapa penyakit yang tandanya di awali dengan rasa sakit atau ngilu pada gigi. Penyakit apa sajakah yang ditandai dengan masalah sakit gigi? Berikut penjabarannya :

a. Penyakit Jantung dan Stroke

sakit gigi menyebabkan sakit jantung dan stroke
image via pexels.com

Siapa sangka bahwasanya penyakit jantung dan stroke akan mengalami hubungan erat dengan sakit gigi? Ternyata, bakteri yang ada di dalam gigi yang berlubang, infeksi atau membusuk bisa menjadi masalah yang menyebabkan gangguan pada katup jantung karena bakteri tersebut akan menempel disana. Jika terus dibiarkan, maka aliran darah bisa terganggu dan terbentuklah gumpalan darah yang dalam dunia medis disebut dengan thrombus. Nantinya gumpalan darah tersebut dapat berujung pada stroke dan penyakit jantung.

b. Penyakit kanker

Ternyata, peradangan pada gusi bisa menyebabkan masalah terkait kanker. Ini akan memicu tumbuhnya sel tumor yang terjadi akibat radang gusi yang terabaikan dan tidak teratasi dengan baik. Jika masalah ini tidak menjadi perhatian bersama dan selalu terabaikan maka akan menimbulkan masalah kanker yang serius.

c. Disfungsi ereksi

Ini bisa menyebabkan masalah serius yang sangat ditakuti oleh para pria. Seperti yang kita jelaskan di atas bahwasanya, penyakit gigi bisa membuat penempelan bakteri pada dinding pembuluh darah hingga nantinya ini akan membuat pembuluh darah rusak dan menjalar hingga ke bagian organ intim sang pria dan menyebabkan masalah disfungsi ereksi.

d. Prostatitis

Enzim yang dibentuk di prostat yakni PSA akan cenderung menjadi lebih tinggi bila kita mengalami masalah sakit gigi. Dan jika tidak ditangani maka akan menyebabkan banyak bahaya bagi orang yang terkena seperti pembengkakan prostat hingga infeksi dan rasa nyeri saat buang air kecil yang tidak tertahankan.

e. Periodontitis

Masalah pada gusi merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari sakit gigi. Karena ini merupakan akibat dari penumpukan plak dan juga penumpukan karang gigi yang bisa menyebabkan masalah radang lain yakni periodontitis. Ini akan menjadi salah satu masalah yang menyebabkan nyeri lain di bagian gusi yang menular dari masalah sakit gigi.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan penanganan yang tepat agar bisa mengobati serta mengatasi keluhan sakit gigi yang akan membuat kita menjadi tidak nyaman. Ini juga diperlukan agar kita tidak mengalami masalah lebih lanjut seperti beberapa penyakit di atas.

Cara mengatasi Sakit Gigi

obat sakit gigi
image via pexels.com

Melakukan penanganan yang dilakukan terhadap masalah sakit gigi ini akan mengatasi terjadinya beragam penyakit yang lebih serius dan mengancam kesehatan Anda. Jadi, melakukan perawatan serta pengobatan akan sangat membantu dan mengatasi masalah lanjutan yang bisa saja terjadi jika sakit gigi dibiarkan.

1. Mengunakan Obat Anti Nyeri

Waluapun mungkin ini bukanlah pengobatan yang bisa langsung mengatasi masalah sakit gigi tersebut. Namun, ini akan mengatasi masalah nyeri yang tidak tertahankan tersebut dan membuat anda lebih mudah beraktifitas dengan leluasa tanpa harus merasakan sakit gigi yang lebih lanjut.

2. Berkumur Dengan Air Garam

Larutan garam bisa menjadi pengobatan alami yang bersifat anti bakteri. Air garam ini akan sangat ampuh untuk mengatasi bakteri yang menginfeksi dan menyebabkan sakit gigi tersebut. Caranya mudah hanya tinggal melarutkan satu sendok garam ke 150 cc air hangat dan berkumur-kumurlah dengan air garam tersebut hingga 3 x sehari selama sakit gigi melanda.

3. Kantong Teh Celup Hangat

mengobati sakit gigi dengan kantung teh hangat
image via pexels.com

Siapa sangka kantong teh celup yang hangat bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan bagi gigi yang sakit dan meradang. Jadi, saat menyeduh teh gunakan sisa kantong teh yang sudah diseduh dengan air panas tersebut untuk mengatasi maalah gigi sakit yang meradang ini. Karena teh mengandung tanin dan akan mengatasi iritasi serta pembengkakan.

4. Kunyah Daun Mint

Salah satu penyembuhan alternatif alami untuk meredakan sakit gigi adalah dengan cara mengunyah daun mint. Daun ini akan memberikan efek untuk meredakan rasa nyeri dan juga bisa mengembalikan bau mulut yang segar akibat adanya peradangan maka biasanya bau mulut akan menjadi lebih berbau dan tidak sedap.

5. Air Rebusan Daun Jambu Biji

Salah satu alternatif untuk mengatasi adanya rasa sakit gigi adalah dengan mengunyah daun jambu biji hingga menggunakan lidah untuk meletakkan ekstrak daun jambu biji pada bagian yang terasa sakit atau menggunakan air rebusan jambu biji yang sebelumnya diberi sedikit garam. Gunakan air rebusan ini sebagai obat kumur.

6. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh ini mengandung senyawa eugenol yang nantinya akan menjadi zat anastesi atau penghilang rasa sakit yang berperan dalam mengatasi masalah sakit gigi yang anda alami. Jadi, syaraf gigi yang terinfeksi akan terobati dan rasa nyerinya akan teratasi jika anda menggunakan minyak cengkeh pada bagian gigi yang sakit.

7. Kompres Es Batu

Menggunakan es batu sebagai pereda rasa nyeri bukan lagi hal yang aneh. Gunakan es batu dan balut dengan kain bersih kemudian tempelkan pada area luar gigi yang terasa sakit. Ini akan menjadi anti nyeri sekaligus mengatasi peradangan dan mengatasi jika adanya pembengkakan pada gigi sakit tersebut nantinya. Namun, cukup gunakan es batu selama 10-15 menit karena paparan es terlalu lama cenderung sensitif terhadap persarafan sehingga malah menimbulkan nyeri.

8. Air Lemon

mengobati sakit gigi dengan jeruk lemon
image via pexels.com

Lemon sendiri merupakan buah yang nantinya mengandung kadar asam yang bisa menyeimbangkan kembali pH mulut bahkan lemon juga disinyalir baik untuk masalah peradangan karena memiliki senyawa anti bakteri yang bisa mengatasi masalah gigi sakit dan berlubang. Gunakan perasan air lemon dicampur dengan mint sebagai salah satu obat kumur dan setidaknya berkumurlah sebanyak 3 x sehari.

9. Bawang Merah Dan Bawang Putih

mengobati sakit gigi dengan bawang
image via netpics.pw

Sifat antibiotik dan anti mikroba yang dimiliki oleh bawang putih dan bawang merah bisa menjadi hal yang membantu dalam meredakan masalah sakit gigi pada setiap orang. Bahkan mengkombinasikan bahan-bahan ini dengan bahan berguna lainnya seperti lemon dan minyak esensial juga akan membuat penanganan sakit gigi menjadi lebih optimal.

Langkah Pencegahan

Langkah terakhir yang patut diketahui adalah bagaimana cara mencegah sakit gigi ini. Karena langkah pencegahan adalah hal yang penting untuk membuat kita selalu waspada dan terhindar dari masalah sakit gigi yaitu :

1. Rajin Mengosok Gigi

Hal terpenting adalah untuk selau membersihkan gigi agar nantinya tidak menjadi masalah yang meradang. Jadi, selalu menggosok gigi setidaknya 2 kali dalam sehari agar tidak terkena masalah sakit gigi. Karena dengan memastikan gigi bersih dan tidak ada kotoran yang menumpuk maka anda akan terbebas dari bahaya sakit gigi tersebut.

2. Menghindari makanan yang manis

Menghindari terlalu banyak makan makanan yang manis seperti permen, kue, coklat dan makanan manis lainnya sangat baik bagi kesehatan gigi. Apalagi jika anda termasuk orang pemalas yang jarang membersihkan gigi, jadi jangan biasakan untuk menumpuk makanan manis di lapisan gigi anda tersebut.

3. Menghindari makanan dan minuman yang dingin dan panas

Seperti halnya sebuah gelas kaca, gigi akan mudah rusak dan keropos jika selalu digunakan untuk langsung meminum makanan dan minuman yang panas atau dingin. Untuk menghindari kerusakan gigi seperti keropos dan berlubang sebaiknya hindari jenis makanan dan minuman tersebut. Bahkan hindari juga minuman bersoda karena mudah membuat gigi menjadi keropos dan rusak.

4. Selalu memeriksakan gigi

Ingatlah bahwasanya kita diharuskan untuk memeriksakan gigi sekali dalam 6 bulan. Jadi, bagi anda yang tidak ingin mendapati banyak masalah terkait dengan kerusakan dan sakit gigi jangan lupa untuk selalu rutin mengunjungi dokter gigi tersebut. Atau langsung lakukan tindakan seperti penambalan jika misalnya terdapat lubang di gigi.

Nah, demikianlah hal yang bisa dilakukan untuk mencegah agar kita tidak mendapatkan masalah gigi, semoga informasi ini bermanfaat!

*direview oleh dr.  Adriani Sakina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 5 =