Tips Cara Mengecilkan Lengan yang Bisa Anda Coba!

Setiap orang apalagi perempuan tentunya punya keinginan untuk memiliki tubuh yang indah, proporsional dan sehat. Namun hal tersebut kerap kali susah didapatkan oleh sebagian orang karena tidak seimbangnya gaya hidup, dari mulai pola makanan buruk, jarang olahraga, atau pola tidur yang buruk. Hal-hal tersebut bisa berpengaruh pada kenaikan berat badan serta penumpukan lemak di bagian tubuh tertentu, seperti bagian lengan.  Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai berbagai cara mengecilkan lengan dengan diet dan olahraga.

Setiap orang apalagi perempuan tentunya punya keinginan untuk memiliki tubuh yang indah, proporsional dan sehat. Namun hal tersebut kerap kali susah didapatkan oleh sebagian orang karena tidak seimbangnya gaya hidup, dari mulai pola makanan buruk, jarang olahraga, atau pola tidur yang buruk. Hal-hal tersebut bisa berpengaruh pada kenaikan berat badan serta penumpukan lemak di bagian tubuh tertentu, seperti lengan.

cara mengecilkan lengan bawah
image via google.com

Lengan yang semakin membesar kerap kali menjadi keluhan banyak perempuan, bahkan beberapa orang merasa kurang percaya diri dengan penampilannya hanya karena ukuran lengan. Berikut artikel yang kami buat mengenai cara mengecilkan lengan dengan diet dan olahraga.

Namun tahukah Anda? Untuk faktor pengaruh pembesarannya ternyata tidak hanya lemak saja, beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhi adalah:

  • Faktor usia: Usia ternyata juga bisa mempengaruhi pada besarnya ukuran lengan sampai bergelambir. Semakin tua seseorang makan resiko jaringan kulit untuk kendur juga akan semakin besar.
  • Hormon: Perubahan hormon dalam tubuh, khususnya yang bisa menurunkan kadar testoteron bisa mengakibatkan bagian lengan semakin besar, begitu juga pada beberapa bagian tubuh lainnya.

Namun, dengan adanya faktor penyebab di atas bukan berarti Anda tidak memiliki peluang untuk bisa mengecilkan lengan ya! Berikut ini adalah rekomendasi cara mengecilkan lengan dengan diet dan olahraga.

Diet Mengecilkan Lengan (Tangan)

Cara mengecilkan tangan dengan diet makanan
image via cintaihidup.com

Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan, dengan diet dan olahraga. Untuk diet, Anda bisa melakukan pengaturan pola makan dan konsumsi makanan yang memang direkomendasikan. Berikut ini adalah makanan yang sebaiknya Anda konsumsi saat melakukan diet mengecilkan lengan atau mengecilkan lengan bawah Anda:

1. Kacang

Kacang merupakan makanan pertama yang direkomendasikan untuk mengurangi ukuran lengan secara alami. Jenis makanan ini membantu pengurangan kadar lemak dalam tubuh, khususnya pada area lengan dan juga perut. Selain bagus untuk diet, kacang juga memiliki manfaat untuk menghindari berkembangnya sel kanker.

Saat Anda akan menggunakan kacang sebagai cara untuk mengecilkan lengan, sebaiknya hindari dulu makanan yang mengandung lemak terlalu tinggi. Kurangi juga makanan ringan yang terlalu banyak mengandung garam. Sebagai gantinya, kacang bisa kamu jadikan cemilan sehat. Tapi perhatikan juga cara pengolahannya ya. Sebaiknya olah dengan cara di rebus saja.

2. Makanan mengandung magnesium ( Bayam dan Brokoli)

Anda juga dianjurkan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan magnesium tinggi. Dalam proses pembakaran lemak, magnesium sangatlah dibutuhkan. Sementara untuk mendapatkan kandungan tersebut, Anda bisa mendapatkannya dari sayuran bayam dan brokoli. Bukan hanya itu saja, faktanya kandungan magnesium dalam makanan juga mampu mengurangi tingkat stress seseorang. Dimana stress sendiri bisa memicu rasa lapar berlebihan dan mengakibatkan konsumsi makanan terlalu berlebihan yang berakhir penambahan berat badan dalam waktu singkat.

3. Konsumsi teh hijau

Apakah Anda senang mengkonsumsi teh? Nah, saat menjalankan program diet mengecilkan lengan sebaiknya Anda mengganti konsumsi teh biasa dengan teh hijau. Sebab sudah banyak sekali penelitian yang mengatakan bahwa jenis teh hijau mampu membantu pembakaran lemak dalam tubuh termasuk pada bagian lengan dengan cukup cepat.

Namun tentunya buka hanya dalam satu kali minum saja ya, Anda perlu mengkonsumsinya dengan rutin. Sangat dianjurkan 3 kali sehari, atau paling sedikit 2 kali sehari. Selain itu, jangan tambahkan gula juga ke dalam tehnya karena malah akan membuat kadar glukosa dalam darah meningkat dan berat badan tidak stabil. Kalau tidak terlalu menyukai rasa pahit dari tehnya, Anda bisa menambahkan madu murni saja.

4. Tingkatkan konsumsi cairan

Meningkatkan konsumsi cairan perlu Anda lakukan bila ingin mengecilkan ukuran lengan. Cairan yang dimaksud adalah air putih yang biasa dikonsumsi. Semakin tercukupinya cairan dalam tubuh maka itu bisa semakin membantu tubuh Anda untuk bisa mengontrol rasa lapar. Selain itu, cairan juga bisa memudahkan dalam proses pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh, dimana 0.5 liter ciaran mampu membakar hingga 23 kcal.

4 makanan dan minuman di atas bisa Anda andalkan untuk diet mengecilkan lengan secara alami. Tapi yang perlu Anda ingat adalah Anda juga harus bisa mengatur waktu makan dengan baik. Karena sangat rugi kalau Anda sudah mengkonsumsi makanan yang dianjurkan namun pola makan dan cara mengkonsumsinya salah. Pengaturan waktu makan bisa sangat membantu dalam penurunan berat badan dan menghindari penimbunan lemak pada satu bagian tubuh.

Bila Anda memang seseorang yang mudah lapar, Anda bisa membagi waktu makan cukup banyak namun kurangi porsinya. Anda bisa makan 3-6 kali dalam sehari, namun dalam porsi kecil. Itu lebih baik dibandingkan harus konsumsi makanan terlalu banyak dalam satu waktu. Ingat, diet bukan berarti Anda tidak makan namun Anda harus mengurangi porsi makan dan mengatur asupan makanan, mana yang boleh dan mana yang tidak boleh.

Olahraga Mengecilkan Lengan (Tangan)

Cara mengecilkan lengan juga bisa dengan olahraga. Anda bisa menyeimbangkan proses pengecilan lengan dengan diet dan olahraga agar prosesnya lebih cepat. Beberapa olahraga yang dianjurkan adalah:

1. Angkat beban

Cara mengecilkan tangan dengan olahraga angkat beban
image via google.com

Olahraga pertama yang dianjurkan adalah angkat beban. Tidak terlalu sulit, Anda hanya tinggal mencari benda yang memiliki massa cukup berat, atau bisa juga menggunakan barbel agar lebih praktis. Cara ini tidak hanya bisa membantu mengecilkan lengan, tapi juga bisa mengencangkan otot perut serta menegakkan bagian bagu. Caranya tidak sulit, Anda hanya perlu memegang barbel lalu naikan lengan ke atas kepala, tahan selama satu 20 detik, lalu turunkan ke bawah. Lakukan cara tersebut beberapa kali, 15-20 kali dalam satu set.

2. Arm circle

Cara mengecilkan tangan dengan olahraga arm circle
image via youtube.com

Gerakan arm circle tidak terlalu sulit, mudah dilakukan, kapan saja dan dimana saja. Caranya, Anda bisa coba merentangkan kedua lengan, kemudian putarkan ke bagian depan 20 kali, setelah itu lakukan dengan arah kebalikan dan jumlah nya sama. Naikkan intensitas gerakan setiap harinya, lakukan juga dengan rutin agar lengan tangan bisa mengecil dengan cepat.

3. Push Up

Cara mengecilkan tangan dengan olahraga push up
image via youtube.com

Selanjutnya adalah gerakan push up. Ini gerakan yang sangat umum dan sudah banyak yang mengetahui. Anda akan menahan berat badan pada bagian lengan dan itu sangat efektif untuk mengurangi ukuran lengan bahkan mengencangkannya. Namun tentunya pengecilan lengan dengan push up tidak bisa dilakukan secara instan, lakukanlah gerakan secara rutin agar hasilnya maksimal.

4. Chair dips

Cara mengecilkan tangan dengan olahraga chair dips
image via google.com

Gerakan chair dips memanfaatkan media kursi untuk melakukannya. Caranya juga tidak terlalu rumit, namun sebagian orang biasanya merasa kesulitan. Apalagi bagi yang baru mencoba gerakannya. Pertama, Anda perlu siapkan kursi dulu, kemudian tumpukanlah kedua lengan ke kursi (lihat pada contoh gambar), setelah itu sembari siku ditekukkan, Anda bisa menurunkan panta sampai menyentuh lantai, lalu balik lagi ke posisi awal. Tidak rumit kan? Namun akan sulit di awal, jadi Anda bisa melakukannya secara perlahan saja. Agar bisa memberikan hasil maksimal, pastikan Anda melakukan 20 sampai 30 kali dalam satu set.

5. Boxing

Cara mengecilkan tangan dengan olahraga boxing
image via amazon.com

Olahraga boxing memang cukup jarang dilakukan perempuan, namun kalau Anda ingin mencoba ini bisa sangat ampuh untuk mengecilkan ukuran lengan. Bahkan proses pembakaran lemak saat olahraga boxing bisa lebih cepat dibandingkan olahraga sebelumnya. Boxing juga dapat membantu Anda mengurangi tingkat stress. Untuk melakukan olahraga boxing, Anda perlu seorang pelatih agar tidak salah gerakan dan cedera.

6. Scissors

Scissors merupakan salah satu gerakan dari senam kardio yang praktis dan bisa dilakukan dimana saja. Gerakan ini juga bila dilakukan secara rutin mampu membantu pengecilan lengan. Scissors dimana juga gerakan gunting sebab saat melakukannya lengan tampak seperti bilah gunting yang sedang memotong.

Cara mengecilkan tangan dengan olahraga scissors
image via youtube.com

Cara melakukannya tidak sulit. Pertama, Anda bisa posisikan badan tegak berdiri lalu rentangkanlah kedua lengan di samping. Kemudian Anda bisa bergerak menggunakan satu kaki ke arah depan dan posisikan lengan Anda bersilangan seperti sedang menggunting sesuatu. Setelah itu, kembali lagi pada posisi awal dan ulang sampai 20 kali atau lebih. Cara ini bisa sangat efektif bila Anda bisa melakukannya dengan rutin.

7. Plank

Kalau Anda tahu bagaimana posisi push up, maka untuk melakukan posisi plank tidak akan terlalu sulit karena posisinya sama saja namun bedanya plank tidak harus naik turun. Anda hanya harus menahan massa tubuh beberapa menit saja. Namun pastikan kalau bagian lengan dan kaki benar-benar menahan beban dengan sempurna, selain itu bagian perut juga jangan menyentuh lantai ya.

Cara mengecilkan tangan dengan olahraga plank
image via google.com

Coba posisikan tubuh Anda berbaring di lantai, namun bagian perutnya harus menempel ke lantai (tidur terbalik), selanjutnya angkatlah tubuh menggunakan lengan dan kaki. Berikan juga jarak agak jauh antara lengan dan tubuh. Tahan posisi plank selama 1 menit. Anda bisa melakukannya setiap hari, namun naikkan intensitas waktunya. Jadi bila hari ini 1 menit maka hari selanjutnya bisa ditambah menjadi 2 menit.

Beberapa olahraga di atas bisa coba Anda lakukan untuk mengecilkan lengan. Tidak perlu melakukan semuanya, pilih saja salah satunya yang paling mudah dan fleksibel untuk dilakukan kapan saja, seperti arm circle misalnya. Karena beberapa orang terkadang menggunakan alasan sibuk sehingga tidak sempat untuk berolahraga padahal ada beberapa gerakan mudah yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Atau kalau mau, Anda bisa coba beberapa gerakan workout seperti dalam video dibawah ini : 

Nah, agar lebih efektif dan cepat dalam proses pengecilan ukuran lengannya, Anda bisa coba lakukan olahraga secara rutin, 15 menit dalam sehari. Imbangi juga dengan pola makan yang teratur sehingga berat badan bisa terjaga dengan stabil. Untuk sementara waktu, Anda bisa menerapkan program diet dalam rangka pengecilan lengan. Ada banyak sekali metode diet yang bisa dilakukan. Namun tentunya Anda harus pilih cara yang memang cocok dengan kondisi tubuh. Karena tidak semua metode bisa cocok dengan semua tubuh.

Selain itu, bila Anda ingin mengandalkan seorang pelatih untuk membantu dan membimbing olahraga, pastikan kalau Anda memberitahukan bagian tubuh mana yang sedang difokuskan dalam proses pengurangan lemak. Agar tidak ada gerakan yang salah atau tidak sia-sia dilakukan.

Cara Mengecilkan Lengan dengan Beberapa Treatment

Selain diet dan olahraga sebenarnya masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan lengan. Cara-cara ini berkaitan dengan treatment khusus dan biasanya akan memanfaatkan metode atau produk untuk mengecilkan lengan tertentu. Beberapa treatment yang bisa Anda coba:

1. Sauna

Sauna adalah metode pembakaran lemak yang memanfaatkan suhu dan uap dalam ruangan. Cara ini cukup efektif untuk meluruhkan lemak tubuh. Selain itu, bila menggunakan metode sauna Anda juga tidak perlu melakukan banyak gerakan untuk mengeluarkan keringat karena suhu hangat akan memicu keringat untuk keluar. Biasanya sebelum Anda masuk ke dalam sauna Anda diharuskan menggunakan gel khusus, kemudian ditutupi menggunakan plester tranparan. Tujuannya adalah agar lemak pada bagian lengan atau pada bagian tubuh yang sudah diolesi gel bisa cepat terbakar. Anda bisa menggunakan metode saunda 2 sampai 3 kali per minggunya.

2. Akupuntur

Cara mengecilkan tangan dengan akupuntur
image via ys8.com

Metode akupuntur juga bisa Anda coba lakukan. Metode yang sudah umum diketahui oleh masyarakat, dimana alat yang akan digunakan untuk membantu meluruhkan lemak adalah jarum. Cara ini tentunya harus dilakukan oleh seorang ahli, Anda tidak bisa menusukan jarum sembarangan ke bagian tubuh. Nantinya akan ada beberapa jarum yang diarahkan ke beberapa titik khususnya yang ada pada bagian lengan, lalu jarum tersebut secara alami akan membantu memecahkan jaringan lemak yang terlalu menumpuk pada area lengan Anda.

Metode akupuntur juga tidak bisa dilakukan hanya dalam satu kali percobaan saja. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukan secara berkala dan teratur. Jangan lupa juga untuk memilih terapis yang memang ahli dibidangnya sehingga tidak ada kesalahan saat proses treatmennya.

Itulah beberapa cara mengecilkan lengan dengan diet dan olahraga serta beberapa tambahan cara lainnya yaitu menggunakan treatment.

Saat berusaha mengecilkan ukuran lengan tangan dan mengurangi lemak tubuh, jangan sesekali Anda mengandalkan obat diet yang memberikan penawaran turun berat badan dalam waktu sangat cepat, misal 1 minggu. Itu akan sangat berbahaya sekali! Bahkan resiko obat diet biasanya akan mempengaruhi jantung dan resiko tersebut akan sangat parah bila terus dilakukan.

Masih banyak cara mengecilkan lengan tangan secara cepat dengan alami tanpa harus konsumsi obat diet berbahaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 18 =