Cara Mengecilkan Paha dengan Cepat, Yuk Catat Tipsnya!

Memiliki bagian paha yang besar merupakan salah satu hal yang akan menganggu penampilan. Banyak yang mencari berbagai macam metode / alat untuk mengecilkan paha.

Apalagi bagi para wanita yang menyukai bawahan celana dan rok dengan ukuran yang pas badan. Dan ini juga merupakan salah satu keluhan terbanyak selain kegemukan (penumpukan lemak di semua bagian tubuh). Jadi kali ini saya akan menjelaskan cara mengecilkan paha besar , juga beberapa faktor yang menyebabkan kegemukan di bagian paha.

Cara Mengecilkan Paha Paling Efektif

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan pertama adalah dengan melakukan gerakan olah raga yang tepat sasaran dan kemudian perubahan pola hidup. Berikut akan saya jabarkan bagaimana cara mengecilkan paha yang baik dan efektif:

A. Olahraga Ringan

Siapapun yang ingin membentuk dan mengecilkan bagian tubuh tertentu pasti akan disarankan untuk melakukan olahraga, baik yang ringan maupun olahraga berat sekalipun. Namun, anda bisa mencoba rutinitas olahraga ringan jika ingin melakukan perubahan yang berarti di bagian paha. Berikut beberapa jenis olah raga ringan yang akan sangat efektif di dalam daftar cara mengecilkan paha :

1. Joging

Cara mengecilkan paha dengan cepat
image via adventure.com

Hal yang paling mudah dilakukan untuk mengembangkan cara mengecilkan paha adalah dengan melakukan jogging. Ini merupakan salah satu jenis olah raga ringan yang akan berfokus pada pengecilan betis serta paha. Bahkan ini akan sangat mudah dilakukan dan anda juga bisa melakukannya dengan mudah setiap pagi maupun sore hari sendirian atau secara kelompok.

2. Menuruni Anak Tangga

Bagi para pekerja yang kesehariannya bekerja harus menuruni anak tangga secara manual, maka ini bisa menjadi alternatif olahraga ringan untuk emmbantu membentuk ukuran dan bentuk paha yang ideal. Karena dengan melakukan ini, maka otot di sekitar betis maupun paha akan teransang dan selalu aktif hingga memicu pembakaran lemak yang menumpuk di sana.

3. Bersepeda

Cara mengecilkan paha dengan cepat
image via google.co.jp

Salah satu jenis olah raga ringan yang akan menfokuskan antara kesehatan bagian kaki dna keseimbangan adalah dengan bersepeda. Ini tidak hanya sekedar hobi namun juga baik bagi kesehatan tubuh dan bahkan dalam membetuk otot paha yang kencang dan berukuran sangat ideal. Karena faktanya, jika rutin melakukan olah raga bersepeda selama setidaknya 30 menit, maka kumpulan lemak yang menumpuk di bagian kaki akan digantikan dengan otot-otot yang membuat bagian betis dan paha menjadi kencang dan ramping

4. Berenang

Siapa yang tidak menyukai olah raga renang? Salah satu jenis olah raga yang menyenangkan dan banyak memberikan ragam manfaat. Bahkan ini merupakan salah satu jenis olah raga yang boleh dikatakan minim resiko. Tidak hanya bagian paha yang akan terasa kencang dengan melakukan renang. Namun, hampir semua bagian di tubuh kita akan terpicu untuk bergerak dan memberikan dampak positif yang hebat. Jadi sangat dianjurkan apalagi jika ingin mengecilkan bagian paha dengan melakukan olah raga renang dalam waktu 30 menit setidaknya sekali dalam 2 minggu.

5. Gerakan Yoga

Cara mengecilkan paha dalam 1 minggu
image via gaiam.com

Melakukan gerakan yoga apalagi untuk para pemula mungkin akan terkesan sedikit ektreme. Namun, jika anda lebih teliti, maka ada sebenarnya gerakan yoga untuk pemula yang mudah sekali dilakukan dan diikuti. Tidak hanya bermanfaat seperti beragam gerakan olahraga lainnya, yoga juga dikenali memiliki manfaat untuk relaksasi dan emmberikan ketennangan bagi yang melakukannya. Jadi, melakukan yoga akan membatu dalam menennagkan fikiran serta menyehatkan tubuh dna mengecilkan bagian paha tentunya.

6. Lompat Tali

Ketika masih kecil, pastinya kita kerap kali menemukan jenis permainan dan sebenarnya salah satu latihan olah raga ini dimainkan oleh anak-anak. Ini akan membantu tubuh untuk lebih aktif dalam pembakaran lemak yang menumpuk dibagian mana saja terutama di daerah paha. Karena kita akan lebih aktif meloncat dan membutuhkan banyak energi. Dan salah satu sumber energi yang dibakar di tubuh adalah lemak.

7. Walking Lunges

Melakukan gerakan Lunges sangat bermanfaat bagi membangun otot di bagian pantat, hamstring atau paha belakang, bagian tengah tubuh, betis dan kuardisep. Jadi gerakan sederhana yang ada di lunge ini akan membuat beberapa bagian terfokus di tubuh akan menjadi lebih kencang dan ramping. Setidaknya lakukanlah lunges ini setiap pagi sebanyak 12 kali 1-3 kali pengulangan.

8. Leg Circles

Leg circles merupakan gerakan ringan yang akan berfokus pada bagian tengah tubuh yakni perut dan bagian paha. Jadi, para wanita biasanya akan dianjurkan untuk melakukan gerakan ini setiap hari sebelum tidur maupaun setelah bangun dari tidur. Karena dengan membiasakan melakukan gerakan ini, maka kita akan terbiasa. Dan salah satu hal yang penting dalam caramengecilkan paha adalah sebuah tekad dan konsisten.

9. Squat

Cara mengecilkan paha dalam 1 minggu
image via popsugar.com

Squat merupakan salah satu jenis olah raga yang sangat diperlukan dalam membentuk bokong dan paha yang indah. Oleh karena itu, tidak mengherankan banyak variasi dari gerakan squat yang sekarang umum dipraktekkan. Entah bagi yang menginginkan bentuk bokong yang bulat maupun paha yang ramping dan seksi. Karena gerakan ini nantinya akan menyempurnakan otot paha untuk lebih berkembang dan bisa menimbun timbunan lemak serta mengikisnya dengan optimal.

B. Makanan dan Perubahan Pola Hidup

Setelah sebelumnya kita membahas tentang cara mengecilkan paha dengan beragam gerakan olah raga, maka kali ini saya akan memberikan informasi terkait pola hidup sehat dan makanan. Karena perubahan pola hidup yang diimbangi dengan olahraga secara teratur akan memudahkan kita untuk mengecilkan paha dengan efektif.

1. Air Putih

Tips mengecilkan paha
image via healthywater.com

Minum lebih banyak air putih akan memberikan banyak manfaat seperti pencegahan dehidrasi dan mempercepat metabolisme tubuh. Bahkan, racun dan beragam hal lain yang tidak baik di dalam tubuh bisa dilarutkan dan dibantu pengeluarnannya oleh air putih. Tahukah anda berapa banyak kebutuhan air putih yang diperlukan tubuh setiap harinya? Ini setidaknya sejumlah 8 gelas setiap hari, lho!

2. Minyak Kelapa

Salah satu jenis minyak esenssial ini manyak digunakan dalam beragam hal, salah satunya adalah dengan alsan untuk mengurangi penumpukan lemak di tubuh kita. Jadi, dengan rutin menggunakan minyak kelapa maka lemak yang ada tidak lagi tertimbun melaikna segera di proses dan menjadi energi bagi tubuh. Karena asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa bukan berjenis asam lemak jenuh yang nantinya berpotensi untuk tertimbun lama.

3. Mengkonsumsi Cabai Rawit

Ini merupakansalah satu jenis dari varian cabai yang rasanya sangatlah pedas. Bahkan penelitian menyatakan bahwasanya senyawa cabai rawit yang memang menghasilkan rasa pedas ini sangatlah efektif dalam pengurangan lemak yang ada di beberapa bagian tubuh seperti perut, paha, pinggul maupun lengan.

4. Istirahat

Tips mengecilkan paha
image via traveloka.com

Ternyata, kurangnya waktu istirahat terutama waktu tidur akan berpengaruh dengan berat badan manusia. Jika anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup maka berat badan akan mengalami kenaikan secara berkala. Karena banyak orang yang cenderung akan makan secara berlebihan jika melewatkan waktu tidur mereka. Oleh karena itu biasakan untuk tidur setidaknya 7 jam dalam sehari.

5. Konsumsi Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu jenis atau varian teh yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Anda juga harus mengetahui bahwasanya teh hijau bisa membantu dalam membakar lemak dan mengurangi berat badan secara konsisten. Bahkan yang rutin meminum teh hijau akan mendapatkan laju metabolisme yang labih cepat sebanyak 17 %.

6. Buah dan Sayur

Tips mengecilkan paha dengan buah dan sayur
image via shape.com

Mengkonsumsi buah dan sayur akan selalu ada di dalam daftar pola hidup sehat yang dianjurkan oleh setiap ahli gizi di dunia. Karena buah maupun sayur memiliki tingkat kalori rendah serta mengandung banyak vitamin maupun mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

7. Serat

Serat adalah salah satu komponen dasar yang diperlukan oleh tubuh agar bisa melarutkan lemak yang menumpuk di beberapa bagian tertentu termasuk di paha. Jadi, jaka anda ingin mengecilkan paha dengan maksimal maka barengilah olahraga serta mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti : biji-bijian, buah pir, gandum, pepaya, apel maupun oatmeal.

8. Makanan Tinggi Protein

Jika ingin mengalahkan lemak yang menumpuk di bagian tubuh tertentu, maka setidaknya kita harus memiliki bagian otot yang berkembang dengan baik. Dan tahukah anda apa jenis makanan otot yang dibutuhkan oleh tubuh? Protein.

Protein akan membantu tubuh untuk mengembangkan otot dengan baik. Dan inilah alasan dibalik mengapa seseorang yang rutin melakukan olahraga untuk emmbangun otot harus dibarengi dengan asupan protein yang adekuat seperti dari susu, daging maupun telur. Sebenarnya, ada banyak sekali jenis makanan yang memiliki banyak kandungan protein.kita hanya perlu memilah dan mengkonsumsi secara teratur disetiap harinya.

9. Junk Food

Tips mengecilkan paha dengan menghindari makanan junk food
image via hellosehat.com

Makanan yang berjenis junk food memang sangat menggoda dan memiliki rasa nikmat. Sayangnya, jenis makanan ini adalah salah satu makanan yang harus dihindari jika ingin tetap sehat dan memiliki bagian paha yang indah tanpa adanya tumpukan lemak disana. Ini tidak hanya menganggu pola diet selama anda ingin mengecilkan bagian paha, namun juga menganggu kesehatan karena banyak kandungan tidak baik yang ada di dalam setiap jenis junk food.

10. Kurangi Konsumsi Gula

Mengkonsumsi gula secara berlebihan tidak hanya mempercepat seseorang untuk menaikan berat badan, namun memberikan beragam masalah kesehatan lainnya. Beberapa jenis masalah yang akan terjadi jika kita tidak mengontrol asupan gula adalah : penuaan dini, jerawat, masalah paha yang makin besar dan juga diabetes. Oleh karena ini sangat penting dalam memperbaiki pola hidup dan membatasi asupan berlebihan dari zat-zat yang kurang baik.

Video Panduan Mengecilkan Paha

Kalau Anda adalah tipe orang yang gemar menonton video tutorial, video dari Gita VBPR, seorang Healthy Lifestyle yang sedang naik daun ini bisa juga anda praktekkan di rumah:

Penyebab Paha Besar

Setelah mengetahui berbagai macam cara mengecilkan paha diatas, mungkin Anda mulai bertanya-tanya, apa saja sih penyebab paha besar? Mengapa setiap orang bisa beda-beda ukuran paha/kakinya?

Jadi sebenarnya ada beberapa faktor yang berhubungan dengan penumpukan lemak di bagian paha sebagai berikut:

1. Faktor Keturunan

Genetik alias faktor keturunan memang menjadi hal utama yang akan mempengaruhi anatomi tubuh manusia. Karena bagian dari tendon Quadriceps Femoris atau bagian otot paha yang akan melekat kuat dan ukurannya pendek hingga akan membuat anatomi atau bentuk dari paha menjadi lebih besar dan terlihat pendek. Selain itu, serabut-serabut otot paha seperti Musculus Rectus Femoris pada orang tertentu pun memang lebih banyak dan tebal. 

2. Masalah Obesitas

Pastinya, jika sudah mengalami obesitas alias kegemukan maka akan ada tumpukan lemak di bagian tubuh tertentu seperti paha, lengan dan perut. Jadi kegemukan atau obesitas merupakan faktor lain yang akan menyebabkan masalah paha yang membesar dan terlihat tidak bagus. Penumpukan lemak di bagian paha biasanya akan lebih sulit untuk dipangkas. Karena anda harus membuang lemak dibagian lain dan menyeimbangkan kadar lemak di dalam tubuh sebelum bisa membuang dan memangkan lemak di bagian paha.

3. Bentuk Tubuh

Cara mengecilkan paha
image via google.com

Tidak hanya masalah obesitas atau kegemukan dan faktor genetik, bahkan bentuk tubuh seseorang juga bisa mempengaruhi ukuran paha. Kit tahu ada beragam bentuk tubuh manusia, seperti bentuk tubuh buah apel, pir maupun hourglass. Nah, bagi yang memiliki bentuk tubuh menyerupai buah pir ini akan memiliki kecenderungan untuk mendapatkan ukuran paha yang lebih besar.

4. Hormon Estrogen

Cara mengecilkan paha
image via kilkdokter.com

Hormonal yang seringkali berfluktuasi atau bergelombang pada wanita akan menyebabkan masalah pembesaran paha dan menyebabkan paha menjadi tidak indah lagi untuk dilihat. Hormon estrogen yang berperan penting bagi wanita ini ternyata bisa membuat paha, pinggul dan bokong menjadi sasaran untuk lokasi penimbunan lemak. Sedangkan hormon testosteron yang banyak dimiliki oleh para pria akan menyebabkan perut sebagai target utama penumpukan lemak mereka.

Bagi wanita, masa dimana mereka mengalami PMS adalah periode dimana hormon estrogen akan mengalami fluktuasi dan tidak menentu. Oleh karena itu, tubuh wanita akan lebih mudah tidak stabil dan menjadi melar dikebanyakan kasus. Apalagi godaan untuk memakan cemilan dan selalu lapar akan lebih tinggi ketika wanita mengalami periode PMS. Jadi, cobalah hindari cemilan yang manis dan memiliki banyak kadar lemak tidak sehat.

Nah, demikianlah tentang penjabaran dari cara mengecilkan paha secara efektif yang kita bahas kali ini. Intinya adalah melakukan latihan secara konsisten dan perubahan pola hidup menjadi pola yang lebih sehat, maka niscaya anda akan berhasil mendapatkan paha langsing yang sehat.

*direview oleh dr.  Adriani Sakina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − six =