Ingin Pinggul Indah? Yuk Kenali Cara Mengecilkan Pinggul Berikut

Cara mengecilkan pinggul – Memiliki tubuh yang indah dan terawat adalah impian banyak wanita. Karena wanita selalu ingin mendapatkan penampilan yang terjaga dengan baik. Dan salah satu diantara banyak hal di bagian tubuh yang ingin dijaga adalah bagian pinggul. Pinggul yang besar dan lebar ini kerap menjadi masalah. Karena, tidak hanya orang-orang yang gemuk atau obesitas saja yang mengalami pembesaran pada bagian pinggul tersebut.

Terkadang, wanita yang kurus sekalipun tetap bisa mendapatkan bagian pinggul yang lebih lebar dari ukuran rata-rata. Karena memang ada banyak sekali penyebab yang menyebabkan pinggul besar tersebut. seperti yang akan kita bahas kali ini. Dimana kita akan mengetahui beragam penyebab dan cara efektif untuk mengecilkan pinggul besar tersebut. Penasaran? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Pinggul Besar

cara mengecilkan pinggul dan paha
image via newswanita.com

Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan pinggul menjadi besar. Dan kali ini, kita akan membahas beberapa penyebab yang menyebabkan pembesaran pinggul tersebut.

1.Genetika

Ada beberapa penelitian yang menyimpulkan bahwasanya, kegemukan atau menumpuknya lemak di bagian tertentu di tubuh manusia tidak selalu disebabkan oleh faktor luar. Ini bisa terjadi akibat adanya pengaruh genetika atau keturunan. Karena ada banyak sekali orang yang makan banyak namun masih saja tetap kurus atau bahkan sangat kurus.

Ini dikaitkan dengan genetika, dimana gen akan mengontrol banyak hal. Bahkan rasa lapar dan kapan harus merasa kenyang. Dan ini juga akan membuat siapapun yang sebenarnya rakus namun tetap bisa kurus karena genetika tersebut. bahkan, semenjak dari dalam rahim, janin sudah mendapatkan pesan epigentik. Dimana anak akan tetap cenderung gemuk jika orang tuanya gemuk.

2.Lingkungan

cara mengecilkan pinggul yang lebar
image via anabee.tv

Penelitian lainnya juga menyatakan penumpukan lemak di bagian tertentu di tubuh yang menyebabkan pinggul lebar dipengaruhi oleh faktor fisiologis, budaya dan psikologis. Karena dengan berada di sebuah lingkungan tertentu maka seseorang bisa mengetahui “standar” langsing maupun gemuk di mayoritas penduduk tersebut.

Sedangkan budaya, berpengaruh pada kebiasaan makan dan apa saja yang biasa dimakan. Dan tentu saja ini juga akan berpengaruh pada psikologis, karena siapapun yang anda lihat jika memiliki bentuk tubuh yang sama, akan membuat anda merasa tidak salah atau tidak berbeda dengan yang lainnya.

3.Faktor Psikologis

Ada banyak faktor yang membuat seseorang mengalami bentuk pinggul yang lebar, karena ini akan terjadi jika kita melakukan kebiasaan makan yang salah. Dan bahkan, ini juga bisa terjadi jika kita makan dengan terbawa suasana emosi. Adanya masalah yang menyebabkan stres dan kurang tidur juga akan membuat seseorang mengalami kenaikan berat tubuh.

4.Kurang Olahraga

cara mengecilkan pinggul dan bokong
image via merdeka.com

Faktor olahraga adalah salah satu hal yang bisa membantu dalam membentuk bagian tubuh yang indah, termasuk pinggul. Jadi, jika kita ingin mendapatkan pinggul yang langsing dan indah, maka kita harus lebih banyak berolahraga. Jarangnya kita menggerakkan tubuh ini akan menyebabkan bagian tersebut tidak terbentuk dengan baik.

Dan tentunya, ini malah akan menyebabkan penumpukan lemak dimana-mana, termasuk di bagian pinggul anda. Ini tidak hanya memicu kegemukan, namun juga akan membuat anda menjadi lebih malas. Karena anda terbiasa untuk tidak melakukan olah raga. Jadi, jangan salahkan bentuk tubuh jika anda masih saja malas untuk bergerak.

5.Makanan Tinggi Lemak, Garam dan Gula

cara mengecilkan pinggul dan perut
image via merdeka.com

Makanan-makanan junk food beserta yang tinggi gula, garam dan lemak ini akan memicu pertumbuhan lemak berlebih di bagian tubuh. Jadi, jangan lupa untuk mengurangi memakan jenis makanan tersebut jika ingin memiliki bagian pinggul yang indah dan terawat.

Makanan jenis ini memang sering kali mudah didapat dan bisa ditemukan hampir di setiap warung. Dan tentunya da sensasi menyenangkan jika mengkonsumsi makanan seperti makanan tersebut. dan inilah yang menyebabkan kecanduan. Namun, ini akan meningkatkan masalah hipertensi, diabetes dan masalah kesehatan lainnya.

6.Terlalu Lama Duduk

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bagaimana hubungan duduk terlalu lama dengan pembesaran pinggul tersebut. Padahal, jika kita duduk terlalu lama, maka permukaan bokong akan menjadi kendor dan tubuh akan menjadi lebih lelah. Sehingga otot glucial akan menjadi kendor dan menurun sehingga bentuknya melebar dan terlihat sangat besar.

7.Penumpukan Lemak

Penumpukan lemak yang abnormal di sekitar pinggul dan bokong akan menyebabkan bentuk pinggul menjadi lebih lebar. Dan bahkan, kegemukan juga akan menyebabkan berkumpulnya lemak pada bagian pinggul sehingga jaringan lemak yang menumpuk ini akan menutupi masa otot sehingga otot di sekitar daerah itu tidak lagi sanggup menopang bagian lemak. Sehingga menyebabkan perubahan bentuk pinggul yang terlihat semakin melebar.

8.Pola Makan Yang Buruk

cara mengecilkan pinggul paha dan betis
image via AsshidiqAqiqah.com

Kita juga harus tahu, bahwasanya pola makan yang sembarangan akan menyebabkan masalah di tubuh. Mulai dari masalah kegemukan dan juga pembesaran ukuran pinggul. Dimana otot-otot di sekitar pinggul tidak mendapatkan asupan yang seimbang sehingga menjadi lebih melar. Dan inilah nantinya yang membuat ukurannya menjadi bertambah besar.

9.Tanpa Peregangan

Jika kita melakukan sesuatu hal terlalu lama maka akan mengganggu peredaran darah. Dimana sistem sirkulasi tidak akan berjalan dengan lancar. Begitu juga dengan duduk atau bahkan jongkok terlalu lama. Sehingga otot pada bagian bokong anda akan bekerja lebih banyak dan ini memerlukan asupan darah yang lancar di daerah tersebut agar nantinya tidak terjadi penurunan masa otot jika dilakukan secara berulang kali dan ini juga akan membuat bentuk dari pinggul menjadi lebar.

10.Celana Ketat

Sebenarnya, pemakaian celana yang terlalu ketat akan membuat sistem sirkulasi darah di bagian pinggul dan bokong menjadi terganggu. Dimana proses pembakaran lemak yang seharusnya berlangsung pada bagian tersebut menjadi terhambat, sedangkan untuk mendapatkan ukuran pinggul yang kecil, sirkulasi harus tetap lancar. Nantinya hal inilah yang akan mempermudah pembakaran lemak yang menumpuk pada bagian pinggul dan bokong tersebut.

Cara Mengecilkan Pinggul

cara mengecilkan punggung secara tradisional
image via viva.co.id

Ada banyak cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengecilkan bagian pinggul. Dimana salah satu cara yang paling disarankan dan juga bisa membantu kita untuk membentuk bagian pinggul yang indah adalah dengan melakukan olahraga yang memfokuskan pada bagian pinggul serat bokong. Sehingga, lemak yang menumpuk disana bisa dibuang dan menambah dan mengencangkan massa otot di bagian tersebut.

Cara Mengecilkan Pinggul dengan Metode Olahraga

cara mengecilkan pinggul yang besar
image via kupastuntas.com

Mendapatkan jenis pinggul yang ramping dan indah tidak bisa didapatkan begitu saja. Harus ada cara dan latihan tertentu yang dilakukan agar bisa mendapatkan serta mempertahankan bentuk pinggul indah anda tersebut. Nah, untuk itu berikut ini akan kita bahas apa saja bagian olah raga yang bisa digunakan untuk mendapatkan bagian pinggul yang indah, yaitu:

1.Berlari

Salah satu cara yang berupa gerakan olah raga yang paling direkomendasikan dan baik untuk mengecilkan pinggul adalah dengan berlari cepat. Anda bisa melakukan sprint di lapangan atau menggunakan treadmill. Ini akan meningkatkan metabolisme dan tentunya akan mempercepat pembakaran lemak yang tertuju pada pinggul, pinggang dan bokong anda.

Biasanya, latihan lari yang dianjurkan adalah dengan menggunakan treadmill dengan cepat setidaknya selama 5- 10 menit dan istirahat sebentar, kemudian lanjutkan lagi dengan 2 kali pengulangan (minimal)

2.Squat

cara mengecilkan pinggul tanpa olahraga
image via popsugar.com

Melakukan latihan squat ini memang akan melatih otot pada bagian perut dan paha serta pinggul dengan baik. Jadi, jika ingin mengencangkan otot-otot pinggul dan mengecilkan ukurannya, lakukanlah gerakan squat badan ini dengan benar. Caranya mudah, anda hanya perlu berdiri dengan membuka bagian kaki hingga mencapai lebar bahu. Kemudian jaga agar tubuh anda tetap tegak lurus dan lakukan gerakan seolah-olah anda akan duduk di sebuah kursi, lakukan 20 kali minimal 2 kali pengulangan.

3.Step Up

cara mengecilkan pinggul dan pinggang
image via cantik.tempo.com

Ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat disarankan untuk membentuk pinggul dan bokong yang indah. Anda bisa menggunakan kursi, kotak dan bahkan tangga. Apapun yang ada di rumah anda, bisa anda gunakan untuk menopang berat tubuh dan melakukan olahraga step up tersebut. seperti yang dijelaskan pada video tutorial step up yang benar berikut ini. Lakukan langkah step up nada secepat dan sebanyak mungkin dengan jeda 30 detik.

Cara melakukannya amatlah mudah, seperti yang dijelaskan di atas, anda bisa menggunakan apa saja. Termasuk tangga, kotak dan sebuah kursi yang bisa menopang masa tubuh. Naikkan satu kaki di bagian tangga ataupun kotak dan kursi dengan bagian tubuh condong ke depan dan turunkan juga lakukan hal yang sama dengan kaki sebelahnya. Lakukan gerakan ini dengan gerakan sebanyak mungkin.

4.Sepeda sprint

Melakukan gerakan kardio adalah hal lain yang dianjurkan jika saja anda tidak menyukai ide untuk berlari agar bisa mendapatkan bentuk pinggul yang indah tersebut. gerakan yang sangat dianjurkan agar bisa membentuk bagian pinggul dan kaki adalah dengan menggerakkan kaki untuk mengayuh sebuah sepeda. Anda bisa menggunakan sepeda statis dengan mengayuh secepat mungkin dalam waktu beberapa menit atau menggunakan sepeda asli dan melakukan perjalanan menyenangkan untuk melatih otot pinggul dan paha serta betis anda.

5.Burpees

cara mengecilkan pinggul secara alami
imag via joshuaspodek.com

Burpess boleh dikatakan seperti melakukan gerakan lari sprint secara efektif. Jadi, bagaimana cara melakukan gerakan yang benar? Simak caranya di video tutorial burpees ini. Ini merupakan salah satu cara yang mudah dan sangat efektif untuk mengecilkan pinggul. Dan cara yang dilakukan juga sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan dengan posisi berdiri, kemudian lakukan gerakan membungkuk dan ketika tangan menyentuh lantai, anda harus melakukan posisi push up dengan menendang kaki ke bagian belakang. Kemudian kembalikan posisi kaki ke bagian awal dan lakukan lompatan setinggi mungkin.

6.Lunges

cara mengecilkan pinggul lebar
image via BlogPaleoHack.com

Dan gerakan olahraga efektif lainnya yang bisa membentuk bagian pinggul dan mengecilkannya adalah dengan melakukan lunges. Ini merupakan salah satu jenis gerakan yang lebih mudah, anda akan terbiasa melakukannya jika menggunakan video tutorial lunges yang benar berikut. Dan tentunya cara melakukan lunges ini tidak terlalu sulit, anda hanya perlu melakukan gerakan mudah dengan dimulai berdiri membuka kaki selebar bahu.

Kemudian melangkahlah dengan sebuah langkah lebar menuju bagian depan hanya dengan satu bagian kaki saja. Kemudian, lekukkan bagian lutut hingga mencapai hampir dasar lantai. Kemudian kembalikan kaki ke bagian belakang sehingga semua kaki kembali menyatu pada tempatnya dan lompat ke depan dengan menggunakan bagian kaki yang lainnya. Lakukan setidaknya gerakan lunges ini sebanyak 1- -15 kali gerakan di setiap bagian kaki anda.

Mengatur Pola Makan dan Makanan Yang Dimakan

cara mengecilkan pinggul dengan cepat
image via lifestyle.kompas.com

Tentunya hanya melakukan olahraga saja tanpa melakukan perubahan pola hidup sehat tidak cukup. Jadi, anda harus merubah pola hidup dan melakukan hal yang tepat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan menghindari makan berbahaya seperti junk food dan yang mengandung banyak lemak, gula hingga garam. Berikut beberapa cara mengatur pola makan yang baik untuk mengecilkan pinggul, yaitu:

1.Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Minum adalah hal yang penting, baik untuk membantu dalam program mengecilkan ukuran pinggul juga untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Dengan memberikan asupan minuman yang cukup maka tubuh kita akan terhindar dari beragam masalah dan tentunya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Jadi, tetap penuhi kebutuhan cairan tubuh sehari-hari anda.

2.Buah-Buahan

Sejatinya, ada banyak sekali buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama anda mencoba melakukan penurunan ukuran pinggul tersebut. Jadi, jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan yang memang disinyalir baik untuk mengurangi ukuran pinggul seperti : jeruk dan grapefruit.

3.Sayuran

Tentunya mencukupi kebutuhan tubuh sangatlah penting untuk ukuran pinggul yang pas dan didambakan. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi banyak sayuran hijau yang mengandung banyak serat yang diperlukan oleh tubuh.

4.Makanan Rendah Gula dan lemak

Dua jenis makanan di atas adalah musuh terbesar bagi yang ingin mengecilkan ukuran pinggulnya. Karena dengan menjauhi makanan tersebut, anda bisa melakukan pengecilan pinggul dengan mudah. Dan ini juga akan membuat anda lebih mudah dalam melancarkan hasil dari gerakan olahraga di atas.

Demikianlah beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan ukuran pinggul yang besar dan lebar. Kombinasikan banyak gerakan olah raga yang dilakukan secara teratur juga dengan mengubah pola makan akan membuat hasil yang diinginkan semakin mudah didapat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + one =