Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Penyebab yang Harus di Hindari

Cara menghilangkan karang gigi – Pernahkah anda mengalami masalah yang tidak menyenangkan, misalnya saja timbulnya plak membandel dan menumpuk hingga membentuk karang gigi? Karang gigi ini merupakan kondisi dimana gigi seseorang akan terdapat tumpukan kotoran yang lumayan sulit untuk dibersihkan dan tentunya ini akan sangat mengganggu penampilan.

Plak yang telah lama menempel hingga mengeras di gigi menjadi salah satu alasan mengapa karang gigi terbentuk dan ini juga yang menyebabkan hal tersebut sangat sulit untuk diatasi. Jadi, diperlukan cara dan peralatan khusus agar bisa dengan tuntas mengatasi masalah karang gigi ini. Apa sajakah cara-cara tersebut? berikut akan kita bahas cara mengatasi karang gigi di bawah ini.
Walaupun untuk masalah yang lebih parah akan membutuhkan peralatan medis dan tentunya ditangani oleh para tenaga medis yang ahli. Hanya saja, kita juga perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan karang gigi, pencegahan, bagaimana cara mendeteksinya dan bagaimana cara untuk mengatasinya secara alami.

Gejala Karang Gigi

Sebenarnya untuk mengetahui bagaimana gejala dari karang gigi tidaklah sulit. Karena ini merupakan masalah kesehatan yang mudah terlihat dan bisa menjadi alasan mengapa seseorang menjadi tidak percaya diri dengan penampilan mereka. Ini merupakan bentuk dari garis kekuningan hingga kecoklatan akibat dari penumpukan plak yang sulit untuk dibersihkan.

Karena karang gigi ini secara fisikologis tidak benar-benar mengganggu fungsi gigi untuk mengunyah, maka jarang ada yang melakukan tindakan serius seperti tindakan medis untuk mengatasinya.

Namun, ini bisa menyebabkan gingivitis jika karang gigi tersebut tidak ditangani dengan baik. Dimana istilah gingivitis dirujuk pada peradangan yang terjadi di gigi. Gingivitis bisa menyebabkan gejala :

  • Gusi bengkak
  • Gusi menjadi berwarna gelap
  • Gusi terasa nyeri
  • Gusi berdarah

Penyebab Terbentuknya Karang Gigi

Seperti yang kita jabarkan di atas, bahwasanya karang gigi ini terjadi diakibatkan oleh pembersihan gigi yang kurang baik hingga plak di gigi menjadi kian menumpuk dan menebal. Plak sendiri ada karena sisa dari makanan tidak terbuang dan menempel di bagian gigi yang biasanya tersembunyi atau bagian dalam.

Jika karang gigi telah terbentuk, maka plak yang menjadi bagian penyusun dari karang gigi tidak akan bisa dengan mudah dibersihkan hanya dengan sikat gigi biasa. Makanan maupun minuman tertentu bisa menjadi faktor pemicu timbulnya timbunan plak seperti kue, minuman bersoda dan yang mengandung banyak gula. Resiko karang gigi akan menjadi tinggi jika :

  • Merokok.
  • Jarang menyikat gigi.
  • Tidak menggunakan obat kumur yang dilengkapi dengan bahan anti bakteri.
  • Mengkonsumsi obat-obatan yang sejatinya berpengaruh terhadap kesehatan gigi

Bagaimana Pemeriksaan Karang Gigi?

pemeriksaan karang gigi
image via pexels.com

Jika anda melakukan kunjungan ke dokter gigi, maka diagnosis dari karang gigi bisa didapatkan setelah melalui beberapa rangkaian pemeriksaan medis. Bahkan kita direkomendasikan untuk selalu melakukan pemeriksaan gigi secara rutin, yakni sekali dalam 6 bulan bukan? Nah, ini bisa menjadi tahapan pencegahan terjadinya karang gigi lho!

Serangkaian tes bisa dilakukan untuk mendiagnosis karang gigi jika anda mengunjungi dokter gigi. Misalnya saja dengan melakukan tes transiluminasi, ini merupakan tes untuk dilakukan di ruangan yang lebih gelap dan dokter gigi akan melakukan penyinaran di bagian rongga mulut untuk melihat dan memastikan ada atau tidaknya plak gigi tersebut.

Pencegahan Karang Gigi

Sebelum kita membahas bagaimana sebenarnya cara merawat dan mengatasi karang gigi, maka terlebih dahulu kita kenali cara pencegahan. Karena karang gigi bukanlah salah satu penyakit gigi yang tak bisa dicegah, ini bisa dicegah dengan beragam usaha yaitu:

  • Rutin menggosok gigi (2-3 kali sehari)
  • Gunakan benang gigi untuk menjangkau sela-sela gigi
  • Gunakan obat kumur untuk membunuh bakteri
  • Hindari untuk merokok

Jika tidak melakukan pencegahan atau bahkan membiarkan karang gigi menjadi makin parah, maka berikut masalah lain yang terjadi (komplikasi) akibat masalah tersebut:

  • Gigi berlubang
  • Gingivitis
  • Periodontitis
  • Gigi tanggal

Penyebab Karang Gigi

Ada banyak sekali sebenarnya penyebab yang memungkinkan karang gigi terjadi. Misalnya saja masalah makanan maupun minuman yang kita konsumsi. Jadi, berikut akan kami jabarkan apa-apa saja faktor tersering yang bisa menyebabkan timbulnya masalah karang gigi tersebut, yaitu:

a. Tidak Teratur Membersihkan Gigi

Siapapun yang tidak terbiasa sedari kecil membersihkan giginya atau menggosok giginya secara teratur akan lebih mudah terkena masalah flek dan karang gigi ini. Karena memang kotoran yang menempel dari sisa makanan maupun minuman yang tidak dibersihkan dengan baik tersebutlah yang menjadi penyebab utama permasalahan gigi ini.

b. Kurang Minum

Kurang minum atau membiarkan tubuh menjadi dehidrasi juga memungkinkan seseorang lebih mudah terkena serangan karang gigi. Karena dengan mencukupi kebutuhan cairan yakni meminum air putih sebanyak mungkin dalam sehari bisa membantu melarutkan kotoran yang menempel di gigi anda.

c. Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Makanan dan minuman yang tinggi gula ini akan lebih memungkinkan gigi terkena serangan karang gigi tersebut. karena gula yang berlebih adalah musuh utama kesehatan gigi. Bahkan ini akan memudahkan gigi menjadi keropos dan rusak.

d. Perokok

Kebiasaan merokok, apalagi bagi yang sangat kecanduan akan rokok menyebabkan timbunan flek hitam di bagian gigi. Ini nantinya akan berubah menjadi karang gigi jika tidak dibersihkan dengan sempurna.

e. Jarang Mengunjungi Dokter Gigi

Sangat penting untuk selalu memeriksakan gigi setidaknya sekali dalam 6 bulan. Ini merupakan tindakan rutin untuk mengetahui jika ada masalah tertentu yang terjadi dengan gigi kita. Karena kerusakan gigi akan sangat berbahaya dan memerlukan perawatan yang lebih baik nantinya.
Karang gigi ini misalnya, adalah salah satu masalah gigi yang seing kali disepelekan. Terlihat tidak berbahaya dan tentunya jika dibiarkan akan memberikan dampak yang lebih buruk serta merusak penampilan. Jadi, kita harus mengetahui lebih baik tentang apa saja yang menyebabkan, pencegahan hinga bagaimana mengatasinya agar tidak berlanjut ke masalah yang lebih serius.

Dampak Buruk Karang Gigi

Kita harus mengetahui terlebih dahulu dampak buruk atau bahaya yang akan terjadi jika membiarkan karang gigi tersebut tanpa ada penanganan yang lebih baik. Karena sebenarnya ini bisa menjadi maslaah yang serius jika selalu diabaikan oleh masyarakat. Jadi, anda harus memahami apa saja bahaya yang ditimbulkan oleh karang gigi tersebut.
Plak yang menempel di gigi dan bercampur dengan bakteri lama kelamaan akan berkombinasi dan membentuk bagian yang lebih keras dan lebih sulit dibersihkan yakni karang gigi. Jadi, masalah karang gigi yang sudah terbentuk ini juga akan memberikan masalah yang lebih buruk lagi, dimana bakteri yang menumpuk disana akan merusak struktur gigi hingga terjadi iritasi yang disebut ginggivitis.

Bahkan penyakit gusi yang makin serius bisa makin berkembang akibat kelalaian dalam mengatasi radang gusi ini yang dinamai periodontitis. Dimana ini adalah kelanjutan dari infeksi gusi yang diakibatkan oleh penumpukan dari bakteri yang ada di daerah karang gigi tersebut. ini merupakan masalah dimana akan terbentuk kantung infeksi di sekitaran gigi yang terinfeksi.

Jika hal ini terjadi, maka dipastikan bagian gusi dan jaringan lain akan terkendala dan mengalami masalah juga. Ini bahkan akan berakhir pada kehilangan gigi atau bahkan masalah degradasi tulang. Bahkan banyak penelitian yang membuktikan adanya hubungan spesifik antara bakteri yang menginfeksi gigi dengan masalah penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Cara Mengatasi Karang Gigi Secara Alami

Tidak hanya menggunakan bantuan medis dengan mengunjungi dokter gigi, sebenarnya kita bisa mengatasi masalah karang gigi tersebut dengan beragam metode alami. Seperti yang akan kita jabarkan berikut ini, dimana cara mengatasinya akan mencankup perubahan pola hidup dan bagaimana kita akan memperbaiki kebiasaan buruk.

1. Rajin menggosok gigi

mengatasi karang gigi edngan rajin menggosok gigi
image via pexels.com

Pastinya anjuran untuk membiasakan menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari sudah melekat di dalam ingatan kita sedari dini bukan? Tapi tidak hanya itu, menyikat gigi selama 2 kali sehari juga harus dibarengi dengan menyikatnya selama minimal 1 – 2 menit untuk memastikan anda telah menjangkau tempat tersulit sekalipun.

2. Menggunakan pasta gigi fluoride

Menggunakan pasta gigi dengan kandungan flouride adalah hal terbaik untuk mengatasi masalah karang gigi ini. Karena dengan pasta gigi yang mengandung zat ini, kita bisa dengan mudah membersihkan banyak sisa kotoran yang menumpuk di gigi ketimbang dengan menggunakan jenis pasta gigi yang sama sekali tidak mengandung flouride.

3. Flossing

Nah, ini merupakan membersihkan gigi secara lebih mendetail menggunakan benang. Jadi anda bisa menjangkau sudut dan bagian yang mungkin sulit dijangkau menggunakan sikat gigi dan ini adalah alternatifnya. Melakukan flossing adalah hal yang dianjurkan agar bisa membersihkan gigi secara lebih baik.

4. Menggunakan mouthwash

Agar pembersihan gigi menjadi lebih efektif dan lebih optimal maka jangan lupa untuk selalu menggunakan mounthwash atau obat kumur yang memiliki kandungan anti bakteri. Ini digunakan untuk mengembalikan kesehatan gigi dan mulut menghindarkan kita dari beragam masalah gigi dan mulut tersebut nantinya.

5. Hindari makanan tinggi gula

makanan manis penyebab karang gigi
image via pexels.com

Nah, tidak makan sembarangan apalagi diwaktu hendak tidur adalah hal bijak agar tidak menimbulkan masalah lain yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut. Makanan yang mengandung banyak kadar gula akan lebih mudah merusak gigi jika terjadi penumpukan di gigi. Ini akan memicu bakteri untuk berkembang biak dan merusak kesehatan gigi anda tersebut.

6. Hindari merokok

Merokok tidak hanya buruk bagi kesehatan gigi anda, namun juga akan merusak kesehatan secara keseluruhan. Jadi, bagi anda yang merupakan pecandu rokok, maka sebaiknya lakukan aktifitas yang lebih bermanfaat dan berusaha untuk berhenti merokok dengan banyak metode dan program yang sudah berhasil menghentikan para pecandu rokok yang lain.

7. Menggunakan baking soda

memutihkan gigi dengan baking soda
image via pexels.com

Hal terbaik dari baking soda adalah kegunaannya terhadap kesehatan tubuh. Ini tidak hanya baik untuk pembuatan banyak kue, namun bisa menjaid alternatif untuk banyak masalah kesehatan misalnya saja masalah jerawat, memutihkan kulit hingga masalah menghilangkan plak di gigi. Jadi, ini merupakan alternatif pilihan yang jauh dari efek samping.

Cara penggunaan dari baking soda ini tergolong mudah, anda hanya perlu menggunakan baking soda ini dengan campuran garam dan aduk hingga rata. Kemudian celupkan ke atas sikat gigi yang akan anda gunakan nantinya untuk menggosok gigi. Jadi gunakan campuran bahan ini untuk menjadi alternatif pasta gigi agar bisa membersihkan karang gigi tersebut.

8. Kulit Jeruk

Cara alami lainnya yang bisa digunakan selain penggunaan dari baking soda adalah menggunakan kulit jeruk. Karena jeruk sendiri merupakan buah lezat yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Jadi, tidak hanya bagian buah yang bisa digunakan, bagian kulit juga berguna dengan baik.

Caranya adalah dengan menggosokan kulit jeruk tersebut langsung ke bagian gigi yang mengalami penumpukan plak hingga membentuk karang gigi. Biarkan beberapa saat atau anda bisa membiarkannya semalaman hingga keesokan paginya bersihkan gigi dan gunakan pembilas mulut untuk berkumur-kumur.

9. Konsumsi buah dan sayuran

buah dan sayuran baik untuk gigi
image via pexels.com

Kita pastinya sudah tahu bahwasanya buah dan sayuran sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dan ini juga penting dalam upaya mengatasi masalah karang gigi tersebut. jika ingin mengatasi masalah karang gigi maka perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, terutama daun seledri, wortel maupun apel sangat baik untuk mengatasi masalah ini.

10. Mengunyah daun sirih

Mungkin ini terlihat agak aneh, karena kebiasaan mengunyah daun sirih ini memang hanya dilakukan oleh kakek maupun nenek yang sudah tua. Namun, tahukah anda? Bahwa ini merupakan salah satu rahasia mengapa gigi para pendahulu kita masih kuat dan tahan walaupun mereka sudah berumur senja.

Jadi biasakan untuk mengunyah daun sirih apalagi jika dicampur dengan rempah-rempah lain. Ini tidak hanya baik bagi kesehatan gigi namun juga baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi, jadikan ini sebagai kebiasaan yang baik.

11. Memakan buah kaya vitamin C

Tidak diragukan lagi kegunaan dari vitamin C untuk kesehatan tubuh. Ini sangat baik untuk imunitas dan mengembalikan kesehatan tulang dan gigi. Jadi, cobalah konsumsi lebih banyak buah yang kaya akan vitamin C.

image via pexels.com

Tentu saja hal terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan kembali mengunjungi dokter gigi. Dengan ini anda bisa mendapatkan perawatan secara intensif dan jika karang gigi anda tersebut telah sangat parah maka dokter gigi akan memberikan penanganan yang tepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 2 =