Cara Menghilangkan Komedo Membandel, Begini Triknya!

Masalah komedo memang sangat menjengkelkan! Kulit akan terlihat kusam bahkan tidak bersih hanya karena kemunculan komedo. Banyak yang merasa risih karenanya, apalagi kalau komedonya muncul di bagian kulit yang memang sering terlihat seperti hidung.

Apa sih komedo itu?

cara menghilangkan komedo membandel
image via kepogaul.com

Komedo merupakan benjolan yang disebut juga sebab papula kecil. Biasanya akan muncul pada bagian permukaan kulit dengan warna hitam. Komedo juga masuk ke dalam golongan jenis jerawat ringan, banyak yang mengeluhkan keberadaannya karena sering muncul pada wajah. Namun selain wajah ternyata komedo juga bisa muncul di sekitar leher, lengan, dada sampai punggung.

Jenis komedo juga sangat beragam, berikut beberapa diantaranya:

  • Komedo hitam, komedo yang cukup jelas terlihat oleh mata
  • Komedo putih atau tertutup disebabkan karena folikel rambut yang tersumbat
  • Mikrokomedo, komedo dengan ukuran kecil bahkan tidak terlihat oleh mata
  • Makrokomedo, sejenis dengan komedo putih namun ukurannya 2 sampai 3 mm lebih besar
  • Komedo solar, komedo yang biasa muncul pada area pipi dan dagu namun khusus untuk lansia.
  • Secara umum komedo bisa disebabkan oleh sel kulit mati dan juga minyak yang terkumpul pada bagian ujung atau luar folikel kulit. Ini karena kulit yang ada di atas komedo terbuka dan mendapatkan paparan udara sehingga warnanya bisa tampak hitam atau putih.

Faktor Yang Bisa Memicu Kemunculan Komedo

Komedo tentunya bisa muncul karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya:

  • Jumlah bakteri propionibacterium acnes yang semakin meningkat pada bagian permukaan kulit
  • Mengalami iritasi folikel rambut sehingga sel kulit mati yang seharusnya rontok malah mengendap
  • Perubahan hormon yang bisa mengakibatkan peningkatan produksi pada minyak khususnya pada mereka yang sedang mensturasi atau dalam usia remaja
  • Efek samping dari konsumsi obat tertentu seperti steroid, pil KB atau lithium
  • Kondisi kulit yang terlalu kering sebelum menstruasi bisa dipengaruhi pelembab kulit atau cuaca
  • Konsumsi makanan pemicu komedo seperti produk susu serta makanan dengan Indeks Glikemik yang tinggi
  • Rontoknya folikel rambut disebabkan karena beberapa hal. Bisa karena sembarangan memencet jerawat atau efek samping dari perawatan laser.

Cara Menghilangkan Komedo

Apakah komedo bisa dihilangkan? Tentu saja bisa! Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan baik dengan alami maupun bantuan treatment atau alat dengan kecanggihan teknologi tertentu. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan komedo yang bisa coba Anda lakukan.

1. Membuat scrub dari baking soda

menghilangkan komedo dengan baking soda
image via ndtvimg.com

Scrub baking soda merupakan cara alami yang terbilang mudah dan bisa Anda lakukan. Manfaat dari baking soda sendiri mampu menjaga kadar pH kulit secara alami, menjaga produksi minyak pada kulit agar tetap dalam keadaan stabil dan melepaskan sel kulit mati yang mengendap serta menumpuk pada area wajah.

Cara membuat scrub baking soda:

  • Siapkan baking soda masukkan ke dalam wadah kecil
  • Tambahkan air lalu aduk hingga merata dan membentuk pasta
  • Bila sudah membentuk pasta, selanjutnya Anda tinggal mengoleskan pasta baking soda ke wajah secara merata, khususnya pada area yang terdapat komedo. Gosokkan pada wajah selama 30 detik, lalu diamkan selama 5 menit baru Anda bisa membasuh kembali wajah dengan air bersih. Lakukan dengan rutin agar komedo Anda bisa cepat hilang.

2. Membuat scrub dari kopi dan gula

meghilangkan komedo dengan scrub kopi dan gula
image via mokomoko.id

Cara alami selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat scrub dari campuran kopi dan gula. Scrub ini bisa membantu Anda untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah penyebab komedo, manfaat kopi juga cukup baik untuk kulit, yaitu bisa membersihkan hingga membuat kulit tampak lebih halus.

Cara membuat scrub dari campuran kopi dan gula:

  • Siapkan 2 sendok makan kopi, kemudian larutkan dalam sedikit air, aduk hingga membentuk pasta
  • Tambahkan 1 sendok makan gula pasir, aduk sampai semuanya tercampur
  • Bila kedua bahan sudah tercampur merata, selanjutnya Anda tinggal mengaplikasikan pada wajah. Namun sebelumnya, cuci terlebih dahulu wajah Anda sampai bersih. Setelah itu langsung saja gosokkan scrubnya ke wajah selama 60 detik agar sel kulti matinya terangkat.

3. Masker Lemon

masker lemon efektif menghilangkan komedo
image via klimg.com

Masih menggunakan cara alami, tapi bukan menggunakan scrub melainkan dengan perasan air lemon yang dijadikan sebagai masker. Kenapa harus lemon? Ini karena kandungan vitamin C yang ada di dalam lemon sangat baik untuk kesehatan kulit, lemon juga memiliki kandungan asam alpha hidroksi yang bisa menangkal terjadinya radikal bebas pada kulit. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan komedo hitam, penggunaan lemon sangatlah dianjurkan.

Caranya tidak sulit, Anda hanya perlu menyiapkan 1 buah lemon dengan ukuran sedang lalu memeras airnya. Oleskanlah air perasan lemon ke wajah Anda khususnya pada bagian yang berkomedo. Diamkan selama 5-10 menit, lalu basuh menggunakan air bersih. Agar hasilnya bisa lebih cepat dan maksimal sebaiknya lakukan cara ini 2 hari sekali.

4. Campuran putih telur dan jeruk nipis

masker putih telur dan jeruk nipis efektif menghilangkan komedo
image via watchme88.com

Cara alami lainnya yang juga dianjurkan adalah dengan menggunakan masker dari campuran putih telur dan jeruk nipis (kalau tidak ada bisa digantikan dengan lemon). Untuk khasiat lemon sudah dijelaskan sebelumnya, sementara untuk putih telur memiliki khasiat bisa mengenyalkan kembali kulit wajah serta mengecilkan pori-pori dan mencegah masuknya kotoran dari luar kulit.

Cara pembuatan masker dari campuran putih telur dan jeruk nipis tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menyiapkan putih telur kemudian mencampurkannya dengan 1 sendok makan air jeruk nipis. Setelah itu oleskan pada wajah, diamkan selama 10 menit lalu basuh menggunakan air bersih.

5. Menggunakan kulit jeruk

meghilangkan komedo dengan kulit jeruk
image via elizato.com

Kulit jeruk? Mungkin Anda yang baru mengetahuinya akan merasa aneh. Namun tahukah Anda ternyata bila dibandingkan dengan dagingnya, bagian luar atau kulit jeruk lebih banyak mengandung vitamin. Jadi, kalau sudah makan jeruk sebaiknya jangan langsung membuang kultinya ya! Manfaatkan dulu kandungan di dalamnya untuk mengobati komedo Anda.

Cara memanfaatkan kulit jeruk untuk mengobati komedo:

  • Siapkan kulit jeruk, taruh di atas wadah dengan bentuk ceper, lalu jemur sampai kering
  • Tumbuklah kulit jeruk yang sudah kering sampai berbentuk serbuk
  • Masukan serbuk kulit jeruk ke dalam mangkuk kecil, lalu campurkan dengan air hangat, aduk hingga membentuk pasta
  • Oleskanlah pasta kulit jeruk tersebut pada wajah khususnya pada area yang mengalami komedo
  • Diamkan masker kulit jeruk selama 15-30 menit
  • Bila sudah selesai, bilaslah menggunakan air hangat
  • Selain untuk mengobati komedo, Anda juga bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk perawatan kulit. Ini karena kadar anti oksidan yang ada di dalam kulit jeruk bisa membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat serangan radikal bebas serta membersihkan sampai ke dalam pori-porinya.

6. Olahan gula, madu, minyak zaitun dan ekstrak vanilla

Masker alami juga bisa Anda buat dari olahan gula, madu, minyak zaitun dan ekstrak vanilla. Semua bahan tersebut memiliki kelebihannya masing-masing, apalagi bila dicampurkan, kandungannya bisa bekerja dengan maksimal.

Cara pembuatan masker alami dari olahan gula, madu, zaitun dan vanilla tidak sulit. Berikut langkah pembuatannya:

  • Campurkanlah seperempat gelas gula putih dengan gula merah
  • Tuangkan seperempat gelas minyak zaitun, aduk semua bahan sampai merata
  • Tambahkan 1 sendok makan madu
  • Tambahkan 1 sendok makan ektrak vanilla
  • Aduk semua bahan sampai tercampur merata
  • Selesai! Bila teksturnya sudah sedikit halus, Anda bisa langsung mengoleskannya ke wajah khususnya pada area yang mengalami komedo. Diamkan selama 30 menit baru setelah itu Anda bisa membersihkannya dengan air hangat. Lakukan cara ini dengan rutin agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Menggunakan baby oil

Anda pastinya tahu salah satu produk yang biasa digunakan oleh bayi, yaitu baby oil. Produk ini biasa dijual di supermarket atau toko-toko perlengkapan bayi. Nah, baby oil ternyata bukan hanya melembabkan kulit bayi saja namun juga bisa digunakan sebagai cara alami untuk menghilangkan komedo di wajah. Ph normal yang ada di dalam baby oil bisa mencegah terjadinya iritasi pada kulit sekaligus mengurangi terjadinya penumpukan sel kulit mati pada wajah.

Hal yang perlu Anda lakukan pertama adalah menyiapkan 1 buah handuk bersih, air hangat, kapas dan juga baby oil. Selanjutnya, Anda perlu membersihkan wajah menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat, bersihkan sampai bersih. Lalu, oleskanlah baby oil keseluruh wajah khususnya pada area yang terdapat komedo. Pencet bagian komedo secara perlahan agar komedonya keluar. Lakukan selama 5 menit, setelah itu lap kembali wajah Anda menggunakan handuk. Untuk tutorial jelasnya, Anda bisa coba lihat pada video ini:

8. Melakukan terapi laser

Selain dengan cara alami, Anda juga bisa mengandalkan cara lain yang menggunakan kecanggihan teknologi. Sekarang sudah banyak sekali treatment yang bisa membantu mengatasi berbagai masalah kecantikan, salah satunya komedo. Treatment yang dianjurkan adalah melakukan terapi laser.

Salah satu jenis terapi yang memanfaatkan energi sinar. Dalam prosesnya, laser akan menurunkan produksi minyak yang terlalu berlebihan pada kulit wajah serta membunuh bakteri penyebab kemunculan komedo pada wajah.

menghilangkan komedo dengan laser
image via mokomoko.id

Terapi ini terbilang aman bahkan bisa mengobati komedo serta jerawat tanpa harus merusak bagian permukaan kulit luar Anda. Namun, biasanya akan ada efek samping yang harus dirasakan selama beberapa waktu, tergantung jenis kulitnya. Bila ingin melakukan laser, pilihlah klinik kecantikan yang sudah terpercaya ya.

9. Chemical peels

Cara lain yang dilakukan dengan cara tidak alami adalah Chemical peels. Anda akan menghilangkan komedo dengan menggunakan bahan kimia tertentu. Ini juga harus dilakukan oleh dokter spesialis yang memang ahli dibidangnya. Bahan kimia tersebut bisa membantu mengelupaskan sel kulit mati dan menjadikan kulit tampak halus. Bila dibandingkan dengan cara alami, tentunya chemical peel bisa lebih cepat namun bisa menyebabkan efek samping pada jenis kulit tertentu.

10. Mikrodermabrasi

image via Klikdokter.com

Mikrodermabrasi merupakan salah satu cara menghilangkan komedo menggunakan alat khusus yang berbentuk tabung, bertekstur kasar pada bagian ujung permukaannya. Sudah banyak yang menggunakan cara ini, alat nya pun dijual secara bebas di pasaran.

Tips Mencegah Komedo

Itulah cara menghilangkan komedo yang bisa Anda lakukan. Namun tentunya dibandingkan dengan melakukan berbagai upaya menghilangkan komedo baik secara alami atau menggunakan alat, akan lebih baik Anda bisa mencegahnya terjadi kemunculannya. Beberapa cara pencegahan berikut bisa Anda lakukan:

1. Membasuh muka dengan teratur

cuci muka teratur efektif menghilangkan komedo
 image via hellosehat.com

Kebersihan wajah bisa menjadi kunci Anda terhindar dari berbagai masalah kecantikan termasuk komedo. Anda bisa menjaga kebersihan kulit wajah dengan cara mencuci muka secara teratur, lakukan sebelum dan setelah bangun tidur agar bisa membuang penumpukan minyak penyebab komedo.

Apalagi bila ternyata sebelumnya Anda baru saja mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak, sebab minyak sendiri bisa menyumbat pori-pori wajah. Agar hasil bisa lebih maksimal, Anda juga bisa menggunakan sabun wajah yang memang ringan dan cocok dengan jenis kulit Anda.

2. Cucilah rambut Anda tiap hari

Rambut yang kotor ternyata bisa mempengaruhi pada kemunculan komedo di wajah Anda. Sehingga sangat dianjurkan kalau Anda bisa mencuci rambut tiap hari, apalagi saat kondisinya berminyak karena minyak yang berasal dari rambut bisa mengakibatkan penyumbatan pori dan berakhir dengan kemunculan komedo.

3. Manfaatkan produk kecantikan yang bisa mengupas kulit mati

Sekarang ini sudah banyak sekali produk kecantikan yang dipadukan dengan kandungan tertentu sehingga memberikan manfaat untuk wajah. Untuk mencegah terjadinya komedo, Anda bisa menggunakan produk kecantikan yang bisa mengupas kulit mati atau bertekstur seperti scrub dan juga masker wajah. Produk kecantikan tersebut bisa membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah secara berkala sehingga tidak mengendap dalam waktu lama.

Selain itu, carilah produk yang memang tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit Anda. Bila memang kulit Anda termasuk kulit sensitif, sebaiknya mintalah saran dari dokter mengenai produk yang aman digunakan.

4. Hindari produk kecantikan yang mengandung minyak

hindari produk kecantikan yang mengandung minyak untuk mencegah komedo
image via kinimall.co.id

Anda juga sebaiknya menghindari pemakaian produk kecantikan yang mengandung minyak. Seperti dari riasan, losion sampai tabir suryanya. Ini karena produk kecantikan yang mengandung minyak biasanya malah bisa memperparah kondisi komedo dan memunculkan komedo pada kulit Anda.

Yuk, cegah komedo agar kulit bisa bebas dari jerawat, serta tampak lebih bersih dan sehat!

*direview oleh dr.  Adriani Sakina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 3 =