14 Cara Merawat Rambut Kering Secara Alami

Mempunyai rambut yang indah dan sehat tentunya sangat diidamkan semua orang. Namun sayangnya hal tersebut tidak bisa selalu didapatkan, karena ada sebagian orang yang memiliki masalah pada rambutnya. Seperti rambut yang kering, kondisi rambut terlihat tidak sehat bahkan sangat rentan terkena ketombe hingga kerontokan.

Penyebab Rambut Kering

Permasalahan rambut kering tentunya tidak datang begitu saja, ada penyebab mengapa rambut Anda mengalami masalah tersebut. Lantas apa sih yang menjadi penyebabnya?

Kondisi rambut kering disebabkan oleh ketidakmampuan batang rambut mempertahankan kelembapan rambut secara alami akibatnya rambut menjadi kering bahkan bercabang, rapuh dan rontok. Hal ini juga dipicu oleh berbagai hal, diantaranya:

  • Rambut yang tidak mendapatkan nutrisi dengan baik
  • Salah menggunakan produk perawatan rambut
  • Terlalu sering mencuci rambut
  • Terlalu sering membilas rambut menggunakan air yang mengandung klorin
  • Terlalu sering menggunakan alat styling rambut seperti catokan yang menghantarkan panas
  • Terlalu sering mewarnai rambut

Cara Merawat Rambut Kering Secara Alami

Bila melihat pemicu rambut kering di atas, kita bisa tahu kalau rambut kering kebanyakan disebabkan oleh perawatan rambut yang buruk. Tapi tenang saja, bagi Anda yang memiliki masalah rambut kering, artikel ini akan membantu Anda merawat rambut agar kembali sehat dengan cara merawat rambut kering secara alami berikut ini.

1. Campuran masker alpukat dan telur untuk rambut

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan campuran masker alpukat dan telur. Alpukat adalah satu buah yang memiliki kandungan asam lemak esensial yang baik untuk rambut. Kandungan tersebut mampu menutrisi rambut agar kembali sehat. Apalagi bila dicampurkan dengan telur yang memang sudah jelas kandungan manfaatnya.

masker untuk merawat rambut kering
image via juicing-for-health.com

Untuk mengaplikasikan alpukat dan telur pada rambut, Anda perlu mengolahnya terlebih dahulu. Pertama, sediakan buah alpukat yang sudah matang, 1 buah saja. Lalu, tumbuklah atau blender sampai halus, tambahkan telur dan kocok sampai mengeluarkan busa. Oleskan pada rambut secara merata, diamkan selama 20 menit. Setelah itu Anda bisa membilas rambut menggunakan shampoo agar bau amis dari telurnya hilang.

2. Menggunakan conditioner alami dari mayonaise

Mayonaise kaya akan kandungan asam amino dan minyak. Menggunakan mayonnaise untuk rambut bisa sangat menyehatkan, bahkan tidak hanya mengatasi rambut kering saja namun juga bisa mengatasi ketombe dan menyehatkan rambut yang diberikan pewarna. Sehingga tidak heran bila banyak yang merekomendasikan mayonnaise sebagai conditioner alami.

cara mengatasi rambut kering dan bercabang
image via merdeka.com

Penerapannya pada rambut juga tidak sulit. Anda hanya perlu menyiapkan 1 gelas mayonnaise atau secukupnya tergantung panjang rambut, semakin panjang tentu saja semakin banyak. Lalu, oleskan mayonaise tersebut pada rambut secara merata, diamkan selama 1 jam agar kandungannya menyerap ke batang rambut. Setelah itu, barulah Anda bisa membilas rambut menggunakan shampoo.

3. Campuran air lemon dan madu

Cara alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rambut kering dan terbilang efektif adalah campuran air lemon dan madu. Kedua bahan alami yang sudah sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam keluhan masalah rambut.

produk perawatan rambut kering
image via tstatic.net

Cara pengolahannya tidak sulit, Anda hanya tinggal mencampurkan 2 sendok makan air lemon ke dalam 2 sendok makan madu. Aduk kedua bahan sampai tercampur merata, lalu oleskan pada rambut. Diamkan selama 20-30 menit agar kandungannya bisa terserap ke akar rambut. Akan lebih baik Anda menutupinya menggunakan handuk atau shower cup. Bila sudah, Anda bisa langsung membilas rambut dengan shampoo dan air bersih. Sebaiknya hindari penggunaan air mengandung klorin karena malah akan membuat rambut Anda kering kembali.

4. Masker rambut dari olahan pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat mudah ditemui. Anda bisa mendapatkannya di pasar tradisional atau modern, biasanya juga pisang dijadikan sebagai menu diet. Nah, tahukah Anda ternyata selain ampuh untuk menurunkan berat badan, pisang juga sangat direkomedasikan untuk perawatan rambut kering? Bila belum tahu, tidak apa-apa. Sekarang Anda bisa coba membuat masker rambut dari olahan buah pisang sendiri.

cara merawat rambut rusak agar kembali sehat
image via solusicantiksehat.com

Caranya tidak sulit kok! Pertama, Anda perlu menyiapkan 2 buah pisang atau menyesuaikan dengan panjang rambut. Haluskan pisang bisa menggunakan blender atau menggunakan sendok. Oleskan masker pisang yang sudah Anda haluskan ke rambut secara merata lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu, baru Anda bisa membilas rambut menggunakan shampoo dan air bersih.

5. Mengoleskan minyak kelapa

Minyak kelapa untuk perawatan rambut kering sebenarnya sudah tidak asing lagi. Bahkan dulu cara ini sangat sering digunakan. Namun karena sudah ada banyak produk perawatan rambut di pasaran penggunaannya semakin berkurang. Tapi, bila Anda mencari cara alami untuk mengatasi rambut kering, Anda masih bisa memanfaatkannya kok!

masker untuk merawat rambut kering
image via hellosehat.com

Siapkan saja minyak kelapa secukupnya, lalu oleskan ke seluruh rambut hingga ke bagian permukaan kulitnya. Diamkan selama 10 sampai 15 menit agar kandungannya meresap. Setelah itu Anda bisa langsung membasuh rambut menggunakan shampoo dan air bersih.

6. Masker rambut dari minyak kemiri

Kemiri merupakan salah satu rempah-rempah Indonesia yang secara turun temurun sudah dijadikan sebagian cara merawat rambut kering secara alami. Selain bisa mengatasi rambut kering, kemiri juga ternyata mampu membuat rambut semakin subur dan tidak rontok.

cara merawat rambut kering pria
image via tipsperawatancantik.com

Bila ingin menggunakan minyak kemiri untuk perawatan rambut, Anda sudah tidak perlu mengolahnya sendiri karena di pasaran sudah banyak dijual dalam bentuk botolan. Tinggal beli saja kemiri botolan lalu oleskan dari ujung rambut sampai permukaan kulit secara merata. Diamkan selama 10 sampai 20 menit, setelah itu baru Anda bisa membilas rambut menggunakan shampoo dan air bersih.

7. Masker rambut dari cuka apel

Cuka apel sering dijadikan sebagai campuran pada masakan agar terasa lebih sedap. Namun, tahukah Anda ternyata selain bisa dijadikan penyedap, cuka apel juga bisa Anda gunakan sebagai cara merawat rambut kering secara alami? Bila Anda melakukan perawatan cuka apel secara rutin, bukan tidak mungkin rambut bisa kembali sehat.

masker untuk merawat rambut kering
image via liputan6.com

Untuk menggunakannya, siapkan cuka apel 1 cangkir atau secukupnya, menyesuaikan dengan seberapa panjang rambut Anda. Bila Anda minyak gandum atau madu, Anda juga bisa menambahkannya. Oleskan cuka apel secara merata ke seluruh rambut hingga kebagian kulitnya. Diamkan selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu baru Anda bisa membilas rambut dengan air bersih, gunakan juga shampoo agar bau cuka apelnya bisa hilang.

8. Masker rambut dari air beras

Bila Anda sering mencuci beras, sebaiknya jangan buang airnya! Selain bagus untuk tanaman, ternyata air beras juga memiliki manfaat alami untuk menyehatkan kembali rambut.

cara merawat rambut kering dan mengembang
image via tribunnews.com

Anda hanya perlu menyisihkan air beras, lalu menambahkan madu. Setelah tercampur dengan baik, oleskan masker air beras ke rambut dengan merata, pijatlah kulit rambut secara perlahan, lakukan selama 3 menit setelah itu diamkan selama 15 menit. Bila sudah, langsung bersihkan kembali rambut Anda menggunakan shampoo dan air bersih. Tidak sulit kan?

9. Masker rambut dari buah pepaya

Pepaya merupakan buah yang sering direkomendasikan karena sangat baik untuk pencernaan. Konsumsi pepaya dengan rutin bisa membuat pencernaan lancar. Namun selain untuk pencernaan, ternyata pepaya juga bisa digunakan sebagai masker alami untuk rambut kering.

shampo untuk rambut kering
image via dewimagazine.com

Untuk menggunakannya, Anda harus mengolah pepaya terlebih dahulu agar bisa menjadi masker rambut. Tidak sulit kok! Siapkan dulu buah pepaya matang secukupnya lalu haluskan. Tambahkan juga yoghurt, aduk hingga merata. Bila kedua bahan sudah tercampur, langsung saja oleskan masker alami ini ke seluruh bagian rambut termasuk ke permukaan kulit kepala. Diamkan selama 10 menit agar kandungannya meresap, setelah itu bilas rambut Anda menggunakan air bersih.

10. Mengoleskan minyak gandum

Minyak alami lain yang juga baik untuk perawatan rambut kering selain minyak kelapa dan kemiri adalah minyak gandum. Minyak dengan kandungan nutrisi dan mineral alami ini mampu menutrisi rambut kembali. Cara perawatan menggunakan minyak gandum juga tidak sulit, sama saja seperti cara sebelumnya.

rambut sehat alami dengan masker rambut
image via webmateri.com

Hanya tinggal mengoleskan minyak gandum ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala lalu mendiamkan selama 15 menit dan membilasnya kembali menggunakan air bersih. Bila Anda memiliki cuka apel, bisa tambahkan juga cuka apel. Lakukan perawatan menggunakan minyak gandum secara rutin agar rambut Ada bisa sehat kembali dalam waktu cepat.

11. Masker rambut dari seledri

Anda tentunya sudah tahu apa itu daun seledri bukan? Salah satu bumbu dapur yang bisa menyedapkan masakan. Selain bisa dijadikan penyedap ternyata seledri juga bisa Anda olah menjadi masker alami untuk merawat rambut kering. Ini karena di dalam seledri terdapat kandungan nutrisi dan mineral alami yang bila diterapkan pada rambut bisa menutrisi dengan baik.

seledri untuk rambut rontok
image via klikdokter.com

Bila ingin menggunakan seledri untuk masker rambut, Anda bisa menyiapkan terlebih dahulu 100 gram seledri atau secukupnya menyesuaikan dengan panjang rambut. Lalu, rebuslah daun seledri yang sudah Anda siapkan, tunggu hingga daunnya tenggelam dan air mendidih. Diamkan airnya sampai agak dingin, lalu pisahkan antara ampas dan air rebusan seledri.

Anda bisa menggunakan air rebusan seledri untuk masker rambut. Caranya tinggal dioleskan saja secara merata keseluruh bagian rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 20 menit, setelah itu barulah Anda bisa membilas rambut menggunakan air dingin dan shampoo. Lakukan perawatan secara rutin agar bisa memberikan hasil yang maksimal.

12. Mengoleskan minyak jarak

Minyak jarak sebenarnya belum begitu familiar, namun dikalangan pecinta obat tradisional, minyak ini sudah sangat terkenal akan khasiatnya mampu mengatasi berbagai macam permasalahan pada rambut termasuk rambut kering.

pengobatan rambut kering
image via hellosehat.com

Untuk menggunakan minyak jarak sebagai cara perawatan rambut kering, Anda hanya perlu mengoleskan minyaknya ke seluruh bagian rambut sampai kulit kepala. Pijat selama 3 menit agar kandungannya meresap, setelah itu diamkan selama 15 menit. Lalu bersihkan kembali rambut menggunakan air bersih. Oh iya, untuk bisa mendapatkan minyak jarak Anda perlu mendatangi toko obat tradisional ya.

13. Mengoleskan minyak zaitun

Nah, kalau minyak zaitun sudah tidak asing lagi. Minyak satu ini memang sering digunakan sebagai bahan alami mengatasi berbagai macam keluhan salah satunya rambut kering. Di dalam zaitun terdapat banyak sekali kandungan mineral dan vitamin sehingga bisa menutrisi rambut dengan baik. Bahkan bila dilakukan secara rutin, rambut Anda bisa semakin sehat.

khasiat zaitun untuk rambut
image via hellosehat.com

Cara penggunaannya tidak sulit, Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Lalu pijatlah kulit kepala secara perlahan agar kandungannya meresap. Diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas rambut agar bersih dan lemak minyaknya tidak menempel. Agar memberikan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan minyak zaitun 2 hari sekali atau kalau kondisi rambut kering sangat parah, bisa dilakukan setiap hari. Kurangi intensitasnya sampai rambut sudah lebih sehat.

14. Menjaga kesehatan dengan makanan dan konsumsi air

Tidak hanya menjaga menggunakan berbagai macam masker rambut yang dioleskan langsung pada rambut saja, Anda juga bisa mengatasi rambut kering dengan menjaga asupan makanan dan konsumsi air putih secara rutin. Artinya Anda akan melakukan perawatan langsung dari dalam tubuh.

Bila Anda tidak mendapatkan asupan makanan yang baik dan bergizi ini akan sangat berpengaruh pada rambut. Apalagi bila Anda sangat jarang mengkonsumsi air sesuai takaran yang seharusnya, selain tubuh yang terdehidrasi, rambut juga sama, akan menjadi kering dan patah. Oleh sebab itulah, perbaiki pola makan dengan asupan makanan yang bergizi dan perbanyaklah konsumsi air putih sesuai takaran yang seharusnya yaitu 8 gelas per hari.

rambut sehat dengan vitamin
image via portal.tahupedia.com

Itulah 14 cara merawat rambut kering secara alami yang bisa Anda lakukan. Pilih salah satu cara di atas yang menurut Anda mudah untuk dilakukan. Oh iya, di samping merawat rambut menggunakan cara alami di atas, Anda juga sebaiknya mulai memperbaiki perawatan rambut sehari-hari.

Hindarilah terlalu sering menggunakan styling rambut seperti catokan. Karena perawatan rambut secara alami tidak akan bekerja maksimal bila hantaran panas dari styling rambut terus dilakukan. Berikan vitamin rambut secara rutin, bila ingin lebih praktis Anda bisa membeli di supermarket, banyak sekali vitamin rambut yang dijual bebas dan bisa membantu Anda merawat rambut secara rutin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 6 =