cara merawat rambut

Cara Merawat Rambut Agar Cantik dan Sehat, Begini Tipsnya!

Cara merawat rambut yang baik biasanya menjadi perhatian utama bagi para ladies, karena wanita biasanya menganggap rambut adalah mahkotanya. Berbeda dengan pria yang tidak begitu menganggap rambut sebagai elemen penting, bahkan kadang tak masalah untuk tidak memiliki rambut (botak). Bagi wanita, memiliki rambut adalah sebuah keharusan. Apalagi jika rambutnya indah, berkilau dan lembut pasti bisa menambah percaya diri dalam kehidupannya.

Rambut sebenarnya merupakan bagian dari organ tubuh manusia yang berbantuk seperti helaian benang, tumbuh di kulit manusia bagian luar, memiliki banyak keratin dan berada di lapisan kulit paling luar. Setiap helai pada rambut memang sangat tipis. Tapi fungsinya sangat besar lho. Rambut tidak hanya menjadi hiasan seperti mahkota bagi wanita atau bahkan pria. Tak hanya untuk menambah kepercayaan diri dan mempercantik diri di luar itu ada fungsi rambut yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Pada dasarnya fungsi rambut adalah melindungi kepala dari panasnya terik matahari dan dari cuaca dingin. Bayangkan jika tidak ada rambut, terik matahari bisa langsung mengenai kulit kepala. Pasti akan timbul kerusakan pada kulit kepala. Cuaca dingin yang langsung menusuk pada kulit kepala juga bisa membuat suhu tubuh semakin dingin. Hal ini tentu membahayakan untuk tubuh Anda.

image via pexels.com

Selain itu, tahukah Anda berapa jumlah rambut yang ada di kepala kita? Jika dihitung dengan manual tentunya akan menyulitkan. Tapi, pada umumnya rambut memiliki jumlah sekitar 100.000 helai. Tiap helainya tumbuh dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu tumbuhnya rambut setiap orang berbeda-beda. Tergantung dari bagaimana kondisi kesuburan rambutnya. Ada yang tumbuh dalam jangka waktu 2 bulan hingga 6 tahun. Namun tiap harinya rambut akan mengalami kerontokan. Tapi, Anda tak perlu khawatir karena setiap 100 helai rambut yang rontok akan digantikan oleh helai rambut yang baru tumbuh.

Setiap orang tentunya memiliki jenis rambut yang berbeda-beda dalam segi bentuk dan warna. Ada yang lurus, keriting, ikal, berwarna hitam, berwarna coklat dan sebagainya. Nah, sebenarnya apa sih yang membuat rambut memiliki jenis yang berbeda-beda ? Hal ini tentu sangat dipengaruhi oleh GEN yang diturunkan oleh keluarga. Dalam DNA yang turun temurun mengalir di keluarga bisa menyebabkan bentuk rambut tertentu. Nah, Gen yang menyebabkan bentuk rambut lurus atau keriting adalah gen PRSS53.

Di tiap belahan dunia, bentuk rambut sendiri dapat berbeda-beda. Seperti di Afrika, orang-orangnya cenderung memiliki rambut keriting, beda halnya dengan di Asia yang cenderung memiliki rambut lurus. Jadi meski dari DNA sangat mempengaruhi bentuk rambut, ternyata lingkungan juga mempengaruhi lho.

Jenis-Jenis Rambut

Faktor GE7N sangat mempengaruhi jenis rambut yang beredar di seluruh dunia. Karena GEN merupakan DNA yang turun temurun diwariskan dalam keluarga. Maka tak heran bila bentuk rambut tiap orang bisa berbeda-beda. Berikut beberapa jenis rambut yang perlu Anda ketahui :

1. Rambut Lurus

image via pexels.com

Rambut lurus tentunya adalah bentuk rambut yang tidak bergelombang, tidak keriting dan lurus. Kebanyakan rambut lurus ditemukan di Asia dan Eropa. Tapi, saat ini sudah ada teknologi yang bisa membuat rambut keriting bisa diubah menjadi lurus. Baik yang sementara atau yang selamanya. Jika untuk sementara, Anda bisa menggunakan catokan rambut. Namun, jika ingin selamanya maka Anda bisa melakukan smoothing di salon kecantikan terdekat. Dalam menata rambut, tentu rambut lurus memiliki keunggulan karena lebih mudah untuk ditata.

2. Rambut Bergelombang

image via pexels.com

Rambut bergelombang merupakan jenis rambut yang bergelombang besar pada rambut. Tidak keriting, tapi rambutnya berombak. Jenis rambut bergelombang disebabkan oleh folikel yang melengkung. Jika untuk ditata, rambut jenis ini masih tergolong mudah untuk ditata. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencari cara menata rambut bergelombang.

3. Rambut Keriting

image via pexels.com

Rambut keriting merupakan jenis rambut yang juga bergelombang. Tapi rambut ini memiliki gelombang yang sedang bahkan kecil. Rambut jenis ini disebabkan oleh folikelnya yang terlalu melengkung. Jika Anda ingin menata rambut jenis ini, mungkin akan merasa cukup kesulitan. Karena basic rambut keriting memang susah untuk ditata.

Mengapa Rambut Perlu Perawatan ?

Tak hanya kulit dan wajah saja yang membutuhkan perawatan. Rambut yang merupakan sebuah mahkota juga membutuhkan perawatan. Merawat rambut memang sangat penting jika Anda menginginkan memiliki rambut yang sehat.

Pada dasarnya tubuh membutuhkan nutrisi. Maka dari itu sebagai manusia pasti Anda makan dan minum untuk memenuhi nutrisi tersebut. Rambut juga seperti itu. Rambut sama-sama membutuhkan nutrisi agar rambut menjadi sehat. Rambut membutuhkan berbagai vitamin agar bisa tumbuh dengan subur.

Asam folat dibutuhkan oleh rambut untuk membantu pertumbuhan jaringan serta fungsi sel pada rambut. Selain asam folat, vitamin B12 dan B7 juga berperan untuk regenerasi sel-sel rambut. Berbagai vitamin inilah yang bisa melancarkan pertumbuhan rambut di kulit kepala Anda. Jika kekurangan ketiga vitamin tersebut, maka rambut cenderung mudah rontok dan beruban.
Selain itu, rambut juga membutuhkan vitamin A. Vitamin A berfungsi untuk memperbaiki tekstur rambut serta warna rambut secara alami. Vitamin A juga bisa melindungi rambut dari bahaya radikal bebas lho.

image via pexels.com

Rambut juga membutuhkan vitamin C. Adanya vitamin C pada rambut, bisa meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Termasuk kulit kepala Anda. Rambut rontok juga bisa dicegah dengan vitamin C. Pertumbuhan rambut juga akan lebih baik jika nutrisi vitamin C terpenuhi. Apabila rambut kekurangan vitamin C, akibatnya akan ada kerusakan pada rambut yakni rambut bercabang dan rambut kering.

Konsumsi vitamin E juga dibutuhkan oleh rambut. Bila Anda ingin rambut tumbuh lebih cepat, maka konsumsilah vitamin E. Vitamin E bisa menjadi sumber antioksidan yang bisa meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Rambut juga membutuhkan vitamin B12. Vitamin B12 sangat dibutuhkan untuk pembentukan DNA, sel darah merah yang bisa menyalurkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Folikel rambut juga membutuhkan oksigen. Apabila kekurangan vitamin ini, tentu Anda akan mengalami masalah kerontokan, pertumbuhan rambut yang lambat dan rambut beruban.

Rambut membutuhkan nutrisi biotin. Nutrisi biotin berfungsi untuk membantu sel-sel menghasilkan energi. Biotin juga membantu untuk menghindari rambut dari kerusakan. Apabila Anda merasa kulit kepala yang gatal dan bersisik, maka itu adalah gejala kekurangan nutrisi biotin.

Selain nutrisi biotin, rambut juga membutuhkan niasin. Niasin dapat mempercepat pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Hal ini disebabkan oleh efek dilatasi pada niasin yang membuat peningkatan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Kulit kepala juga mendapatkan sirkulasi darah yang baik akibat niasin.

Jadi merawat rambut sangatlah penting. Karena rambut membutuhkan berbagai nutrisi untuk keseburan, pertumbuhan dan kesehatan rambut. Jika nutrisi tidak dipenuhi, maka rambut akan kehilangan kesuburannya serta mengalami berbagai masalah.

Cara Merawat Rambut

Bagi Anda yang ingin memiliki rambut sehat alami, berkilau dan terawat tentu harus melakukan berbagai perawatan. Pada dasarnya merawat rambut tak semudah merawat kulit lho. Pergi ke salon saja tidak cukup untuk membuat rambut menjadi sehat. Perlu berbagai perawatan yang dilakukan harian untuk memenuhi nutrisi rambut. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat rambut, diantaranya :

1. Rutin Memotong Ujung Rambut Yang Rusak

image via facetofeet.com

Jika ingin memiliki rambut indah, Anda harus bisa merawat rambut dengan baik. Perhatikan tiap bagian rambut dengan cermat. Bagi Anda yang memiliki rambut kering, pasti sering mengalami masalah di ujung rambut. Biasanya ujung rambut mulai rusak seperti rambut bercabang. Agar tidak semakin rusak, baiknya gunting bagian ujung rambut yang bercabang. Hanya 0,5 – 1 cm saja Anda mengguntingnya. Hal itu tidak aka berpengaruh terhadap gaya rambut Anda kok.

2. Gunakan Conditioner Untuk Rambut

image via cnnindonesia.com

Demi memiliki rambut yang sehat, sebaiknya Anda tidak hanya menggunakan shampoo saja saat keramas. Anda bisa menambahkan penggunaan conditioner saat keramas. Conditioner sangat bermanfaat bagi rambut Anda. Karena bisa menutrisi bagian batang rambut. Tak hanya itu, manfaat conditioner juga bisa untuk memberikan nutrisi pada akar rambut. Sehingga, bisa menyehatkan rambut dari akar hingga ke batang rambut. Pasti rambut Anda juga akan lebih halus, berkilau, sehat dan tidak kering.

3. Pakai Vitamin Rambut

image via picsnaper.com

Apabila Anda menginginkan rambut yang sehat, maka perlu perawatan rambut yang cukup ekstra. Anda bisa menggunakan vitamin rambut setelah keramas. Pasca keramas, Anda gunakan vitamin ini saat rambut masih basah. Vitamin ini berfungsi untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan rambut. Biasanya jenis vitamin rambut berbeda-beda. Vitamin disesuaikan dengan kebutuhan rambut. Untuk rambut rontok, rambut bercabang, rambut kering, dan rambut berwarna memiliki jenis vitamin yang berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda mengetahui kebutuhan rambut sebelum memilih vitaminnya ya!

4. Jangan Mencuci Rambut Setiap Hari

image via cosmeloka.com

Jika Anda menganggap keramas setiap hari memang diperlukan, maka Anda salah besar. Padahal keramas yang baik tidak boleh dilakukan setiap hari. Sebaiknya, Anda mencuci rambut 2 hari sekali. Hal ini adalah yang dianjurkan oleh para ahli. Jika keramas setiap hari, maka minyak alami yang ada pada rambut justru akan menghilang akibat penggunaan shampoo yang terus menerus. Justru hal ini bisa menyebabkan rambut menjadi kering, rusak, bercabang dan tidak sehat.

5. Terapkan Penggunaan Shampoo Yang Benar

image via lifestyle.okezone.com

Tak banyak yang mengetahui bagaimana cara menggunakan shampoo yang benar. Jumlah shampoo yang digunakan tidak akan mempengaruhi kesehatan rambut Anda. Tapi, cara penempatan dan penggunaan shampoo yang mempengaruhi kesehatan rambut. Menurut para ahli, sebaiknya menempatkan shampoo adalah langsung di kulit kepala. Tak mesti keseluruhan rambut ikut Anda berikan shampoo. Gerakan yang salah justru bisa membuat rambut menjadi rontok. Maka, sebaiknya gunakan shampoo hanya pada kulit kepala. Bagian rambut yang lain akan ikut terkena shampoo saat rambut dibilas. Karena shampoo akan mengenai bagian rambut dari akar hingga ke ujung rambut.

6. Pemijatan Kepala

image via bangka.tribunnews.com

Bagi Anda yang senang creambath pasti sering merasakan pijatan di kepala yang dilakukan oleh capster salon. Pijatan di kepala tentu memiliki manfaat penting untuk kesehatan rambut Anda. Dengan melakukan pijat di kepala maka sirkulasi aliran darah dapat meningkat. Sirkulasi darah yang lancar tentu bisa membantu rambut Anda menjadi sehat. Sirkulasi darah yang bagus bisa membawa nutrisi yang lebih banyak ke kulit kepala. Sehingga bisa membuat rambut menjadi tumbuh subur dan lebih sehat. Tapi, pemijatan bisa Anda lakukan saat keramas di rumah. Agar tidak melulu harus pergi ke salon.

7. Tidak Menggunakan Sikat Rambut Setelah Keramas

image via gayarambut.com

Jika Anda termasuk orang yang gemar menggunakan sisir sikat saat rambut masih dalam keadaan basah, maka mulai sekarang lebih baik berhenti melakukannya. Sisir sikat yang digunakan saat rambut dalam keadaaan basah, bisa membuat kerusakan pada rambut. Kerusakan yang terjadi diantaranya rambut yang rapuh dan mudah patah. Maka, kerontokan rambut akan mudah terjadi. Sebaiknya Anda menggunakan sisir yang terbuat dari bahan besi dan jaraknya renggang. Hal ini sebenarnya adalah salah satu cara mengatasi rambut rontok yang mudah dan bisa membantu menghindari rambut Anda dari gejala kerusakan.

8. Rutin Membersihkan Sisir Rambut

image via liputan6.com

Banyak yang tidak menyadari bahwa banyak bakteri yang tinggal pada sisir. Jika tidak dibersihkan, maka bakteri yang ada di sisir bisa berpindah ke rambut Anda. Akibatnya bakteri akan berkembang biak di rambut dan menimbulkan kerusakan . Jadi, sebaiknya Anda rutin membersihkan sisir yang sering digunakan. Seminimal-minimalnya sebulan sekali Anda mencuci sisir. Demi menghilangkan bakteri, Anda bisa menggunakan air hangat dan baking soda untuk menghilangkan bakteri yang ada di sisir.

9. Kurangi Penggunaan Pemanas Rambut ( Hair Dryer, Catokan Lurus atau Curly )

image via pexels.com

Banyak yang tidak memahami bahwa menggunakan alat pemanas rambut bisa menyebabkan kerusakan pada rambut. Baik itu catokan, curly-an, maupun hair dryer memang sangat bermanfaat untuk rambut. Tapi, dibalik manfaatnya, kerugian yang ditimbulkan malah lebih banyak. Alat pemanas itu bisa membuat rambut Anda menjadi kering. Karena seringnya penggunaan alat pemanas. Maka, sebaiknya kurangi penggunaan alat pemanas ya!

10. Rutin Melakukan Hair Mask

image via meramuda.com

Anda bisa melakukan perawatan rambut dengan menggunakan masker rambut. Masker rambut bisa menutrisi rambut lebih maksimal. Baiknya selama seminggu 3 kali menggunakan masker rambut. Anda bisa menggunakan masker rambut yang alami seperti dari minyak zaitun, lidah buaya dan alpukat. Bila Anda ingin praktis, Anda bisa menggunakan produk masker rambut yang beredar di pasaran.

Jadi, jangan sia-siakan rambut Anda. Rawatlah rambut Anda sebagaimana Anda merawat diri sendiri. Karena rambut juga membutuhkan berbagai nutrisi untuk tetap dapat hidup sehat. Jangan pernah meremehkan masalah yang terjadi pada rambut dan mulai sekarang lakukan berbagai tips untuk membuat rambut Anda berkilau, lembut dan sehat!

*direview oleh dr.  Adriani Sakina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − two =