Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Bunda Persiapkan

Momen melahirkan adalah momen berharga yang tentunya selalu di nantikan oleh setiap wanita. Setelah mengandung selama 9 bulan dengan berbagai macam rasa penasaran yang ada di benak Anda tentang seperti apakah wajah bayi Anda dan bagaimanakah bentuk tubuhnya. Rasa penasaran ini lah yang biasanya membuat banyak ibu hamil tidak sabaran untuk menantikan waktu kelahiran bayi mereka. Bahkan banyak orang tua yang sengaja mengabadikan momen berharga waktu melahirkan ini dan di buat sebuah film pendek. Katanya agar nanti ketika sang buah hati sudah besar maka ia tahu bagaimana dulu ia dilahirkan. Selain itu agar orang tua juga mudah melihat kembali momen bahagia tersebut jika suatu saat nanti merindukan waktu melahirkan bayinya.

Namun terkadang di tengah rasa bahagia akan kelahiran si kecil, sang ibu tentu pernah merasakan rasa khawatirnya ketika akan melahirkan nantinya. Bagaimana rasa sakitnya ataupun jika ada hal buruk yang tidak di inginkan terjadi. Hal ini bisa di bilang wajar, jika mengingat ketika Anda sedang hamil maka hormon di dalam tubuh Anda akan meningkat drastis. Dimana hormon ini lah yang menyebabkan Anda mudah sekali mengalami mood swing. Baik itu rasa senang, sedih, dan juga khawatir yang mudah sekali berubah. Selain mudah berubah mood swing pada ibu hamil juga bisa membuat peningkatan suatu rasa mood yang cukup signifikan dan justru terlihat berlebihan.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Untuk mengatasi ketika sedang terjadi mood swing ini maka Anda bisa mencoba salah satu kegiatan yang sangat di sukai oleh kebanyakan perempuan, yaitu berbelanja. Cobalah untuk mencari perlengkapan bayi Anda sehingga ketika nanti sudah melahirkan Anda tidak lagi bingung tentang perlengkapan bayi yang belum di beli. Berbelanja memang suatu kegiatan yang sangat di sukai oleh wanita. Sebab dengan melakukan rutinitas ini mood yang sebelumnya buruk maka akan berubah menjadi lebih baik. Dan ini tidak berlaku pada wanita hamil saja karena wanita yang tidak hamil juga bisa menggunakan berbelanja sebagai salah satu cara untuk mengatasi bad mood yang sering menghampiri Anda.

Berbicara tentang perlengkapan bayi tentu ada banyak sekali yang harus Anda beli. Mulai dari perlengkapan yang akan di gunakan bayi setiap harinya hingga perlengkapan bayi yang di buat agar lebih memudahkan sang bunda. Mengapa belanja perlengkapan bayi bisa meningkatkan mood? Sebab kebanyakan perlengkapan bayi memiliki bentuk yang lucu dan juga warna yang menarik sehingga siapa saja yang melihatnya tentu akan mudah tertarik dan tentu saja memperbaiki perasaan Anda. Adapun daftar perlengkapan bayi baru lahir yang bisa Anda beli dan temukan di berbagai macam toko bayi adalah sebagai berikut ini.

1.Kain bedong

perlengkapan bayi new born
image via fairuzbabyshop.blogspot.com

Kain bedong merupakan salah satu perlengkapan yang selalu di gunakan oleh bayi baru lahir. Apalagi jika Anda adalah keturunan orang jawa maka orang tua akan selalu berpesan untuk membeli kain bedong sebagai perlengkapan yang nantinya akan di gunakan oleh bayi Anda. Meskipun tidak hanya orang jawa yang memakai bedong karena nyatanya orang perkotaan juga menggunakan perlengkapan satu ini. Bahkan meski kain ini sudah di gunakan sejak zaman dulu kala nyatanya hingga saat ini masih banyak yang menggunakan kain bedong untuk buah hati mereka.

Pada dasarnya kain bedong berbeda dengan kain pada umumnya. Karena tekstur kain bedong lebih halus sebab di buat khusus untuk bayi sehingga terbuat dari bahan berkualitas yang tentunya di desain agar tidak melukai kulit bayi yang masih sangat tipis. Fungsi utama dari kain bedong adalah untuk menjaga suhu bayi agar tetap hangat sehingga meskipun di udara yang dingin bayi tetap hangat. Selain itu banyak orang tua yang menganggap jika memakai bedong maka postur tubuh bayi bisa lebih bagus. Katanya, pemakaian bedong ini bisa membuat kaki bayi menjadi lurus dan tidak bengkok. Padahal pernyataan ini kurang betul sebab meskipun tidak menggunakan bedong kaki bayi tetap lurus. Ukuran bedong bayi biasa 110 cm x 90 cm, dan usahakan membeli bedong lebih dari dua mengingat fungsinya yang sangat penting untuk bayi Anda.

2.Baju bayi

perlengkapan bayi yang harus disiapkan
image via amazon.com

Dulu jika akan membeli baju bayi maka orang tua kebingungan sebab orang tua belum tahu pasti tentang jenis kelamin sang bayi sehingga ketika akan jika orang tua membeli baju bayi perempuan ternyata bayinya laki-laki. Sedangkan jika membeli baju bayi laki-laki ternyata bayinya perempuan. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi maka kini ada peralatan kedokteran canggih yang bisa mendeteksi tentang jenis kelamin bayi Anda yaitu USG. Bahkan USG tidak hanya bisa mendeteksi jenis kelamin bayi Anda saja tetapi juga bisa melihat apakah anggota tubuh bayi lengkap ataukah tidak. Dengan adanya teknologi yang sangat canggih ini maka Anda tidak perlu lagi kebingungan ketika akan membeli baju bayi Anda sesuai dengan jenis kelamin bayi sebab sebelumnya Anda sudah tahu.

Jika Anda membeli baju untuk bayi maka usahakan baju tersebut terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi sehingga tidak mudah rusak dan tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Selain itu pilihlah baju bayi yang memiliki bahan dasar yang dingin sehingga ketika di gunakan di cuaca yang panas maka bayi tidak akan kepanasan dan tetap merasa nyaman. Untuk menyiasati perubahan cuaca yang mendadak maka Anda harus membeli dua jenis baju yaitu baju pendek dan baju lengan panjang. Serta belilah masing-masing jenis baju sebanyak satu lusin untuk antisipasi jika bayi sering ganti baju.

3.Popok kain

perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibawa ke rumah sakit
image via tokopedia.com

Meski saat ini sudah semakin banyak merek popok baru yang bermunculan namun nyatanya penggunaan popok bayi untuk bayi memberikan efek kesehatan yang lebih baik di bandingkan dengan penggunaan popok instant (sekali pakai). Sebab jika Anda menggunakan popok instant maka Anda tidak akan cepat tahu jika bayi sudah buang air kecil sebelum popok penuh jadi kulit bayi bisa dengan mudah terkena iritasi sebab area tersebut sangat lembab. Namun jika Anda menggunakan popok kain maka ketika bayi baru buang air kecil sekali saja Anda langsung tahu sehingga bisa langsung Anda ganti.

Jika berbicara dari segi efisien dan kemudahan mungkin popok instant yang menang sebab setelah Anda pakai bisa langsung Anda buang sedangkan jika popok kain jika sudah terkena air seni maupun poop maka harus Anda cuci terlebih dahulu. Namun jika membahas tentang lebih hemat mana maka bisa di bilang penggunaan popok kain bisa lebih hemat. Sebab Anda tidak perlu berulang kali beli karena popok kain bisa di cuci dan di gunakan kembali berbeda dengan popok instant yang setelah di pakai langsung di buang. Beli lah popok kain sekitar tiga lusin atau 36 pcs agar ketika sebagian popok di cuci Anda masih punya cadangannya untuk di gunakan.

4.Gurita Bayi

perlengkapan bayi baru lahir dan ibu melahirkan
image via bunglonbabyshop.com

Saat ini mungkin Anda akan kesulitan untuk menemukan ibu yang menggunakan gurita bayi untuk anaknya. Sebab memang baru-baru ini ada kabar yang di keluarkan oleh menteri kesehatan di mana berita tersebut berisikan larangan penggunaan gurita bayi. Karena gurita bayi di anggap bisa mengganggu sistem pernafasan bayi. Memang gurita ini di pakai di area perut bayi hingga bagian dada dan kebanyakan gurita di desain dengan ikatan yang bisa di sesuaikan kencang atau tidaknya ikatan tersebut.

Mungkin pendapat pakar kesehatan ini berlaku untuk jenis gurita bayi yang dahulu. Sebab gurita bayi modern bukan lagi menggunakan tali sebagai pengikatnya tetapi menggunakan perekat yang sangat aman untuk di gunakan oleh bayi. Meski saat ini gurita bayi sudah di larang oleh menteri kesehatan namun nyatanya masih banyak ibu-ibu yang menggunakan perlengkapan bayi satu ini. Karena memang gurita bayi di anggap bisa membuat tubuh bayi terasa lebih hangat apalagi di bagian dada yang berhubungan langsung dengan organ vital bayi yang lainnya. Gurita bayi juga bukan menjadi perlengkapan bayi yang harus dan wajib di beli sehingga ingin membeli ataukah tidak bisa Anda sesuaikan dengan apa yang Anda percayai.

5.Diapers

daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan
image via perlengkapanbayi123.com

Pada penjelasan di atas sudah di jelaskan bahwa penggunaan diapers atau popok bayi instant sangat tidak baik untuk kesehatan bayi utamanya untuk kesehatan kulit bayi Anda. Namun fungsi diapers memang tidak bisa di abaikan begitu saja sebab popok satu ini sangat membantu bunda ketika malam hari. Karena ketika Anda udah kelelahan di pagi harinya bisa saja malam hari Anda tidak tahu bahwa buah hati mengompol maupun sedang buang air besar oleh karena itu diapers sangat berperan besar untuk menjaga kulit bayi agar tetap kering. Meskipun jika air seni terlalu banyak maka bisa saja area di sekitar bagian vital bayi menjadi sangat lembab dan akhirnya memicu terjadinya iritasi.

Oleh karena itu Anda bisa menggunakan diapers secara secukupnya saja. Jangan menggunakannya terlalu banyak sebab bisa menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius. Bahkan ada beberapa bayi yang kulitnya sangat sensitif dan bisa langsung alergi jika menggunakan popok diapers ini. Ada baiknya sebelum Anda menggunakan diapers Anda konsultasikan dengan dokter bayi Anda terlebih dahulu apakah diapers memang aman di gunakan oleh bayi Anda ataukah tidak. Jika memang kulit bayi tidak bisa menggunakan pampers model ini maka jangan di paksakan sebab bayi bisa merasa kesakitan nantinya.

6.Peralatan untuk mandi

daftar perlengkapan bayi baru lahir dan jumlahnya
image via babyluna.id

Tidak hanya perlengkapan yang di gunakan oleh bayi seperti baju dan gurita bayi namun Anda juga harus memilih peralatan mandi untuk bayi yang memang terbuat dari bahan pilihan. Jika Anda asal dalam memilih peralatan mandi seperti shampoo dan sabun yang ternyata tidak aman untuk bayi maka buah hati Anda bisa mengalami iritasi kulit yang cukup parah. Saat ini sudah ada banyak sekali merek baru yang mengeluarkan produk peralatan mandi khusus untuk bayi. Biasanya jika shampoo dan sabun sudah di desain khusus untuk di gunakan oleh bayi maka di dalam shampoo dan sabun tersebut tidak ada bahan deterjen yang terlalu banyak bahkan mungkin tidak ada sama sekali. Oleh karena itu pastikan Anda membaca bahan dasar dari shampoo dan sabun bayi yang akan Anda beli tersebut.

Peralatan mandi untuk bayi tidak hanya shampoo dan sabun saja namun ada juga handuk serta bak mandi bayi. Untuk handuk belilah handuk yang terbuat dari serat yang lembut namun mempunyai daya serap tinggi, agar ketika bayi sudah selesai mandi maka air bisa di serap dengan handuk secara optimal. Sedangkan untuk bak bayi pilihlah bak bayi yang terbuat dari bahan plastik namun yang halus jangan sampai pinggiran atau bahkan ada bagian dalam bak bayi yang masih kasar sebab bisa membuat kulit bayi terluka nantinya. Usahakan memilih bak bayi yang ada dudukannya sehingga bayi bisa lebih tinggi daripada Anda jadi Anda bisa lebih mudah ketika memandikan buah hati Anda.

7.Sarung tangan dan kaos kaki

perlengkapan bayi laki laki
image via id.aliexpress.com

Menjaga suhu tubuh bayi agar tetap stabil adalah hal yang sangat penting dan harus Anda lakukan. Sebab jika suhu badan bayi mengalami penurunan yang cukup drastis maka akan ada banyak penyakit yang bisa menyerang tubuh buah hati Anda. Contohnya saja jika suhu tubuh bayi di bawah normal maka bayi bisa mengalami tubuh menggigil bahkan hingga terserang penyakit seperti demam tinggi hingga flu batuk yang dengan mudah hinggap di tubuh anak Anda. Ketika tubuh bayi berada di bawah normal maka virus akan mudah menyerang tubuh si kecil.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa melengkapi perlengkapan bayi dengan sarung tangan dan kaos kaki untuk si kecil. Sarung tangan dan kaus kaki ini sudah ada sejak zaman dahulu karena memang perannya yang sangat penting untuk menjaga suhu tubuh bayi utamanya suhu yang ada di tangan dan juga kaki. Karena penyakit masuk angin yang sering terjadi pada bayi biasanya karena suhu kaki mengalami penurunan karena kedinginan. Tips untuk memilih sarung tangan dan kaos kaki bayi adalah memilih perlengkapan tersebut yang terbuat dari bahan yang halus dan karet yang tidak mudah longgar. Sehingga jika di gunakan dalam jangka waktu yang lama tidak akan mudah kendur dan juga rusak.

8.Singlet atau kaos dalam bayi

perlengkapan bayi perempuan
image via 17pasar.my.id

Jika Anda tidak yakin untuk menggunakan gurita bayi karena ada masalah kesehatan yang mengancam bayi Anda dan hal tersebut cukup serius maka Anda bisa menggunakan singlet atau yang juga di kenal sebagai kaos dalam. Usahakan membeli kaos dalam yang memang di desain khusus untuk bayi sehingga untuk memakaikan dan melepaskannya sangat lah mudah. Selain itu jika Anda memilih singlet yang memang di tujukan untuk bayi maka ukurannya pun pas dan tidak kebesaran.

Hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan membeli kaos dalam bayi maka Anda harus melihat apakah bayi akan nyaman dengan bahan dari kaos tersebut. Jangan membeli kaos dalam bayi yang terbuat dari bahan yang tebal dan juga kasar sebab bayi akan merasa kepanasan dan sangat tidak nyaman lalu selanjutnya buah hati Anda akan mudah rewel. Tentunya bayi yang rewel bisa sangat merepotkan karena Anda tidak akan mudah mengerjakan aktifitas yang lain karena harus fokus ke buah hati terlebih dahulu. Cukup beli kaos dalam sebanyak satu lusin saja karena penggunaan kaos dalam bisa di bilang tidak terlalu sering apalagi untuk bayi yang baru lahir.

9.Peralatan kesehatan

perlengkapan mandi bayi
image via babyluna.id

Biasanya di rumah selalu terdapat kotak p3k yang berfungsi sebagai alat kesehatan satu keluarga di rumah. Karena Anda tidak akan tahu penyakit apa yang menyerang anggota keluarga Anda oleh karena itu keberadaan kotak kesehatan sangat lah penting dan harus Anda miliki. Di dalam kotak p3k sendiri biasanya yang harus ada adalah obat merah, perban, minyak kayu putih, dan obat-obatan pribadi. Mengapa obat-obat tersebut yang harus ada di kotak p3k? Sebab jenis obat tadi adalah obat inti dan yang paling sering di gunakan ketika sakit. Seperti obat merah yang bisa di gunakan ketika Anda atau buah hati sedang terjatuh dan menyebabkan luka yang membuat berdarah.

Namun saat Anda sudah melahirkan dan ada bayi di rumah maka Anda tidak hanya harus memiliki p3k namun juga harus membeli peralatan kesehatan yang di tujukan khusus untuk bayi Anda. Mengingat daya tahan tubuh bayi sangat lah rendah dan tidak sekuat orang dewasa maka Anda juga harus mempersiapkan peralatan kesehatannya. Adapun alat kesehatan yang harus Anda miliki seperti termometer yang berguna untuk mengecek suhu tubuh bayi masih normal ataukah tidak sehingga penyakit bisa langsung terdeteksi. Plester penurun panas maupun baby oil dan minyak telon yang berguna untuk menambah kehangatan di tubuh bayi. Namun jika bayi mengalami sakit yang tidak kunjung sembuh maka Anda harus segera memeriksakannya ke dokter.

10.Baju pesta

perlengkapan ibu setelah melahirkan
image via indonesia.alibaba.com

Meski bayi baru lahir bukan berarti tidak ada pesta ataupun acara besar yang akan ia hadiri. Karena saat ini sudah banyak sekali orang tua yang sudah mengajak anaknya pergi ke pesta maupun acara keluarga padahal anaknya masih sangat kecil. Ini wajar sebab mungkin orang tua tidak bisa meninggalkannya sendiri di rumah bersama pengasuhnya sedangkan orang tuanya sedang pergi ke pesta. Selain itu banyak kasus yang melibatkan bayi dengan pengasuh dengan perilaku yang kurang baik menjadi alasan lain mengapa orang tua lebih suka mengajak anaknya untuk menghadiri pesta daripada di tinggal di rumah karena menganggap hal itu lebih aman.

Oleh karena itu sebelum Anda melahirkan dan untuk mengantisipasi adanya undangan pesta padahal buah hati Anda belum besar maka Anda bisa membeli beberapa buah baju pesta. Baju pesta ini bisa berupa gaun untuk perempuan dan vest untuk anak laki-laki. Karena masih bayi dan biasanya bayi akan sangat tidak nyaman jika menggunakan baju yang terlalu ketat dan juga terbuat dari bahan yang panas, maka Anda bisa mengatasinya dengan membeli baju pesta untuk si kecil yang terbuat dari kain kaos atau kain fannel yang notabene memiliki tekstur yang lebih halus dan juga dingin. Serta hindari aksesoris yang berlebihan pada baju pesta buah hati Anda.

11.Celana bayi

daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli dan jumlahnya
image via blanja.com

Ketika bayi baru lahir memang lebih sering menggunakan popok ataupun pampers namun bukan berarti bayi Anda tidak membutuhkan celana bayi. Karena bayi akan lebih bebas jika menggunakan celana di bandingkan dengan popok. Jika bayi menggunakan popok maka ketika sedang aktif bergerak tali popok bisa saja kendur dan terlepas begitu saja. Sedangkan jika bayi menggunakan celana maka tidak akan mudah terlepas se aktif apapun buah hati Anda bergerak karena celana bisa pas di kaki bayi Anda.

Untuk masalah celana bayi ini Anda harus membeli dua jenis celana yaitu celana pendek dan juga celana panjang. Celana pendek bayi usahakan di buat dari kain yang tipis saja namun jangan transparan dan pastikan nyaman saat di gunakan. Karena kebanyakan celana pendek lah yang akan di gunakan untuk bayi ketika siang hari. Jika Anda membeli celana pendek yang terbuat dari bahan yang terlalu tebal maka bayi Anda akan merasa sangat panas dan juga tidak nyaman saat bergerak. Sedangkan untuk celana panjang Anda bisa memilih model celana panjang yang menutupi hingga ujung kaki bayi Anda. Sehingga ketika celana panjang ini di gunakan untuk tidur maka bayi tidak perlu menggunakan kaos kaki namun tetap merasa hangat.

12.Botol Susu dan alat untuk membersihkannya

perlengkapan bayi baru lahir lengkap
image via id.aliexpress.com

Perlengkapan bayi yang tidak kalah penting dengan baju dan perlengkapan yang lain adalah botol susu. Meski bayi baru lahir tentu akan mendapatkan ASI yang ekslusif dan tidak di tambah susu formula karena memang tumbuh kembang bayi akan lebih baik jika ia hanya meminum ASI tanpa adanya tambahan susu formula yang lain. Tetapi meski tidak menggunakan susu formula Anda tetaplah harus membeli botol susu atau dot untuk antisipasi jika malam bayi menangis dan ingin minum susu maka Anda bisa memberinya melalui dot tersebut.

Selain itu terkadang ada suatu keadaan dimana puting seorang ibu tidak mau keluar sehingga bayi kesulitan untuk meminum ASI. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menggunakan dot terlebih dahulu sebagai alat untuk bayi Anda minum susu sehingga meskipun puting Anda tidak mau menonjol keluar tetapi bayi Anda tetap kenyang dan tidak kelaparan karena tidak cukup ASI. Selain botol susu Anda juga harus membeli alat pembersihnya yang kini sudah banyak di jual di pasaran. Alat pembersih botol susu untuk bayi sangatlah berbeda dengan alat pembersih yang lain. Sebab ujung dari alat ini bisa lebih halus dan mudah di bersihkan sehingga tidak ada bakteri yang menempel di dot maupun di alat pembersihnya.

13.Selimut bayi

keperluan bayi baru lahir dan ibu
image via tokopedia.com

Selimut bayi sangatlah berbeda dengan selimut biasa sebab bahan yang di gunakan untuk membuat selimut bayi biasanya merupakan bahan pilihan yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Kulit bayi sangat lah sensitif bahkan bahan yang kasar sedikit saja bisa membuat kulit bayi tergores dan terluka itulah mengapa selimut bayi ini benar-benar terbuat dari bahan yang tidak hanya berkualitas tetapi juga sangat halus serta lembut ketika sedang di gunakan. Sehingga kapanpun bayi menggunakan selimutnya dan selama apapun di gunakan, selimut bayi tetap nyaman di tubuh bayi dan tidak membuat kulit bayi terluka.

Fungsi utama dari selimut bayi adalah untuk menjaga suhu tubuh bayi agar tetap normal dan bayi tetap merasa hangat meskipun cuaca sedang sangat dingin. Untuk efektifitas, selimut yang di buat khusus untuk bayi ini bisa di bilang sangat efektif sebab bisa di bawa kemanapun karena ukurannya yang kecil dan sesuai dengan ukuran tubuh buah hati Anda. Sehingga ketika Anda bepergian keluar rumah ataupun berniat berlibur bersama bayi Anda entah itu di rumah nenek ataupun di tempat lain bayi Anda akan tetap nyaman dan hangat. Selain itu biasanya bayi akan cepat tidur jika ia menggunakan selimut yang biasa ia pakai di rumah karena bayi Anda sudah hafal dengan aromanya.

14.Tempat baju kotor

perlengkapan bayi baru lahir paling penting
image via elevenia.co.id

Bayi yang baru lahir memiliki metabolisme tubuh yang sangat rendah oleh karena itu Anda harus menyediakan tempat baju kotor yang khusus untuk bayi Anda. Sebab penyakit tidak hanya bisa menular melalui udara dan lingkungan sekitar saja namun juga bisa dari bakteri yang ada di baju dan berpindah ke baju lain. Kesehatan sang buah hati memang harus menjadi perhatian utama bagi Anda maupun bagi suami, sebab jika tidak benar-benar Anda perhatikan maka bisa saja bayi terserang penyakit yang sangat serius namun Anda tidak menyadarinya.

Oleh karena itu tindakan sekecil apapun untuk menjaga kesehatan bayi utamanya yang baru lahir adalah hal yang sangat penting. Langkah sederhana yang bisa Anda tempuh untuk menjaga bayi agar tetap sehat dan tidak mudah sakit adalah dengan menyediakan keranjang baju kotornya sendiri. Selain bisa menjauhkan si kecil dari penyakit adanya keranjang baju kotor ini juga bisa memudahkan Anda dalam mencuci pakaian bayi Anda. Karena jika Anda mencuci baju bayi Anda dengan sabun deterjen biasa ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi karena kandungan sabun deterjen yang mungkin masih menempel di dalam baju bayi. Jadi sebaiknya Anda menggunakan deterjen khusus yang memang aman untuk mencuci baju bayi dan juga tidak menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

15.Tempat air panas (termos)

perlengkapan bayi
image via jakartanotebook.com

Suhu tubuh bayi yang sangat mudah sekali mengalami penurunan membuat banyak orang tua khawatir akan kesehatan buah hati mereka. Untuk mengatasi hal tersebut Anda haruslah memandikan bayi dengan air hangat namun jangan terlalu panas. Karena air mandi yang terlalu panas justru bisa menyakiti bayi Anda, dimana air panas ini tidak hanya bisa membuat kulit bayi berubah menjadi memerah dan terkadang ada juga yang melepuh namun juga bisa membuat bayi menangis keras akibat air yang terlalu panas dan ia kesakitan.

Usahakan jika memandikan bayi cek terlebih dahulu kadar airnya agar suhunya cukup tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Agar lebih memudahkan Anda ketika akan memandikan bayi Anda menggunakan air hangat maka Anda bisa membeli tempat air panas atau yang lebih di kenal sebagai termos. Karena Anda bisa merebus air ketika bayi sedang tidur atau ketika Anda longgar dan air rebusan yang sudah mendidih bisa langsung Anda masukan ke dalam termos. Sehingga ketika sudah waktunya mandi Anda bisa mengambil air yang ada di termos tanpa perlu merebusnya kembali. Selain itu termos juga sangat berguna bagi Anda yang sudah menggunakan susu formula sebagai susu untuk bayi Anda karena Anda tinggal membuat susu tanpa harus merebus air lagi.

16.Tempat untuk tidur bayi

perlengkapan bayi baru lahir
image via hellosehat.com

Saat ini masih banyak orang tua yang belum menyadari jika tempat tidur bayi sangat lah penting. Karena orang tua masih terpengaruh dengan prinsip orang zaman dahulu dimana bayi haruslah tidur bersama orang tuanya. Padahal anggapan ini tidak sepenuhnya benar, sebab bisa saja ketika Anda sedang tidur bersama bayi Anda dan juga suami Anda ternyata ada pergerakan yang Anda dan tidak suami sadari yang bisa membuat bayi terluka. Karena orang yang sedang tidur tidak menyadari apa yang sedang di lakukannya.

Untuk menjaga agar hal ini tidak terjadi maka Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk membeli tempat tidur bayi. Selain bisa menjaga bayi lebih aman nyatanya bayi yang tidur di tempat tidurnya sendiri maka pergerakannya bisa lebih bebas. Jika Anda ingin membeli tempat tidur bayi pastikan tempat tidur tersebut sudah di lengkapi pengaman di ke empat sudut tempat tidur, yaitu di samping kanan dan kiri, sebelah atas, dan juga di tempat tidur bagian bawah. Karena pengaman ini yang akan menjaga bayi agar tidak terjatuh sehingga Anda tetap nyaman dan tidak khawatir meskipun bayi tidur sendiri. Lengkapi juga tempat tidur bayi Anda dengan tirai anti nyamuk namun dengan ventilasi udara yang cukup sehingga bayi Anda tetap bebas bernafas.

17.Alat untuk menggendong bayi

peralatan bayi
image via elevenia.co.id

Bayi yang rewel biasanya akan lebih mudah di tenangkan jika Anda menggendongnya. Oleh karena itu ketika Anda akan berbelanja perlengkapan bayi sebelum proses melahirkan maka Anda harus membeli gendongan bayi. Saat ini sudah ada banyak sekali model gendongan bayi dan juga gendongan bayi tersebut sudah terbuat dari berbagai macam bahan. Memang kemajuan teknologi yang semakin pesat ini lah yang membuat aspek kehidupan lain juga ikut maju sama halnya seperti perlengkapan bayi ini.
Jika dahulu bayi sering di gendong dengan kain panjang atau yang sering di sebut jarik namun saat ini sudah banyak inovasi terbaru dari gendongan bayi sehingga lebih mudah Anda gunakan. Karena tidak semua ibu muda bisa menggunakan jari mengingat untuk menalinya di belakang tubuh sangat lah rumit dan perlu pembelajaran yang lebih. Karena hal ini lah banyak produsen gendongan bayi yang membuat model gendongan bayi terbaru dimana hanya dengan satu klik saja Anda sudah bisa menggendong bayi Anda. Bahkan suami Anda tidak akan kesulitan saat ingin menggendong bayi Anda sebab gendongan yang sangat mudah di gunakan. Usahakan membeli dua atau tiga buah gendongan untuk mengantisipasi jika salah satunya di cuci dan belum kering.

18.Terpal kecil tahan air (perlak)

list perlengkapan bayi baru lahir
image via elevenia.co.id

Perlak atau terpal kecil yang tahan dengan air haruslah masuk ke dalam daftar belanjaan Anda sebagai perlengkapan untuk si kecil yang akan lahir. Kegunaan terpal kecil ini adalah untuk menghindari kasur bayi agar tidak basah ketika ia buang air kecil saat malam hari karena terpal kecil ini tahan air sehingga Anda tidak perlu menjemur kasur di pagi hari. Biasanya terpal kecil ini ada yang berukuran besar dan juga sedang serta sangat kecil maka pilihlah ukuran terpal yang kecil saja asalkan tahan air.

Selain bisa di gunakan untuk penahan air seni bayi agar tidak sampai membasahi kasur, perlak juga bisa di gunakan sebagai alas mandi ketika Anda sedang memandikan bayi Anda. Sehingga bayi tidak akan kedinginan setelah mandi sembari Anda menggantikan bajunya. Letakkan perlak di sebelah bak mandi bayi dan beri alas kain yang tipis, dengan cara ini Anda bisa lebih mudah memasangkan baju ke bayi tanpa harus takut membasahi tempat yang lain.

Beberapa perlengkapan bayi di atas memang haruslah Anda beli sebagai persiapan akan waktu kelahiran Anda. Selamat berbelanja bunda dan semoga lancar hingga proses melahirkan nanti.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − one =