Gusi Bengkak? Tangani Dengan 10 Obat Alami Ini

Mulut adalah tempat pertama yang di kunjungi makan sebab organ tubuh satu ini merupakan tempat masuknya makanan. Menjaga kesehatan mulut adalah hal yang sangat penting sebab jika mulut Anda sakit dan terkena bakteri maka makanan akan kesulitan masuk ke dalam tubuh.

Belum lagi rasa sakit yang Anda derita karena mulut yang sedang sakit dan Anda sedang makan. Selain itu kesehatan mulut sangat penting sekali di jaga sebab jika mulut terinfeksi bakteri maka bagian mulut lain seperti gus, gigi, hingga rongga mulut dan bibir bisa dengan mudah terkena berbagai macam penyakit lain yang lebih serius.

Bahkan saking pentingnya menjaga kesehatan mulut maka gerakan untuk mencegah terjadinya penyakit pada mulut dan organ di dalamnya sudah di galakkan sejak kecil. Karena gigi anak-anak sangat mudah sekali keropos akibatnya jika tidak di jaga maka gigi akan rusak. Sehingga memang dari usia belia sudah harus di ajarkan pentingnya menjaga kesehatan mulut.

Pakar kesehatan juga banyak yang mewanti-wanti tentang hal ini apalagi karena jaringan di mulut utamanya pada bagian bibir sangat lembut sekali dan mudah sekali rusak jika tidak di jaga dengan benar. Contohnya saja Anda sedang makan makanan yang sangat panas namun minuman Anda bukan air mineral melainkan es hal ini jika di lanjutkan dan di biarkan bisa merusak gigi Anda.

Bahaya Gusi Bengkak

Penyakit yang paling sering menyerang kesehatan mulut baik itu anak-anak maupun orang dewasa adalah gusi bengkak. Gusi bengkak sendiri merupakan kondisi di mana gusi yang ada di dalam mulut membesar dan tidak sesuai dengan ukuran normalnya.

Mungkin jika di lihat sekilas hal ini terlihat wajar namun yang harus Anda ketahui adalah gusi bengkak sangat berbahaya untuk kesehatan Anda. Bahkan hanya gusi saja yang bengkak namun bagian tubuh lain bisa terkena imbasnya apalagi jika Anda tidak segera mengobati gusi bengkak tersebut. Adapun bahaya dari gusi bengkak yang harus Anda waspadai adalah sebagai berikut ini.

1. Kesulitan makan

bahaya gusi bengkak menyebabkan kesulitan makan
image via hellosehat.com

Bahaya pertama dari masalah gusi yang membengkak adalah Anda menjadi kesulitan makan. Ini di sebabkan oleh ukuran gusi yang mengembang dan tidak seperti semula. Bayangkan jika gusi membengkak dan membuat bentuk gusi sangat besar maka tidak hanya kesulitan makan saja bahkan Anda akan sangat sulit untuk menutup bibir.

Ataupun jika sedang berbicara maka Anda akan kesusahan sebab terganjal oleh gusi yang membengkak tadi. Jika makanan sudah masuk ke dalam mulut dan Anda ingin mengunyahnya maka akan sedikit kesulitan karena adanya gusi yang bengkak. Rasa tidak nyaman ketika Anda sedang makan dan berbicara akan Anda rasakan sejak gusi Anda membengkak.

2. Badan demam tinggi

bahaya gusi bengkak menyebabkan demam
image via alodokter.com

Meski yang mengalami bengkak hanya di bagian gusi namun penyakit ini bisa memicu terjadinya demam yang sangat tinggi di badan Anda. Gusi yang bengkak di sebabkan oleh bakteri yang ada di dalam mulut. Ketika bengkak pada gusi ini bocor ataupun pecah maka akan ada nanah dan darah yang keluar bersamaan dari gusi yang bengkak tadi.

Jika Anda tidak menyadari ada nanah dan darah yang keluar dari gusi Anda  maka Anda bisa mengalami demam tinggi. Ini di sebabkan bakteri yang ada pada gusi masuk ke tubuh melalui kerongkongan dan bakteri tersebut menyebar di dalam tubuh.

3. Gigi dan wajah membengkak

bahaya gusi bengkak menyebabkan gigi dan wajah membengkak
image via liputan6.com

Bengkak yang ada pada gusi bisa menyebar hingga gigi dan wajah Anda. Apalagi jika bengkak pada gusi ini sudah pada tahapan yang cukup serius maka tidak lama gigi Anda yang mengalami bengkak. Jika gigi sudah membengkak maka penyebaran bakteri dan mikrorgnaisme lain akan lebih mudah di bandingkan jika hanya gusi saja yang bengkak.

Bahkan jika gigi sudah terkontaminasi dan jadi bengkak maka lama kelamaan salah satu bagian wajah Anda juga mulai membengkak seperti di pipi. Kebengkakan ini selain di karenakan bakteri namun juga di sebabkan oleh ukuran gigi dan gusi yang lebih besar dari sebelumnya.

4. Saluran pencernaan terganggu

bahaya gusi bengkak menyebabkan pencernaan terganggu
image via hellosehat.com

Gusi bengkak bisa menjadi penanda bahwa tubuh tidak sedang dalam kondisi yang baik atau bisa juga di bilang sebagai tingkat metabolisme pada tubuh mengalami penurunan yang drastis. Karena jika sistem metabolisme Anda masih kuat maka gusi Anda tidak akan membengkak bahkan jika daya tahan tubuh cukup kuat maka virus tidak akan mudah menyebar ke area tubuh yang lainnya.

Jika gusi Anda membengkak dan Anda sedang makan maka makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda di sertai dengan bakteri. Apalagi jika gusi sudah bernanah maka sistem pencernaan Anda bisa terganggu sebab ada bakteri yang juga ikut masuk ke dalam tubuh.

5. Terganggunya kesehatan janin dan ibu hamil

bahaya gusi bengkak menyebabkan janin terganggu
image via hellosehat.com

Masalah kesehatan mulut juga sering timbul pada ibu hamil. Selain karena kesehatan mulut yang kurang terjaga biasanya gusi bengkak pada ibu hamil di sebabkan karena ada peningkatan hormon pada tubuh ibu hamil. Bahkan terkadang tidak hanya gusi saja yang mengalami kebengkakan tetapi gigi juga bisa membengkak karena hormon di setiap ibu hamil tentu lah berbeda.

Jika kondisi gigi dan gusi yang sudah membengkak ini tidak segera di atasi maka hal ini bisa berakibat buruk untuk janin dan kesehatan Anda. Bahkan kemungkinan paling buruk yang akan terjadi karena gusi dan gigi bengkak pada ibu hamil adalah janin lahir prematur hingga keguguran.

Penyebab Gusi Membengkak

Setiap penyakit yang terjadi atau menyerang seseorang tentu saja di sebabkan oleh berbagai macam hal. Sama halnya seperti gigi bengkak ini ada beberapa penyebab tersendiri yang memicu adanya bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan mengendap di sekitar area mulut utamanya di bagian gusi Anda.

Penyakit gusi bengkak termasuk ke dalam salah satu jenis penyakit yang tidak bisa di abaikan begitu saja karena ada banyak sekali bahaya yang akan timbul dari penyakit mulut satu ini. Beberapa penyebab gusi membengkak berikut ini haruslah benar-benar Anda perhatikan agar bisa lebih menghindarinya. Adapun penyebabnya adalah:

1. Timbulnya penyakit scurvy

penyebab gusi bengkak karena scurvy
image via dictio.id

Ada banyak sekali jenis vitamin yang terkandung beberapa jenis makanan dan vitamin ini sangat lah di butuhkan oleh tubuh. Salah satu jenis vitamin yang sangat di butuhkan tubuh adalah vitamin C. Dimana vitamin ini yang menjaga kesehatan beberapa organ tubuh. Jika Anda kekurangan vitamin C maka akibatnya Anda bisa terkena penyakit scurvy.

Penyakit scurvy ini yang memicu terjadinya beberapa penyakit  lain. Seperti anemia, tubuh terasa sangat lemah, bahkan penyebab gusi membengkak juga bisa di karenakan karena penyakit scurvy ini. Kondisi anemia terjadi karena vitamin C membantu penyerapan bahan baku pembentukan darah di usus. Vitamin C sangat dibutuhkan oleh berbagai organ tubuh, termasuk gigi dan mulut. Vitamin C utamanya bekerja sebagai antioksidan yang akan membuat bakteri sulit berkembang biak dan mulut pun terasa segar tanpa bau.

2. Menggunakan obat kumur dan pasta gigi yang ada kandungan alkohol

penyebab gusi bengkak karena alkohol
image via wartakota.tribunnews.com

Penyebab selanjutnya dari timbulnya masalah kesehatan pada mulut utamanya yang bisa menyebabkan gusi membengkak adalah Anda menggunakan pasta gigi dan obat kumur yang memiliki kandungan alkohol cukup tinggi.

Meskipun Anda bukan pengkonsumsi minuman berakohol namun menggunakan produk ini sama aja memicu terjadinya iritasi pada gusi. Sebab alkohol bisa merusak jaringan lembut yang ada di sekitar gusi hasilnya Anda akan sangat mudah terkena penyakit mulut seperti gigi bengkak hingga gusi Anda yang bengkak.

3. Penyakit gingivitis

penyebab gusi bengkak karena gingvitis
image via newyvory.ae

Pernahkah Anda mendengar tentang penyakit gingivitis? Penyakit gingivitis merupakan penyakit yang terjadi pada gusi. Penyakit ini terjadi oleh karena adanya iritasi di sekitar gusi Anda, dimana iritasi pada gusi tersebut bisa memicu adanya pendarahan di gusi hingga bisa menyebabkan gusi membengkak. Jika kondisi ini Anda biarkan maka bakteri bisa menyebar ke jaringan gigi. Hasilnya gigi Anda bisa lepas padahal tidak sedang goyang.

Penyebab utama dari munculnya penyakit gingivitis ini karena Anda kurang memperhatikan kebersihan mulut Anda. Akibatnya ada plak yang masih belum bersi dan jika plak sudah menumpuk maka munculah karang gigi yang parah. Karang gigi ini lah yang menyebabkan adanya penyakit gingivitis pada seseorang.

4. Kurangnya asupan nutrisi bagi tubuh

penyebab gusi bengkak karena kurang nutrisi
image via klikdokter.com

Tubuh manusia memiliki batas minimal dan maksimal berapa banyak nutrisi yang harus di konsumsi oleh tubuh. Ketika tubuh terlalu banyak mengkonsumsi nutrisi maka tidak akan baik untuk kesehatan tubuh Anda. Begitupun juga jika Anda tidak memenuhi asupan nutrisi untuk tubuh Anda maka Anda bisa terkena penyakit malnutrisi. Dampak pertama yang akan Anda rasakan jika terjadi malnutrisi adalah gusi mudah sekali terkena infeksi oleh kuman akibatnya gusi Anda bisa membengkak dengan sangat mudah.

Obat Alami Untuk Gusi Bengkak

Setiap penyakit tentu memiliki cara tersendiri untuk mengobatinya sama halnya dengan gusi yang bengkak. Bagi Anda yang mengalami gusi bengkak ada baiknya Anda lebih memilih untuk menggunakan obat yang terbuat dari bahan herbal atau alami daripada obat yang terbuat dari bahan kimia.

Sebab obat yang terbuat dari bahan alami bisa lebih menyehatkan untuk tubuh di bandingkan dengan obat kimia. Selain itu obat herbal tidak akan menyebabkan efek samping di kemudian hari sedangkan jika obat kimia bisa menyebabkan efek samping jika di konsumsi dalam jangka waktu yang lama. Adapun obata alami untuk mengobati gusi bengkak adalah sebagai berikut ini.

1. Berkumur dengan air kelapa

mengobati gusi bengkak dengan air kelapa
image via harnas.co

Sudah menjadi rahasia umum jika air kelapa memiliki banyak kandungan manfaat yang sangat berguna untuk tubuh. Bahkan air kepala muda bisa di gunakan untuk menyembuhkan orang yang sedang keracunan. Ini di karenakan di dalam air kelapa muda ada kandungan anti oksidan yang cukup tinggi sehingga racun yang masuk ke dalam tubuh bisa dengan mudah di netralkan dengan air kelapa muda.

Tidak hanya memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi namun di dalam air kelapa juga ada kandungan antiseptic. Dimana kandungan antiseptic ini lah yang bisa menyembuhkan gusi membengkak Anda. Kumur dengan air kelapa muda setiap hari setelah gosok giggi sebanyak dua hingga tiga kali tiap harinya. Maka gusi membengkak akan sembuh secara perlahan.

2. Berkumur dengan air hangat yang di campur dengan garam

mengobati gusi bengkak dengan air garam
image via manfaat.co.id

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang tidak hanya bisa melezatkan rasa makanan tetapi juga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit berbahaya. Salah satu kegunaan garam yang memiliki kandungan yodium adalah untuk mencegah terjadinya penyakit polio pada anak-anak. Karena hal ini lah mengapa banyak pakar kesehatan yang sangat menekankan orang tua menggunakan garam yang beryodium.

Selain bisa mencegah terjadinya polio yodium pada garam juga bisa menyembuhkan berbagai masalah kesehatan pada mulut. Anda cukup berkumur dengan air hangat yang di campur garam minimal dua kali setiap hari maka plak dan karang giri akan hilang dengan mudah. Selain itu gusi membengkak, bau mulut, dan gigi berlubang bisa sembuh dengan sendirinya.

3. Perasan jeruk nipis dengan air hangat

mengobati gusi bengkak dengan jeruk nipis
image via paulangusss.blogspot.com

Cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan gusi membengkak adalah dengan berkumur menggunakan jeruk nipis yang di campur dengan air hangat. Mungkin rasa air kumur ini memang cenderung sangat asam namun hal ini lah yang di cari.

Sebab kandungan asam yang cukup tinggi bisa membuat gusi bengkak mengempes dengan mudah. Namun jangan terlalu sering menggunakan kumuran perasan jeruk nipis ini karena bisa merusak enzim gigi sebab tingginya tingkat asam pada air perasan jeruk nipis.

4. Tumbukan bawang merah

mengobati gusi bengkak dengan tumbukan bawang merah
image via ngopy.com

Jika Anda termasuk orang yang sangat suka kegiatan memasak maka Anda sudah tidak asing lagi dengan bawang merah. Bumbu dapur satu ini memang biasa di gunakan oleh orang yang akan memasak berbagai macam jenis makanan. Sebab makanan tanpa bumbu rempah-rempah satu ini tentu rasanya kurang sedap.

Namun selain berperan sebagai bumbu dapur ternyata bawang merah bisa menyembuhkan gusi bengkak. Karena di dalam bawang merah terdapat kandungan antiseptic yang bisa membunuh kuman yang ada di dalam mulut. Caranya adalah dengan mengambil satu siung bawang merah lalu tumbuk hingga halus dan beri sedikit garam. Setelah halus maka tempelkan tumbukan bawang merah tadi ke bagian gusi yang sakit dan diamkan selama lima menit.

5. Berkumur dengan air perasan jeruk lemon dan air hangat

mengobati gusi bengkak dengan jeruk lemon
image via hello-pet.com

Anda juga bisa mencoba berkumur dengan air hangat yang di campur dengan perasan jeruk lemon untuk menyembuhkan gusi bengkak Anda. Karena di dalam lemon terdapat asam yang berfungsi sebagai alkali alami dimana alkali ini yng menetralkan pH di dalam mulut Anda. Ketika pH sudah seimbang maka kesehatan mulut bisa lebih terjaga.

Nah itu tadi beberapa obat alami untuk menyembuhkan gusi bengkak yang bisa Anda coba. Semoga lekas sembuh!

*direview oleh dr.  Adriani Sakina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 4 =