menyembuhkan kolesterol secara alami

Obat Kolesterol Alami Ini Bisa Anda Temukan Dengan Mudah

Lewat artikel kali ini Anda akan mengetahui berbagai macam obat kolesterol alami yang cukup mudah ditemukan disekitar kita. 

Menderita penyakit dalam tubuh tentu hal yang paling dihindari dalam hidup. Tapi, gaya hidup tak sehat yang sudah mendarah daging, bisa menyebabkan berbagai penyakit tumbuh dalam tubuh Anda. Apalagi jika sudah berumur 50 tahun keatas.

Contohnya apabila masa mudanya dihabiskan dengan gaya hidup tak sehat seperti tidak pernah berolahraga, konsumsi makanan berminyak, konsumsi lemak jenuh, konsumsi kolesterol tinggi dan sebagainya.

Saat Anda di usia muda pasti nikmat-nikmat saja mengkonsumsi makanan tak sehat. Tapi, akibatnya selalu dirasakan saat Anda memasuki usia 50 tahun keatas. Jadi, tak heran jika penduduk Indonesia memiliki angka harapan hidup yang rendah. Apalagi di usia 50 tahun ke atas. Gaya hidup yang tidak sehat menjadi masalah utama.

Tak heran, di usia 50 tahun sudah banyak orang yang terkena stroke, penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Mungkin Anda juga menjadi salah satu penderita penyakit kronis tersebut. Salah satu penyakit yang membahayakan bagi tubuh Anda yakni kolesterol tinggi.

Kolesterol dikenal sebagai salah satu penyakit yang dapat membahayakan keselamatan tubuh. Anggapan seperti itu biasa terdengar di semua kalangan masyarakat tanpa terkecuali. Padahal sebenarnya kolesterol juga berfungsi untuk keseimbangan pembentukan sel – sel tubuh. Tapi jika kadarnya terlalu tinggi, maka akan jadi bumerang untuk tubuh Anda sendiri.

Kolesterol dalam tubuh terdiri dari 2 jenis yaitu kolesterol baik atau High Density Lippoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau Low Density Lippoprotein (LDL). Fakta yang menjelaskan bahwa kolesterol mendatangkan penyakit berbahaya ialah disebabkan tingginya kadar kolesterol jahat ( low density lippoprotein ) dibandingkan kadar kolesterol baik ( high density lippoprotein ). Besar kadungan kolesterol jahat dalam tubuh menyebebakan penyempitan aliran darah yang disebabkan tumbuhnya plak – plak pada dinding pembuluh darah.

Kondisi kolesterol semacam itu menimbulkan beberapa penyakit yang bisa membahayakan tubuh Anda seperti stroke, serangan jantung, hipertensi dan diabetes. Menanggulangi penyakit tersebut ada dua cara pengobatan. Pertama, caranya dengan obat – obatan herbal / alami dan kedua mengunakan obat – obatan kimia generik atau paten sesuai anjuran dari dokter. Kedua cara tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Bahaya Obat Kimia

obat efektif kolesterol
image via pexels.com

Semua jenis obat yang mengandung bahan kimia tentu akan memberikan efek samping setelah dikonsumsi. Efek samping yang diberikan tersebut merupakan bukti dari obat sedang bekerja. Gejala yang dirasakan tubuh bermacam – macam tergantung dari jenis dan level obat yang Anda konsumsi. Biasanya efek samping dari obat akan hilang setelah tubuh menyesuaikan diri. Karena tubuh Anda belum tentu cocok dengan obat-obatan kimia yang dikonsumsi. Sehingga tetap saja membutuhkan adaptasi.

Secara khusus efek samping juga terjadi dengan orang yang mengkonsumsi obat – obatan untuk penyakit yang bersumber dari kolesterol tinggi. Seperti obat dari golongan statin, asam fibrat maupun niacin. Obat ini sering menjadi resep wajib dokter untuk pasien kolesterol tinggi. Di balik efiesiensi kerja obat dalam penyembuhan, terdapat efek samping yang menyerang tubuh setelah dikonsumsi. Efek samping yang mungkin Anda rasakan bisa bermacam – macam dari level rendah sampai tinggi.

Pertama, di level terendah dari konsumsi obat kimia akan merasakan peradangan otot seperti kram, kaku, nyeri. Bagi Anda yang menderita kolesterol, biasanya merasakan peradangan otot seperti itu. Selain itu, juga merasakan sakit kepala, gangguan tidur, membuat pikiran tidak fokus, nafsu makan berkurang dan gangguan pencernaan. Saat Anda mengonsumsi obat kimia ini, biasanya Anda akan merasakan beberapa gejala seperti yang sudah disebutkan.

Kedua, level tertinggi efek samping dari obat kimia untuk kolesterol tinggi ialah gangguan pada ginjal. Anda yang menderita kolesterol mungkin sering merasakan gangguan saat mengeluarkan urin. Inilah salah satu efek samping obat kolesterol. Tak hanya pada ginjal, level tertinggi dari efek samping penggunaan obat kolosterol kimia adalah gangguan pada hati. Tentu Anda sangat mengetahui bahwa hati merupakan salah satu organ penting untuk menetralisir racun pada tubuh. Jika fungsi hati mengalami kerusakan, maka metabolisme tubuh pasti akan menurun. Gangguan pada hati juga bisa menyebakan kulit menjadi kering dan cairan urine berwana gelap.

Bagi Anda pengidap kolesterol tinggi maka sangat tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi obat – obatan dengan bahan kimia tanpa resep yang diinstruksikan oleh dokter atau para medis. Namun jika Anda takut untuk menerima efek samping dari obat kimia, Anda tidak perlu khawatir. Masih ada cara pengobatan alternatif yang lebih aman yaitu dengan obat – obatan alami.

Obat Kolesterol Dari Bahan Alami

Obat alami adalah alternatif untuk pengidap kolesterol agar terhindar dari efek samping obat – obatan kimia. Obat alami tentu mudah ditemukan. Bahkan Anda bisa konsumsi secara langsung tanpa harus diolah. Tapi, Anda juga bisa mengkonsumsi bahan alami yang perlu pengolahan. Seperti buah yang dijadikan jus dan lainnya.

Keuntungan obat alami ialah tidak memberikan efek samping pada tubuh Anda. Selain itu, harga untuk mendapatkan obat tersebut cenderung murah meriah. Obat alami bersumber dari buah, sayuran dan gaya hidup sehat yang bisa Anda praktikan sehari-hari. Manfaat bahan tersebut untuk kesehatan tubuh terutama untuk menurunkan kolesterol tinggi. Ditambah dengan pola hidup sehat yang Anda terapkan, maka kadar kolesterol akan lebih mudah untuk menurun. Tapi, hasilnya tidak instan. Sehingga harus dengan proses yang panjang dan bertahap. Berikut adalah obat alami yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi :

1. Minum air jeruk nipis

menurunkan kolesterol dengan jeruk nipis
image via pexels.com

Jeruk nipis mengandung flavonoid. Flavonoid ini bernama hesperidin. Fungsi flavonoid untuk melindungi tubuh dari radikal bebas karena bertindak sebagai anti oksidan. Proses tersebut akan berguna untuk mengaktifikan kembali sel – sel yang rusak di dalam tubuh. Senyawa flavonoid sangat ampuh untuk menghambat LDL atau kolesterol jahat yang ada di tubuh Anda.

Cara pengobatannya sangat mudah, Anda cukup mencampurkan jeruk nipis yang sudah dipotong kecil-kecil dengan air panas. Lalu diamkan 30 menit, kemudian diminum pagi hari dan malam hari sebelum tidur.
.

2. Kulit manggis

kulit manggis obat kolesterol
image via manfaat.id

Buah manggis sangat kaya manfaat. Tidak hanya daging buahnya mengandung banyak zat yang baik untuk tubuh Anda. Namun kulit manggis juga memilik khasiat yang sama. Kandungan yang ada di kulit manggis antara lain xanthone yang merupakan bahan akitif zat anti kanker dan anti oksida.

Kandungan tersebut sangat efektif untuk meringankan kolesterol tinggi di dalam tubuh. Sifat reaksi dari kandungan kulit manggis tersebut akan menetralisir racun di bagian usus dan darah pada tubuh Anda. Cara pembuatannya sangat mudah. Potong bagian kulit buah manggis, kemudian blender kulit manggis yang dicampur dengan air. Jus kulit manggis siap untuk dikonsumsi.

3. Bekatul

menurunkan kolesterol alami
image via idntimes.com

Bekatul adalah sisa dari penggilingan padi. Pasti Anda banyak yang merasa asing dengan nama “bekatul”. Bekatul sebenarnya adalah kulit padi yang terlepas saat proses penggilingan. Bagi sebagian banyak orang tidak mengetahui manfaat kegunanaannya. Khasiat bekatul adalah untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh. Sebabnya ialah bekatul mengandung unsur tokotrienol. Tokotreinol berfungsi menghambat penimbunan kolesterol dan lemak pada tubuh.

Selain itu, berguna untuk melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan bekatul merupakan pengikat alamiah asam empedu. Cara mengkonsumsi bekatul pertama harus direbus terlebih dahulu sekitar 30 menit. Lalu bekatul dikeringkan terlebih dahulu. Kemudian, bekatul siap untuk dikonsumsi.

4. Brokoli

sayuran menurunkan kolesterol
image via pexels.com

Brokoli merupakan sayuran yang kaya serat. Biasanya brokoli banyak ditemukan dalam menu orang-orang yang sedang melakukan diet sehat. Serat yang tinggi berfungsi untuk menghilangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Brokoli membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Ada zat serat pektin di brokoli yang mampu mengikat asam empedu. Hal ini bisa menyebabkan kolesterol yang dilepaskan ke darah lebih sedikit. Sehingga kadar kolesterol dapat menurun. Dalam mengkonsumsi brokoli sebaiknya diolah dengan baik. Anda bisa meresbusnya. Hindari pengunaan minyak goreng bagi Anda yang menderita kolesterol ya!

5. Bawang Merah

bawang merah untuk kolesterol
image via pexels.com

Mengkonsumsi bawang merah mentah juga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh Anda. Kesehatan yang baik akan terjamin jika Anda memakan bawang merah dengan tidak menambahkan campuran minyak atau menjadi bumbu masakan. Apabila Anda tidak menyukai bawang merah secara mentah, Anda juga bisa mencampurnya dengan teh dan madu untuk mengurangi rasa dan bau khas dari bawang merah.

6. Cuka sari apel

kolesterol sembuh berkat cuka sari apel
image via mediskus.com

Cuka sari apel sangat kaya manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Cuka sari apel ini sangat berkhasiat untuk menurunkan kolesterol tinggi. Zat pektin yang ada pada cuka sari apel ternyata sangat ampuh untuk mengurangi LDL atau kolesterol jahat pada tubuh Anda. Cara mengkonsumsi cuka sari apel adalah dengan mencampurkan satu sendok cuka cari apel ke air hangat, lalu di minum selagi hangat. Cuka sari apel juga dapat menyembuhkan penyakit asam urat dan hipertensi. Sebaiknya Anda konsumsi cuka sari apel secara rutin dalam waktu 40 hari.

7. Jus buah ( anggur, jeruk, jambu merah )

jus buah untuk menurunkan kolesterol
image via pexels.com

Olahan buah – buahan adalah obat paling enak untuk dikonsumsi. Rasanya enak, menyegarkan dan kaya akan vitamin. Nah, apabila Anda ingin mengurangi kolesterol dengan jus buah, Anda bisa mengkonsumsi jus dari buah jeruk, anggur dan jambu merah.

Anggur merupakan buah yang mengandung piceatanmol dan resveratrol. Serta terdapat fitonutrien di dalam anggur yang berfungsi sebagai anti mikroba. Sedangkan jeruk kaya akan vitamin C, folat dan flavonoid. Dengan meminum jus jeruk 750 ml per hari akan mengurangi kadar LDL dan Trigiserida pada tubuh Anda. Sehingga kolesterol jahat juga bisa menurun kadarnya. Selanjutnya jambu merah mengandung anti-oksidan, fitonutrein, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6 dan kalium. Zat yang terkandung dalam jambu merah bermanfaat seperti buah anggur dan jeruk yang bisa digunakan secara alami untuk menurunkan kolesterol tinggi.

8. Oatmeal

sarapan oatmeal bebas kolesterol
image via pexels.com

Oatmeal adalah makanan identik yang khusus pengidap kolesterol tinggi. Memakan oatmeal semangkuk setiap hari akan lebih cepat mengatasi kolesterol jahat dalam tubuh. Hal itu disebabkan karena kandungan oatmeal terbuat dari serat gandum yang tentunya berkolesterol rendah. Apabila Anda ingin mengkonsumsi oatmeal juga bisa dicampur dengan potongan buah atau kacang – kacangan agar rasanya semakin nikmat. Bahkan Anda juga bisa membuat variasi dengan mengolah oatmeal menjadi pancake oats.

9. Teh hitam

teh hitam menurunkan kolesterol
image via pexels.com

Minuman khas dari negeri sakura ini sangat kaya akan manfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh Anda. Meminum teh hitam tentunya sangat berguna untuk menghilangkan kolesterol di dalam tubuh. Tentunya sangat dianjurkan meminum teh hitam bagi pengidap penyakit yang bersumber dari kolesterol tinggi. Anda bisa mengkonsumsi teh hitam di pagi hari dan sore hari.

10. Coklat bubuk

coklat bisa menurunkan kolesterol
image via pexels.com

Coklat bubuk adalah varian coklat yang paling sehat. Coklat bubuk mengandung anti oksida yang besar. Kandungan tersebut sangat berguna untuk menetralisir racun dalam usus dan darah di tubuh Anda. Manfaat dari coklat bubuk adalah untuk mencegah serangan jantung dan hipertensi. Coklat bubuk dapat dinikmati dengan cara dicampur dengan air hangat. Agar menjaga khasiat coklat jangan dicampurkan dengan susu atau di tambah gula. Kedua bahan tersebut mengandung unsur yag bertentangan dengan zat baik dalam coklat. Alhasil akan mengurangi manfaat coklat jika dikonsumsi oleh Anda yang menderita kolesterol tinggi.

11. Minyak ikan salmon

menurunkan kolesterol dengan minyak ikan salmon
image via pexels.com

Minyak ikan salmon terkenal dengan kandungan omega 3 yang dapat mengurangi kolesterol tinggi. Produk ini biasanya telah berbentuk tablet suplemen agar mudah untuk dikonsumsi. Namun untuk mencegah adanya campuran bahan kimia dari suplemen minyak ikan salmon, sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu sebelum membeli ataupun mengkonsumsinya. Tapi, minyak ikan salmon ini memang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh Anda.

12. Olahraga

olahraga untuk menurunkan kolesterol
image via pexels.com

Olahraga adalah solusi yang paling jitu untuk mengurangi kadar lemak dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Olahraga yang berfungsi untuk membakar lemak dalam tubuh. Hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat pada hati. Selain itu, olahraga juga dapat melancarkan peredaran darah agar tidak ada penyempitan terhadap pembuluh darah.

Sebaiknya, Anda melakukan olaharaga selama 60 menit per hari. Salah satu contoh olahraga yang baik untuk pengidap kolesterol adalah lari atau jogging. Hal tersebut adalah bagian dari olahraga ringan dan mudah dilakukan.

Jadi, menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting. Gaya hidup tak sehat bisa membawa tubuh Anda terkena berbagai penyakit yang menyeramkan. Salah satunya kolesterol tinggi yang bisa memacu penyakit jantung dan stroke. Tapi, apabila Anda sudah terlanjur mengidap kolesterol tinggi, baiknya mulailah gaya hidup sehat sejak saat ini. Jangan konsumsi makanan yang mengandung banyak kolesterol. Anda juga bisa mengkonsumsi obat-obatan alami yang sangat mudah ditemukan, diolah bahkan mudah dilakukan seperti olahraga. Mulai sekarang, Mari Hidup Budayakan Hidup Sehat!

*direview oleh dr.  Adriani Sakina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 3 =