serba-serbi kolesterol

Seputar Penyakit Kolesterol

Penyakit kolesterol – Hidup sehat tanpa penyakit tentu menjadi dambaan semua orang. Tapi, sayangnya tidak semua orang bisa menjaga kesehatannya dengan baik. Gaya hidup yang tidak sehat seperti konsumsi makanan berlemak jenuh dan kurang olahraga justru menjadi lifestyle mereka. Akibatnya, berbagai penyakit berdatangan. Mulai dari penyakit yang paling ringan sampai penyakit paling berat.

Tidak ada yang ingin hidup berdampingan dengan penyakit. Namun, gaya hidup tidak sehat yang dilakukan sejak usia muda bisa menjadi bahaya saat memasuki usia tua. Tak heran, di usia 50 tahun keatas banyak orang yang sudah terkena penyakit stroke dan jantung. Mungkin Anda termasuk salah satunya.

Penyakit stroke dan jantung kerap menjadi penyakit yang ditakuti saat menginjak usia 50 tahun ke atas. Bahkan di usia 40 tahun saja sudah ada yang menderita penyakit tersebut. Jika Anda ingin tahu penyebab penyakit ini adalah kadar kolesterol yang terlalu tinggi pada tubuh Anda.

Jika Anda gemar mengkonsumsi makanan bersantan, makanan berlemak serta makanan yang digoreng pasti kadar kolesterol jahat di tubuh meningkat. Inilah penyebab utama hadirnya penyakit jantung dan stroke pada usia 40 dan 50 tahun ke atas.
Kolesterol adalah zat yang ada di dalam tubuh manusia. Zat ini merupakan sejenis lemak ( Lipid ) yang menyerupai seperti lilin. Kolesterol di produksi oleh organ hati manusia yang diperlukan untuk pembentukan sel – sel baru, hormon dan vitamin D dalam proses metabolisme pada tubuh. Sebagian besar kolesterol yang ada di tubuh Anda dihasilkan dari makanan yang di konsumsi setiap harinya. Maka, tak heran jika banyaknya kadar kolesterol dalam tubuh tergantung dari jenis makanan yang Anda konsumsi sehari-harinya.

Perlu Anda ketahui, kolesterol dalam prosesnya diikat oleh protein untuk diangkut dan disebarkan ke seluruh tubuh melalui peredaran darah yang disebut Lippoprotein. Proses tersebut di bagi menjadi dua yaitu Low-density lippoproteins ( LDL) dan High-density Lippoproteins ( HDL). Kolesterol jenis LDL secara umum di sebut kolesterol jahat, sedangkan kolesterol HDL disebut sebagai kolesterol baik. Jadi, jika Anda banyak mengkonsumsi makanan berlemak, bersantan dan goreng-gorengan pasti kadar LDL dalam tubuh justru meningkat. Akibatnya resiko terkena penyakit jantung juga meningkat.

Low density lippoproteins ( LDL) dapat menyebabkan pembuluh darah arteri tersumbat jika kondisi kolesterol tersebut mencapai penumpukan yang tinggi. Maka, hal ini akan menyebabkan tubuh terjangkit penyakit kronis seperti stroke dan jantung. Kemudian, HDL adalah kolesterol baik yang berfungsi untuk mencegah tubuh terkena penyakit kronis. Apabila jumlah HDL pada tubuh Anda lebih tinggi daripada LDL, maka Anda bisa terhindar dari penyakit stroke dan jantung.

Penyebab Kolesterol

1. Faktor Genetik

penyebab kolesterol karena genetik
image via pexels.com

Siapa sangka keturunan juga merupakan faktor yang tergolong menyebabkan kolesterol tinggi pada tubuh. Meski Anda menjaga tubuh tetap sehat, tapi jika ada keturunan kolesterol tinggi, maka kemungkinan Anda juga bisa mengalaminya. Bila ada salah satu anggota yang memiliki riwayat penyakit kronis yang disebabkan oleh kolesterol tinggi tentu akan berdampak pada keturunan selanjutnya. Hal tersebut ialah hasil dari proses genetika yang nantinya akan mempengaruhi metabolisme tubuh terhadap kolesterol. Maka kolesterol tinggi ini tidak akan tebang pilih menjangkit kondisi fisik tubuh meski ia orang kurus sekalipun. Jadi, sebaiknya Anda cek riwayat penyakit orang tua apakah memiliki kolesterol tinggi atau tidak.

2. Konsumsi Makanan

junk food mengandung kolesterol tinggi
image via pexels.com

Makanan adalah faktor yang paling sering menjadi penyebab kadar kolesterol meningkat. Kebiasaan memakanan segala jenis makanan tanpa memperhatikan kesehatan merupakan kebiasaan yang buruk. Tak heran, gaya hidup tidak sehat bisa menjadi bumerang untuk tubuh Anda sendiri. Makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans adalah cikal bakal tingginya LDL dalam tubuh Anda. Misalnya gorengan pinggir jalan, kuning telur, es krim, daging merah, ayam goreng, kentang goreng, fast food, frozen food, olahan hati hewan, santan dan segala jenis makanan yang proses dengan cara di goreng, di bakar atapun di asap.

3. Obesitas

diet menurunkan kolesterol
image via pexels.com

Bagi Anda yang memiliki berat badan overweight sebaiknya mulailah berhati-hati dalam konsumsi makanan. Jauh lebih baik jika Anda melakukan diet sehat. Karena tubuh yang berbobot lebih akan rentan terkena penyakit kolesterol tinggi. Akibatnya, peredaran darah dalam tubuh Anda bisa terhambat dan memicu hadirnya penyakit jantung lho!

4. Jarang Olahraga

olahraga menurunkan kolesterol
image via pexels.com

Jangan sekali-kali meremehkan olahraga! Apabila Anda jarang berolahraga, maka resiko kolesterol tinggi justru semakin besar! Aktivitas yang monoton bahkan menjalankan aktivitas yang tidak mengaktifkan semua fungsi tubuh akan menyebabkan meningkatnya LDL. Hal itu dipacu lantaran kondisi tubuh jarang bergerak yang menyebabkan sistem saraf pada tubuh Anda akan kaku, regenerasi sel mandek dan lambatnya protein menjadi energi. Kondisi semacam itu akan membuat tubuh Anda mudah terserang penyakit. Mulai dari penyakit yang paling ringan hingga yang berat.

5. Usia Senja

kolesterol di usia lanjut
image via pexels.com

Faktor bertambah usia akan menyebakan kerapuhan pada tubuh manusia. Meski ini sudah menjadi hal kodrati, tapi jika semasa muda Anda menjalani hidup sehat, maka resiko terkena berbagai penyakit di usia senja. Jika gaya hidup tak sehat sejak muda sudah dilakukan, keterbatasan fisik dari bertambahnya usia akan membuat sistem peredaran darah perlahan menyempit. Hal ini disebabkan oleh rendahnya aktivitas. Usia senja yang biasa terjangkit kolesterol tinggi kisaran umur 55 – 70 ke atas. Jadi, sebelum memasuki usia ini baiknya ubahlah gaya hidup Anda ya!

6. Gaya hidup

gaya hidup pemicu penyakit kolesterol
image via pexels.com

Gaya hidup yang sembarangan tidak memperdulikan kesehatan jelas lebih mudah menyebebkan kolesterol yang tinggi pada tubuh Anda. Apalagi gaya hidup yang sering mengkonsumsi segala macam racun yang berbahaya dan terkandung pada rokok dan minuman beralkohol. Dalam rokok mengandung zat kimia seperti nikotin, arkrolein. Zat tersebut akan menyebabkan pemberhentian HDL atau kolesterol baik dan mengangkat lemak menuju hati untuk dibuang. Sedangkan minuman beralkhol dapat meningkatkan trigliserida pada darah. Apalagi jika Anda gemar mengkonsumsi makanan tak sehat seperti frozen food, fast food, makanan yang digoreng dan sebagainya. Sudah pasti kolesterol tinggi sudah ada di depan mata Anda.

Gejala Kolesterol Tinggi

Agar Anda bisa was-was dalam menjalani hidup, sebaiknya mulailah identifikasi kesehatan Anda sejak dini. Apalagi yang berkaitan dengan kadar kolesterol. Karena penyakit kolesterol ini hampir mirip dengan kanker. Menyerang tubuh saat keadaannya sudah kronis. Jadi, sebaiknya sebelum memasuki tahap kronis, Anda bisa rutin memperhatikan kondisi tubuh Anda. Berikut gejala kolesterol tinggi yang mungkin tidak Anda sadari sebenarnya sudah merasakannya sejak lama :

1. Kesemutan

kaki kesemutan ciri-ciri terkena kolesterol
image via pexels.com

Hampir tiap orang jika duduk kelamaan pasti sering merasa kesemutan. Hal ini disebabkan oleh peredaran darah yang tidak lancar ke seluruh tubuh. Biasanya gejala yang Anda alami adalah cekat – cekit seperti digigit semut. Bagi Anda yang sering mengalami kesemutan dianjurkan untuk segera memeriksakan diri karena tubuh anda berpotensi mengindap kolesterol tinggi lho.

2. Mual dan muntah tanpa sebab

mual dan muntah karena kolesterol tinggi
image via pexels.com

Tak hanya orang hamil saja yang bisa mual dan muntah tanpa sebab yang jelas. Biasanya mual dan muntah terjadi karena gangguan saluran pencernaan. Kolesterol tinggi pada tubuh Anda yang mengakibatkan hal tersebut. 

3. Hilangnya keseimbangan tubuh

kolesterol memicu sulit berdiri
image via pexels.com

Gejala demikian adalah sebab dari sumber protein dari makanan yang di konsumsi mengalami kerusakan. Sehingga, tubuh Anda kekurangan energi dan daya tahan.

Salah satu gejala dari kolestrol tinggi menunjukan kondisi tubuh yang tidak stabil dalam posisi apapun terutama berdiri. Tidak hanya orang darah rendah saja lho yang mengalami ini. Kehilangan keseimbangan tubuh bermula dari kondisi masa otot yang kekurangan energi akibat kolesterol jahat dan trigilserida yang tinggi pada tubuh Anda.

4. Nyeri di leher dan pinggang

nyeri karena kolesterol
image via pexels.com

Gejala ini juga paling sering dialami oleh semua orang. Biasanya orang mengetahui akibat dari badan yang terlalu banyak beraktivtas dan akhirnya merasa kelelahan. Padahal selain itu, kondisi ini adalah akibat dari kolestrol yang tinggi di dalam tubuh Anda. Sehingga tekanan darah semakin tinggi secara bersamaan.

5. Sakit kaki dan lengan

pijat menyembuhkan kolesterol
image via pexels.com

Selain leher dan pinggang, gejala kolestrol tinggi terjadi di seputaran kaki dan lengan. Sakit kaki dan lengan biasanya terasa mengilu dan tegang. Ketika terkena gejala sakit di seputaran tubuh dianjurkan segera memeriksa ke dokter ya! Jangan sampai sakit yang Anda alami jadi berlarut-larut.

6. Emosi tidak stabil atau kacau

kolesterol tinggi memicu emosi
image via pexels.com

Emosi tak stabil buka hanya gejala dari PMS saja lho. Ternyata ini juga menjadi salah satu gejala kolesterol tinggi yang mengakibatkan perubahan emosi seperti mudah marah dan mood berubah sewaktu –waktu.

7. Sakit kepala yang terlalu sering

sakit kepala karena kolesterol tinggi
image via pexels.com

Jangan sekali-kali meremehkan sakit kepala yang Anda alami! Apalagi jika Anda terlalu sering mengalami sakit kepala. Baiknya segera periksa ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Karena sakit kepala yang terlalu sering juga merupakan salah satu gejala kadar kolesterol tinggi pada tubuh Anda lho.

8. Otot kaki mudah letih

mudah lelah karena kolesterol
image via pexels.com

Otot kaki menjadi lemah, serta kaki cepat lelah untuk menjadi tumpuan ialah gejala kolesterol tinggi. Fakta ini menunjukan peredaran darah yang tidak lancar dan energi dalam tubuh lambat beregenerasi. Apabila Anda mengalami kondisi ini, baiknya segera periksa ke dokter ya!

10. Sesak nafas

sesak napas gejala kolesterol
image via pexels.com

Kebanyakan orang mengetahui kalau sesak nafas identik dengan penyakit asma. Tetapi perlu diwaspadai hal itu juga merupakan ciri dari kolesterol yang tinggi pada tubuh Anda. Akibatnya pernafasan yang sulit karena adanya fungsi organ yang sulit menetralisir racun. Jadi, jika Anda mengalami sesak nafas, pastikan segera periksa ke dokter dan tanyakan penyebabnya. Apakah karena asma atau kolesterol tinggi.

10. Nyeri dada

sakit jantung karena kolesterol
image via pexels.com

Nyeri pada dada adalah gejala paling umum yang diakibatkan oleh kadar kolestrol tinggi. Nyeri dada menunjukan kondisi jantung yang kekurangan sel – sel untuk memompa dari ke seluruh tubuh. Jadi, jika Anda mengalami nyeri dada, sebaiknya periksakan ke dokter agar segera mengetahui penyebabnya ya!

Makanan Yang Dilarang Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

junk food tidak baik bagi tubuh
image via pexels.com

Bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi harus memiliki kepekaan untuk menjaga kesehatan tubuh. Apalagi tinggi kolesterol dapat berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Prinsipnya Anda harus mampu selektif dengan jenis makanan setiap harinya. Karena kolesterol tinggi rawan terjadi akibat dari pola makan yang salah. Untuk menambah pengetahuan Anda berikut makanan yang dilarang untuk penderita kolesterol tinggi :

1. Hati

Bagi Anda yang gemar memakan “jeroan” termasuk hati hewan sebaiknya mulai saat ini stop konsumsi makanan tersebut. Hewan mengandung tingkat kolesterol yang tinggi di organ dalamnya. Hal ini merupakan tempat pemyimpan kolesterol dalam tubuh. Terutama organ hewan yang dapat membahayakan untuk dikonsumsi adalah hati. Kandungan purin yang tinggi bisa menyebabkan asam urat pada tubuh Anda lho. Selain itu, asam urat dapat memicu komplikasi kolesterol yang tinggi. Hati juga mengandung lemak tinggi meskipun telah diolah dengan cara apapun. Maka tidak ada anjuran untuk memakan hati hewan, jika Anda ingin terhindar dari penyakit kolesterol tinggi.

2. Mentega

Siapa yang tak suka dengan mentega. Bahan makanan yang sering dijumpai di roti, pancake dan popcorn. Tapi, jika Anda ingin terbebas kolesterol tinggi sebaiknya hindari makanan itu mulai sekarang. Mentega sangat dianjurkan untuk tidak dikonsumsi oleh pengidap kolesterol tinggi. Meskipun menjadi pelengkap agar makanan lebih nikmat ternyata kandungan lemak di mentega juga menyebabkan kolesterol tinggi yang membahayakan kesehatan tubuh Anda lho.

3. Margarin

Mungkin kebanyak orang masih bingung perbedaan margarin dan mentega, tetapi sebagian orang yang paham kesehatan tentu akan memilih margarin untuk pengganti mentega. Namun sangat disayangkan bahwa margarin bukanlah alternatif. Kandungan margarin tidak jauh berbeda dengan mentega meskipun margarin terbuat dari minyak nabati. Bahkan kandungan lemak margarin lebih tinggi. Hal ini tentu akan memicu kolesterol yang tinggi pula pada tubuh Anda.

4. Minyak Ikan

Informasi beredar menyatakan minyak ikan baik untuk kesehatan jantung. Namun buktinya kandungan kolesterol dalam minyak ikan mencapai 143 mg per 100 gram nya. Jika Anda menyimpan kolesterol tinggi dalam tubuh maka sebaiknya tidak untuk mengkonsumsi minyak ikan ya!

5. Ikan Bawal

Beberapa jenis ikan juga mengandung unsur yang menyebabkan kolesterol tinggi. Salah satunya adalah ikan bawal. Ikan yang terkenal dengan kelezatan dagingnya, ternyata menyimpan lemak yang cukup besar lho. Apalagi diolah dengan cara digoreng ataupun dibakar. Hal tersebut menjadikan ikan bawal masuk dalam kategori makan yang dilarang untuk pengidap kolesterol.

6. Hamburger

Hamburger adalah makanan khas dari negara Eropa. Pertama, makanan jenis ini dikenalkan di era revolusi industri di Inggris. Makanan ini dibuat bertujuan untuk pasokan makan pekerja pabrik. Oleh sebab itu di pilih roti dan olahan daging agar cepat saji. Namun kandungan dari makanan ini minim dari serat – serat yang baik untuk tubuh Anda. Makanan model fast food seperti hamburger ini justru menjadi malapetaka untuk pengidap kolesterol tinggi. Kandungan kolesterol bisa mencapai 75 mg – 175 mg dari mayonaise dan daging dalam hamburger. Jadi, mulai sekarang stop konsumsi makanan ini ya!

7. Kentang Goreng

Kentang goreng adalah makanan favorit semua kalangan. Apalagi yang hobi nongkrong di cafe pasti menu makanan ini tidak ketinggalan buat masuk dalam list pesanan. Mungkin harga yang terjangkau, rasa yang gurih dan bisa di makan rame – rame adalah penyebab utamanya. Namun, perlu disadari kentang goreng juga menyimpan zat yang tidak baik buat kesehatan tubuh Anda lho. Kandungan minyak nabati hidrogenasi yang tersedia membuat tubuh rusak karena minyak tersebut berubah menjadi padat jika dikonsumsi.

8. Kaviar

Makanan yang tergolong kelas atas yang berlebel mewah adalah makanan yang bahan bakunya dari telur ikan. Makanan ini hanya bisa dijumpai di restoran – restoran bintang lima. Sedangkan untuk kandungan kolesterol di makanan kaviar sangat tinggi. Kandungannya yaitu mencapai 588 mg per gram. Besarnya kandungan tersebut sangat membahayakan untuk pengidap penyakit yang bersumber dari kolesterol tinggi.

9. Otak sapi

Otak sapi adalah bagian dari “jeroan” karena merupakan organ dalam tubuh hewan. Otak sapi patut dijauhi oleh pegidap kolesterol tinggi. Kandungan kolesterol otak sapi tidaklah wajar yaitu mencapai 2300 mg. Kandungan tersebut menempati posisi paling tinggi. Namun yang perlu dihindari secara rutin adalah mengkonsumsi jeroan hewan. Sebabnya kadar kolesterolnya tidak jauh berbeda dengan otak sapi. Jadi, mulai sekarang sebaiknya Anda stop konsumsi “jeroan” hewan ya!

10. Belut

Belut terkenal dengan dagingnya yang gurih. Apalagi diolah dengan tambahan cabai. Namun, tingkat kolesterol yang terkandung dalam daging belut lumayan tinggi lho sekitar 185 mg per 100 gram. Hal itu disebabkan oleh lemak daging belut yang tinggi. Maka bagi penderita kolesterol sebaiknya dianjurkan untuk mengkonsumsi belut dengan intensitas yang jarang. Lebih baik malah tidak mengkonsumsinya.

11. Telur puyuh

Tidak jauh berbeda dengan otak sapi, telur puyuh memiliki kandungan kolesterol yang besar. Kolesterol ada di telur puyuh sekitar 3.640 mg. Bahkan kandungan tersebut lebih besar dari otak sapi. Jika Anda mengkonsumsi beberapa saja telur puyuh, pasti langsung menaikan secara pesat kadar kolesterol di tubuh.

12. Makaroni

Meskipun makaroni hanya sebatas makanan pelengkap serta sering dijadikan cemilan, tetapi makaroni terdapat lemak jenuh yang cukup tinggi. Memang makaroni hanya makan ringan, tetapi cukup membahayakan jika memakan dengan jumlah banyak. Apalagi jika dikonsumsi pengidap kolesterol tinggi.

13. Ayam goreng

Siapa yang suka dengan ayam goreng ? Baik tua maupun anak kecil tentu sangat menggemari makan ini. Makanan yang mudah untuk dimasak ini tentu sering menjadi menu makanan yang ada di rumah. Namun, siapa yang menyangka bahwa ayam goreng juga banyak mengandung lemak jahat yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Tingkat kolesterol di ayamg goreng cukup besar. Hal ini disebabkan oleh cara memasakanya dengan minyak yang berpadu dengan daging ayam yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

14. Es krim

Es krim adalah makan favorit semua kalangan. Es krim biasanya dijadikan makanan pencuci mulut dan cemilan belaka. Es skrim terdiri dari banyak varian rasa misalnya strawberry, coklat, vanila, green tea, oreo bahkan tiramisu. Rasa yang enak dan disajikan dengan dingin menjadikan es krim tidak kehabisan penggemarnya. Tetapi dibalik itu semua es krim juga menyimpan banyak kandungan yang menyebabkan kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh bahan utama pembuatan es krim tersebut.

15. Kuning telur

Telur adalah makanan yang paling cocok disandingkan dengan makanan apapun. Tidak hanya sebagai menu pelengkap tetapi telur adalah makanan pokok yang sering hadir di meja makan. Akan tetapi bagian kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Sebaiknya jika Anda penikmat telur namun takut terkena gangguan kolesterol, Anda cukup memakan bagian putih telurnya saja.

16. Daging kambing / sapi

Daging memilik kandungan lemak yang tinggi. Jenis daging dengan kadar kolesterol tinggi adalah kambing dan sapi. Kandungan di dalam daging dapat mencapai 2000 mg dan tidak baik untuk penderita kolesterol. Apalagi dengan olahan dibakar dan digoreng menggunakan minyak akan lebih tidak baik untuk kesehatan.

17. Seafood ( kerang, udang, cumi – cumi, kepiting dan lobster )

Makanan laut mempunyai keistimewaan sendiri dari segi rasa. Makanan laut biasanya identik dapat menyebabkan penyakit alergi, seperti gatal – gatal pada kulit. Selain itu, ternyata kandung kolesterol makan laut seperti kerang, udang, cumi – cumi, kepiting dan lobster juga mengandung lemak jenuh yang dapat menyebebakan penyakit akibat dari kolesterol yang tinggi. Sebagai contoh kandungan kolesterol cumi – cumi 1.170 mg dan udang 125 mg per 100 gram.

18. Makanan bersantan

Santan adalah bahan campuran yang banyak digunakan masakan khas Indonesia. Maka tidak heran makan bersantan marak dijajakan di tempat makan. Penggemar makanan dengan campuran santan juga cukup banyak. Rasa yang dihasilkan dengan campuran santan ini menjadikan makanan lebih gurih. Tetapi makanan dengan campuran santan sangat membahayakan kesehatan tubuh. Karena kandungan lemak dari bahan santan terhadap makanan membuat kadar kolesterol semakin tinggi. Kadar kolesterol yang terkandung 2,5 kali lemak jenuh. Maka sangat dilarang untuk Anda yang punya historis penyakit kolesterol seperti jantung atau stroke.

Minuman Yang Dilarang Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

1. Susu Sapi

susu mengandung kolesterol tinggi
image via pexels.com

Susu sapi adalah salah satu minuman yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Anda juga pasti tahu kalau susu sapi mengandung kalsium yang tinggi baik untuk tulang. Namun perlu kita ketahui susu sapi juga mengandung kadar kolesterol yang cukup tinggi untuk sekelas minuman. Kadar kolesterol mencapai 250 mg per gram. Maka jika Anda penikmat susu sapi sebaiknya untuk tidak banyak meminum di setiap harinya agar terhindar dari kolesterol tinggi.

2. Kopi full cream

kopi mengandung kolesterol
image via pexels.com

Kopi terkenal sebagai obat untuk menunda kantuk. Sebagian orang mengenal kopi sebagai minuman yang identik untuk mempererat pertemanan. Kopi sering menjadi minuman pilihan di malam hari. Namun sangat disayangkan ternyata kopi juga dapat mempengaruhi tingginya kolesterol dalam tubuh. Jumlah kolesterol kopi mencapai 380 mg per gram diatas ambang batas kolesterol normal.

Penyakit Akibat Dari Kolesterol Tinggi

obat kolesterol
image via pexels.com

1. Jantung Koroner

Jantung koroner adalah penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. LDL yang tinggi akan melumpuhkan aliran darah pada tubuh Anda dan menghambat sel – sel baik untuk tubuh sehingga menyebabkan plak pada dinding darah. Plak tersebut membuat arteri menjadi sempit. Jika kolesterol semakin tinggi maka pembuluh darah secara total akan tersumbat. Penyumbatan tersebut awalnya hanya merasakan nyeri pada dada. Namun pada jangka panjang akan memicu terjadi serangan jantung yang berujung pada kematian lho.

2. Stroke

Plak yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah tidak hanya memicu serangan jantung. Tetapi juga berdampak kurangnya suplai darah ke otak. Maka oksigen dalam otak akan berkurang dan berujung kematian saraf. Kondisi ini akan berakibat buruk kepada kesehatan. Sehingga akibat dari kurang darah pada otak akan menyebabkan terjadinya penyakit stroke.

3. Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi ini berkaitan dengan kolesterol tinggi. Plak yang menyebabkan arteri menyempit membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Alhasil tekanan darah menjadi tidak normal dan semakin kencang atau tinggi.

4. Xanthomas

Ciri – ciri penyakit ini adanya benjolan kuning di bagian tubuh. Benjolan kuning tersebut disebabkan dari kadar kolesterol tinggi. Pada dasarnya penyakit ini sering menyerang orang tua atau lansia. Sebenarnya penyakit ini merupakan ciri dari gangguan kesehatan yang fatal.

5. Familial hypercholesterolemia (FH)

FH adalah penyakit genetik atau penyakit bawaan. Jadi jika ada anggota keluarga yang menjadi pengidap penyakit FH maka keturunannya akan mengidap penyakit FH yang lebih parah. Bahkan jangka waktu kehidupan untuk pengidap penyakit ini hanya bertahan 20 tahun. Penyakit ini disebabkan kadar kolesterol yang tidak bisa dikendalikan di dalam tubuh.

6. Gangguan sistem pencernaan

Gangguan sistem pencernaan yang bermasalah akibat dari kolesterol yang tinggi lantaran dari penyempitan dinding yang membuat aliaran darah tersumbat. Masalah ini akan merusak kesimbangan empedu dalam tubuh Anda lho.

7. Disfungsi Ereksi

Khusus untuk pria kolesterol juga menyebabkan penis terganggu. Saluran pembuangan kemih menjadi disfungsi. Permasalahan itu terjadi akibat kolesterol tinggi dalam tubuh yang menyebabkan penyempitan arteri dalam darah.

8. Diabetes tipe 2

Diabetes penyakit yang identik menyerang orang yang memiliki kondisi fisik gemuk. Penyebab dari diabetes yang diketahui akibat dari kadar gula yang tinggi. Namun bukan kadar gula yang tinggi saja melainkan juga kadar lemak dari kolesterol tinggi juga menjadi faktor terjadi penyakit diabetes.

Cara Penanggulangan Kolesterol Tinggi

buah baik untuk mengurangi kolesterol
image via pexels.com

1. Memperbaiki pola makan

Solusi untuk terhindar dari serangan kolesterol tinggi adalah memperbaiki pola makan. Pertama, waktu makan yang teratur agar kebutuhan asupan energi dalam tubuh terus diperbaruhi untuk regenerasi sel – sel baru. Kedua, memilih jenis makanan yang sehat yaitu makanan yang memiliki kadar kolesterol rendah. Bahkan sangat dianjurkan untuk lebih mengkonsumsi sayuran. Ketiga ialah menghindari jenis makanan yang mengandung minyak, santan dan susu berlemak tinggi.

2. Menurunkan berat badan

Berat badan berlebihan di luar batas proposional yang menyebabkan kegemukan adalah faktor dari kadar lemak yang tinggi. Badan yang gemuk akibat dari jarang berolahraga dan pola makan yang tidak selektif untuk kesehatan tubuh. Maka akan lebih baik agar tidak terserang penyakit kolesterol yang ganas, mulailah untuk menurunkan berat badan Anda. Tidak harus ideal tetapi proposional dengan tinggi dan berat badan.

3. Meluangkan waktu untuk Olahraga

Kesibukan yang menyita waktu seperti bekerja dan sekolah tentu akan membuat aktivitas tubuh cenderung monoton. Aktifitas yang membuat tubuh jarang bergerak menyebabkan saraf – saraf lemah dan otot loyo. Maka sangat disarankan jika Anda seorang pekerja untuk menyempatkan sekitar 30 menit perhari untuk berolahraga. Dengan teratur olahraga Anda dapat membakar lemak untuk memperkecil kadar kolesterol dalam tubuh serta melancarkan aliran darah pada tubuh Anda.

4. Berhenti merokok

Seperti tulisan yang berada di bungkus rokok “rokok dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke“. Sebabnya rokok juga menyumbang racun yang menyebabkan penyempitan aliran darah dan membuat kadar kolesterol baik menurun. Tetapi kadar kolesterol jahat meningkat. Oleh karena itu sudah sepantasnya untuk mulai berhenti dari kebiasaan menghisap rokok.

5. Hindari Stres

Pikiran yang menumpuk, bingung, tidak tenang hingga berujung stres juga menjadi faktor meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL) di tubuh. Sebaiknya jika kondisi semacam ini terjadi, Anda segera pergi ke psikiater untuk mendapat solusi agar dapat menghilangkan stress yang berkepanjangan. Selain itu altenatif untuk terhindari dari stres adalah Anda perbanyak kegiatan yang menyenangkan dengan orang lain. Seperti pergi rekreasi untuk liburan, berwisata alam untuk mencari udara segar dan jauh dari kebisingan. Atau Anda juga bisa perbanyak istirahat.

6. Mengkonsumsi buah dan sayuran

Salah satu faktor paling penting dalam menanggulangi kolesterol dalam tubuh adalah memperbanyak asupan makan secara alamiah seperti buah dan sayuran. Buah dan sayuran mengandung banyak zat baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari varian vitamin yang terdapat pada buah dan sayuaran. Maka fungsi buah dan sayur jika dikonsumsi setiap hari ialah untuk kesimbangan senyawa yang berkembang dalam tubuh bahkan untuk netralisir racun. Apabila Anda bosan dengan cara konsumsinya, ada banyak cara untuk mengkonsumsi buah dan sayur. Salah satunya seperti diolah menjadi jus.

Jadi, kolesterol jahat yang tinggi pada tubuh bisa menjadi cikal bakal hadirnya penyakit kronis seperti stroke dan penyakit jantung. Jika Anda menghabiskan waktu dengan gaya hidup tak sehat, maka masa depan kolesterol tinggi ada di depan mata. Sebaiknya, mulai saat ini ubahlah gaya hidup Anda menjadi gaya hidup sehat. Lakukan dengan rutin setiap harinya. Maka sudah pasti tubuh Anda akan terbebas dari berbagai penyakit kronis yang mematikan.

*direview oleh dr.  Adriani Sakina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 17 =