tanda-tanda kehamilan

Inilah Tanda-tanda Kehamilan yang Harus Diketahui Para Wanita!

Kehamilan adalah hal yang paling di tunggu oleh setiap perempuan yang sudah menikah. Bayangan seorang bayi mungil yang akan menambah meriah suasana di dalam rumah menjadi salah satu alasan utama mengapa perempuan yang sudah menikah ingin segera memiliki momongan.

Selain itu memiliki bayi di percaya akan lebih bisa menguatkan kedekatan antara suami dan istri. Sudah banyak kasus perceraian yang terjadi di Indonesia yang di akibatkan karena tidak segera memiliki momongan. Menjadi ibu di usia muda bukanlah hal yang sulit jika Anda sudah bisa mengerti bagaimana alurnya. Ikuti saja dan jangan terlalu berfikir yang tidak-tidak, karena lambat laun Anda akan terbiasa menjadi seorang ibu.

Meskipun jika Anda memperhatikan ibu muda yang sedang mengurus anak terlihat sangat ribet dan tidak menyenangkan namun nyatanya mereka sangat menikmati aktifitas tersebut bahkan mereka bangga menjadi ibu muda. Aktifitas yang berbeda dan juga sensasi unik akan Anda rasakan ketika sudah memiliki bayi.

Apalagi pengalaman mengandung selama sembilan bulan di kehamilan pertama tentu menjadi hal yang tidak akan terlupakan dalam hidup Anda. Biasanya pengalaman kehamilan pada kandungan pertama tidak akan terulang pada kehamilan berikutnya. Bagaimana rasanya sakit atau bagaimana mengalami kepanikan sebab belum pernah merasakan kehamilan sebelumnya.

Tanda-Tanda Kehamilan Awal

Bagi ibu muda utamanya yang baru menikah pasti sulit mengetahui tentang tanda awal kehamilan. Karena tanda-tanda awal dari kehamilan hampir sama dengan tanda ketika seorang wanita akan menstruasi. Kesamaan tersebut seperti rasa sakit di bagian tubuh tertentu atau bahkan rasa pusing di kepala yang amat sangat.

Memang cara paling mudah untuk mengetahui apakah Anda sedang hamil atau tidak adalah dengan periksa USG di dokter kandungan ataupun coba membeli test pack untuk kehamilan yang di jual khusus di banyak apotek dan mudah sekali Anda temui. Namun sebelum Anda mencoba periksa ke dokter maupun mencoba test pack maka Anda bisa mempelajari tanda-tanda awal kehamilan berikut ini.

1. Payudara terasa nyeri dan tegang

tanda-tanda kehamilan payudara terasa nyeri
image via vemale.com

Tanda awal kehamilan yang pertama dan akan segera Anda rasakan adalah payudara Anda terasa sakit dalam jangka waktu yang cukup lama. Memang tanda ini hampir sama dengan wanita yang akan menstruasi atau yang sering di sebut juga sebagai tanda pra menstruasi.  Rasa sakit pada payudara terus berlanjut bisa jadi itu merupakan tanda awal dari kehamilan. Bahkan rasa sakit di payudara ini bisa terjadi mulai dari awal kehamilan hingga selama sembilan bulan masa kehamilan berlangsung.

Rasa sakit di payudara ini berupa rasa penuh namun sangat sesak dan payudara terasa sangat berat sehingga menimbulkan rasa nyeri yang berlebih. Saat memasuki kehamilan awal maka payudara menjadi sangat sensitif ketika di sentuh atau bahkan berubah menjadi keras.

Perubahan pada payudara Anda di sebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron. Hormon ini memang menjadi menunjang kehamilan untuk menguatkan rahim sebelum tumbuh dan kembang janin. Rata-rata wanita hanya mengalami tegang payudara selama satu hingga dua minggu sejak awal kehamilan atau bahkan tidak jarang ada yang mengalami tegang hingga ia melahirkan.

2.Tidak mengalami menstruasi selama dua siklus atau lebih

tanda-tanda kehamilan tidak menstruasi
image via produkwish.com

Tanda paling mudah dan pasti akan Anda rasakan ketika sedang hamil adalah tidak mengalami siklus menstruasi selama lebih dari dua kali. Menstruasi atau yang juga disebut sebagai datang bulan adalah proses yang seharusnya terjadi pada wanita setiap bulan. Dimana proses menstruasi ini lah yang menandakan adanya peluruhan darah dari dinding rahim akibat sel telur atau ovarium yang tidak di buahi.

Ovarium adalah sel telur yang ada di sekitar area kandungan. Sel telur ini yang nantinya jika bertemu dengan sperma maka terbentuklah seorang bayi. Namun, jika sampai masa pembuahan tapi ovarium tidak kunjung dibuahi, lalu ovarium akan luruh menghasilkan hormon tertentu sehingga dinding rahim meluruh dan keluarlah darah melalui vagina.

Bagi wanita dewasa atau mungkin yang masih remaja tentu sudah mengetahui tentang masa subur yang terjadi pada wanita. Atau mungkin bagi Anda yang sudah menikah dan ingin segera memiliki buah hati maka Anda harus tahu betul tentang masa subur ini. Karena ketika Anda melakukan hubungan badan dengan suami akan lebih cepat menghasilkan kehamilan ketika sedang dalam masa subur dibandingkan ketika tidak dalam masa subur.

Setelah berhubungan intim dengan suami lalu Anda tidak mengalami menstruasi lebih dari dua kali maka itu mungkin menjadi tanda awal Anda sudah hamil. Namun, jika masih satu kali bisa jadi memang siklus menstruasi Anda mengalami gangguan. Ada baiknya jika mengalami telat menstruasi Anda memeriksakannya ke dokter yang Anda percaya.

3.Morning sickness

morning sickness salah satu tanda-tanda kehamilan
image via tommys.org

Morning sickness adalah tanda awal kehamilan yang wajar dialami oleh ibu muda. Meski tidak semua wanita mengalami ini di awal kehamilan mereka namun banyak wanita yang sedikit panik jika mengalami morning sicknes di awal kehamilannya. Kepanikan ini berasal dari rasa yang tidak nyaman ketika sedang morning sicknes. Uniknya ketika sedang hamil tidak hanya wanita saja yang mengalami morning sicknes tetapi sang ayah dari bayi juga bisa mengalaminya.

Memang tidak bisa di pungkiri jika sudah menikah maka dua kepala akan menjadi satu begitupun dengan dua rasa yang menjadi satu. Sehingga yang mengalami susahnya masa kehamilan tidak hanya sang ibu saja tetapi sang ayah juga bisa mengalaminya. Ketika sedang morning sickness, maka tidak usah panik namun cukup siapkan minuman hangat seperti air lemon yang di campur madu maupun air jahe hangat. Karena minuman hangat tidak hanya bisa membuat mood Anda lebih baik namun juga bisa membuat rasa mual di perut berkurang.

4. Ngidam yang unik dan terkesan aneh

ibu ngidam waktu hamil
image via hallosehat.com

Sebelum memutuskan untuk segera hamil setelah menikah maka Anda harus memastikan terlebih dahulu suami Anda sudah siap menjadi suami siaga. Di sebut suami siaga adalah apapun kebutuhan yang nantinya Anda butuhkan sejak awal kehamilan hingga melahirkan suami Anda bisa mencukupinya. Dan suami Anda bisa berada di samping Anda kapan saja Anda membutuhkannya.

Menjadi suami siaga memang sangat lah penting bagi kelancaran proses awal kehamilan Anda hingga proses melahirkan. Mengingat salah satu tanda di awal kehamilan adalah ngidam berbagai macam makanan dan minuman yang mungkin jika orang lain yang mendengar makanan tersebut terdengar aneh dan unik.

Dikatakan aneh dan unik adalah seperti ketika sudah tengah malam tiba-tiba saja Anda menginginkan makan bubur ayam dimana biasanya bubur ayam lebih mudah di temukan ketika pagi hari. Nah saat ini terjadi maka kesegiaan suami Anda pastinya di butuhkan.

Karena mau tidak mau pasangan Anda harus mencarikan makanan yang Anda inginkan apapun itu dan bagaimanapun caranya. Sebab biasanya ketika sedang hamil yang menginginkan berbagai macam makanan dan tidak tepat di waktu jual adalah bawaan sang bayi. Oleh karena itu ada baiknya sebelum merencanakan kehamilan Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah suami Anda sudah siap menjadi suami siaga ataukah belum.

5. Mood swing

mood berubah-ubah ibu hamil
image via teenage-resource.middletownautism.com

Pernah mengalami tiba-tiba saja mood Anda berubah menjadi sangat buruk namun tiba-tiba juga kembali menjadi mood yang baik. Hal ini paling sering terjadi pada wanita di bandingkan dengan pria. Karena memang perasaan wanita di takdirkan lebih lembut di bandingkan dengan perasaan seorang pria.

Namun ketika Anda sedang hamil maka mood swing ini semakin parah dari sebelum Anda hamil. Bahkan terkadang orang lain tidak melakukan apapun namun Anda malah memarahinya namun setelah marah kepada seseorang Anda akan dengan cepat menyadari dan segera menyesali perbuatan Anda tersebut. Hal ini di sebabkan oleh ada peningkatan drastis dari hormon yang ada di tubuh Anda hasilnya Anda lebih mudah marah dan juga senang secara tiba-tiba.

Atau bahkan Anda juga tidak jarang menangis secara mendadak padahal tidak ada hal besar yang terjadi dan hal pemicu Anda menangis ini bisa di bilang adalah hal yang sangat sepele. Lucunya ketika Anda sedang hamil tidak hanya perasaan Anda saja yang mudah mengalami perubahan namun juga hal yang Anda sangat sukai menjadi hal yang sangat Anda benci dan hal yang sangat benci berbah menjadi hal yang Anda sukai. Menurut pakar kesehatan hal ini memang biasa terjadi pada wanita yang sedang hamil dan di mulai dari awal kehamilan hingga nanti ketika sudah melahirkan.

Makanan yang Di Anjurkan Untuk Ibu Hamil

Salah satu hal yang sangat penting dan tidak boleh di abaikan oleh ibu hamil adalah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sebab ketika Anda sedang hamil Anda tidak hanya memberi makan tubuh Anda saja tetapi juga memberi makan bayi yang ada di dalam kandungan Anda.

Sehingga Anda memerlukan gizi ganda agar bayi dan Anda tetap sehat selama proses kehamilan hingga nanti Anda melahirkan. Ada beberapa makanan yang di anjurkan oleh ahli kesehatan agar di konsumsi oleh wanita yang sedang mengandung. Adapun daftar makan yang di rekomendasikan untuk wanita yang sedang hamil adalah seperti berikut ini.

1.Ikan salmon

salmon makanan sehat ibu hamil
image via liputan6.com

Ikan laut memang di kenal kaya akan gizi dan sangat baik untuk masa tumbuh kembang anak. Bahkan banyak pakar kesehatan yang mengharuskan setiap hari anak Anda memakan ikan laut. Begitu pun ketika Anda sedang mengandung maka ikan laut harus menjadi daftar menu wajib yang ada di makanan Anda sehari-hari.

Salah satu jenis ikan laut yang baik untuk ibu hamil adalah ikan salmon. Sebab di dalam ikan salmon terdapat kandungan omega 3, dimana omega 3 ini sangat berfungsi penting untuk menjaga janin agarr tetap sehat. Oleh karena itu ibu hamil harus mengkonsumsi ikan salmon sedikitnya satu kali setiap minggu.

Ikan laut memang wajib dikonsumsi, namun Anda wajib juga selektif terhadap sumber tangkap ikan tersebut dari mana. Seperti kita tau, berbagai laut di Indonesia telah tercemar logam berat maupun minyak. Oleh karena itu, pilihlah ikan laut dari mana supaya ikan tersebut justru tak membahayakan diri sendiri dan juga sang bayi kelak.

2.Telur

tanda-tanda kehamilan gizi ibu hamil
image via hellosehat.com

Di dalam telur terdapat kandungan kolin yang sangat rendah. Dimana asupan kolin yang rendah ini yang akan menghindarkan bayi dari terjadinya cacat pada tabung saraf dan mengurangi resiko buruk pada otak bayi. Selain itu di dalam telur ada banyak sekali kandungan protein yang sangat baik di konsumsi oleh ibu hamil karena tidak hanya bergizi untuk ibu hamil namun juga bisa memenuhi kebutuhan protein bagi sang bayi.

Telur juga memiliki banyak nutrisi lain yang sangat di butuhkan oleh tubuh oleh karena itu telur menjadi salah satu makanan yang sangat di anjurkan di konsumsi oleh ibu hamil. Namun usahakan untuk memakan telur yang di rebus dan bukan yang di goreng.

3.Berbagai macam sayuran hijau

sayuran sehat untuk ibu hamil
image via lifestyle.bisnis.com

Seperti moto hidup empat sehat lima sempurna dimana di dalam moto hidup tersebut terdapat olahan makanan yang berasal dari sayuran hijau. Ada banyak sekali jenis sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi ketika sedang hamil seperti bayam, kol, brokoli dan masih banyak kali.

Di dalam sayuran hijau memang terdapat berbagai macam vitamin seperti kalsium, zat besi, vitamin K, vitamin A, vitamin C, kalium, folat, dan juga da banyak serat. Beberapa daftar vitamin dan zat gizi tersebut memang sangat di butuhkan untuk tubuh utamanya untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Menjaga Diri Agar Tetap Fit

Untuk menjaga diri ketika hamil, tidak hanya jenis makanan saja yang harus di jaga tetapi Anda juga harus rutin melakukan senam yang baik untuk ibu hamil. Dimana ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari senam khusus ibu hamil yang Anda lakukan.

Salah satu manfaat penting dari senam ibu hamil adalah bisa memperlancar proses melahirkan Anda nantinya apalagi jika Anda ingin melakukan proses lahiran normal dan tidak operasi. Adapun yang bisa dilakukan untuk ibu hamil dan aman untuk bayi yang sedang di kandungnya adalah:

1. Berjalan kaki

olahraga ibu hamil
image via nakita.grid.id

Saat Anda sedang hamil usahakan jangan bermalas-malasan di rumah karena hal itu bisa berakibat buruk bukan hanya untuk kesehatan Anda namun juga untuk kesehatan bayi yang sedang Anda kandung. Anda bisa mencoba untuk melakukan olahraga yang sangat sederhana setiap harinya yaitu berjalan kaki setiap pagi hari.

Tidak perlu menempuh jarak yang jauh ketika sedang berjalan kaki ini karena Anda cukup berjalan kaki di sekitar rumah saja. Dengan berjalan kaki secara rutin maka posisi janin bisa berubah menjadi tegak sehingga ketika nanti sudah waktunya lahiran akan lebih memudahkan proses lahiran Anda. Selain itu berjalan kaki setiap pagi juga memicu terjadinya kontraksi secara alami bagi ibu hamil.

2. Senam posisi kupu-kupu

olahraga posisi kupu-kupu untuk ibu hamil
image via kaltim.porkal.co 

Senam satu ini sangatlah mudah di lakukan sendiri di rumah. Caranya adalah dengan menekuk dua kaki ke arah dalam hingga dua telapak kaki bertemu (seperti posisi sila). Selanjutnya sandarkan punggung ke dinding yang rata. Lalu mulai peregangan kaki secara perlahan dan tahan selama 5 hingga 10 menit.

Manfaat utama dari senam posisi kupu-kupu ini adalah untuk melatih otot pinggul agar lebih fleksibel. Sehingga ketika nanti waktunya melahirkan sudah tiba bisa berjalan dengan lancar dan Anda serta bayi sudah siap.

Nah itu tadi beberapa hal yang harus di ketahui oleh wanita yang sedang hamil ataupun yang baru ingin merencanakan kehamilan. Semoga Anda dan bayi tetap sehat hingga proses melahirkan.

*direview oleh dr.  Adriani Sakina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 17 =