tempat tidur bayi

Bingung Memilih Tempat Tidur Bayi yang Cocok Untuk Si Kecil?

Memilih peralatan dan hal yang akan digunakan oleh para bayi adalah sesuatu yang penting. Karena bayi masih sangat rentan akan cidera, alergi dan hal lainnya yang membahayakan. Jadi, kita harus dengan baik memilih apapun yang akan diperlukan dan digunakan oleh sang bayi, termasuk juga masalah tempat tidur bayi.

Ada beberapa hal dan faktor penting yang harus diperhatikan ketika hendak memilih tempat tidur bayi yang berkualitas. Berikut beberapa hal yang memang harus menjadi pusat perhatian para orang tua ketika hendak memilih tempat tidur bayi tersebut.

Cara Memilih Tempat Tidur Bayi Terbaik

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih tempat tidur bayi. Ini dilakukan demi menunjang kenyamanan dan keamanan sang bayi nantinya. Karena pastinya para orang tua tetap menginginkan hal terbaik bagi bayi mereka walupun harus menguras kantong lebih dalam.

Bagi anda yang ingin membeli tempat tidur bayi terbaik dan pastinya aman, maka ketahuilah beberapa hal berikut ini terlebih dahulu. Nantinya ini akan membuat siapapun menjadi lebih waspada dan mengerti hal apa saja yang penting dalam pemilihan tempat tidur bayi tersebut.

Jarak antara bilah tempat tidur

tempat tidur bayi aman
image via pixabay.com

Bayi akan lebih aktif bergerak dan kita sebagai orang tua tidak mungkin selalu bisa mengawasi dan punya banyak waktu untuk selalu berada bersama mereka sepanjang waktu. Jadi cobalah cari tempat tidur bayi yang jarak antara bilah satu dengan yang lainnya tidak terlalu jauh. Ini akan memaksimalkan kecelakaan seperti kepala bayi yang bisa saja terperangkap diantara celah tersebut nantinya.

Bilah tempat tidur harus kokoh

Hal penting lainnya tentang bilah tempat tidur bayi adalah kekokohan yang dimiliki. Karena jika goyah akan membuat bayi mudah terjatuh, karena penopangnya tidak stabil dan goyah. Usahakan untuk selalu menggunakan jenis tempat tidur yang bisa dipakai untuk menopang pergerakan bayi selama berada di dalam tempat tersebut nantinya.

Kualitas bahan dan material

tempat tidur bayi aman
image via pixabay.com

Hal lain yang perlu diperhatikan dengan seksama adalah material dan pembuatan dari tempat tidur bayi tersebut. Karena jika tidak dibuat dengan baik maka akan mudah rusak atau malah sudah terdapat kecacatan. Pastikan tidak ada hal yang akan membahayakan seperti sekrup, paku maupun baut terpasang dengan baik.

Matras didesain khusus

tempat tidur bayi nyaman
image via pixabay.com

Memilih jenis matras yang tepat juga sangat penting dalam melengkapi cara memilih tempat tidur bayi terbaik. Karena kita juga harus tahu bahwa sebagian produsen yang mengeluarkan produk tempat tidur bayi tidak dilengkapi dengan pemberian matras. Biasanya matras untuk bayi harus bisa mencegah terjadinya SIDS atau sudden infant death syndrome.

Jadi, matras yang digunakan untuk para bayi haruslah kuat serta kokoh dalam kegunaannya dalam menopang tulang punggung bayi. Jangan salah pilih dan malah membeli barang yang amat empuk. Bahkan usahakan juga bahwa tidak ada celah yang tersisa antara bilah dan matras bayi tersebut.

Hindari barang lembut

Mungkin banyak diantara kita para orang tua yang salah persepsi akan kenyamanan dan yang seharusnya digunakan oleh para bayi. Menggunakan semua barang yang lembut seperti selimut lembut, boneka lembut, bantal lembut hingga matras yang lembut. Padahal ini sangat berbahaya dan bisa saja menyebabkan sindrom kematian mendadak atau SIDS pada bayi.

Karena bayi masih memiliki susunan tulang yang lunak dan rentan terkena cidera. Jadi pastikan bayi tidak selalu menggunakan semua yang terkesan lunak dan empuk saat tanpa pengawasan. Karena bisa saja mereka akan tercekik, susah bernafas dan cidera tulang belakang. Inilah mengapa balita masih memerlukan orang tuanya dan tidak bisa tidur sendirian.

Pilih Ukuran Kasur yang Tepat

Kasur atau matras kebanyakan memang dijual terpisah dari tempat tidur bayi seperti yang kita bahas di atas. Jadi, selain memilih jenis dan bagaimana material pembuat matras tersebut, sangat diprioritaskan mengambil dan membeli ukuran yang pas.

Sangat diharuskan untuk mencari ukuran matras yang pas dan sesuai dengan jenis kasur tidur bayi tersebut. Jangan pernah membiarkan ada sisa yang nantinya akan memberikan celah pada bagian dalam tempat tidur bayi. Tentunya ini akan membuat resiko bayi mengalami cidera makin besar.

Berdinding Aman

tempat tidur bayi aman dan nyaman
image via pixabay.com

Hal lainnya yang harus diperhatikan ketika hendak memilih dan membeli tempat tidur bayi adalah masalah material pembuat dindingnya. Entah itu terbuat dari besi, kayu, maupun dari bahan plastik. Namun dindingnya harus kokoh dan aman. Dan pastikan material tersebut bisa menjadi tempat yang tidak menyediakan beragam zat berbahaya.

Misalnya saja melapisi bagian dinding tempat tidur yang terbuat dari besi. Karena nantinya bisa membuat bayi cidera ataupun mengalami gangguan pencernaan. Karena kebanyakan tidak terbuat dari besi yang tahan karat. Jika terjilat oleh sang bayi, tentunya ini akan mengakibatkan masalah.

Hindari Tempat Tidur Bayi Berpintu Samping

Dan banyak sekali jenis dari tempat tidur bayi. Dan beberapa diantaranya memiliki jenis dinding yang berpintu hingga nantinya bisa di naik atau diturunkan secara manual. Namun, bagi sang bayi ini merupakan salah satu jenis tempat tidur yang sebaiknya dihindari.

Apalagi jika bayi memang lebih lincah dan aktif dan tentunya ini akan menghindari kesalahan maupun kecerobohan akibat salah membuka maupun menutup pintu tempat tidur bayi tersebut nantinya. Karena bayi nantinya bisa salah dalam membuka maupun menggeser pintu tersebut seiring dengan bertambahnya usia.

Perhatikan Penyangga

Jangan lupa untuk selalu mengecek ulang kekokohan dan fungsi dari penyangga tempat tidur bayi tersebut. karena jika tidak ditopang dan memiliki tempat tidur yang baik, maka bayi akan lebih mudah copot. Inilah mengapa sangat disarankan untuk selalu memeriksa penyangga tempat tidur bayi secara teratur dan berkala.

Tempat Penyimpanan

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, bahwasanya tempat tidur bayi ini sendiri memiliki banyak sekali jenis dan varian model. Jadi jangan heran jika menemukan varian model yang berbeda-beda. Misalnya saja dengan memilih jenis tempat tidur bayi lengkap dengan kotak perlengkapan. Ini adalah tempat penyimpanan barang penting seperti mainan, popok maupun perlengkapan mandi.

Dapat Diayunkan

Pada dasarnya, para bayi amatlah suka aktifitas diayun dan digendong oleh orang tuanya. Jadi menemukan desain tempat tidur yang mudah untuk diayunkan adalah pilihan yang sangat bagus demi memaksimalkan penjagaan dan memudahkan bayi untuk tidur maupun menenangkannya saat dia menangis.

Kasur Bayi Kelambu

tempat tidur bayi berkelambu
image via pixabay.com

Demi melindungi bayi dari ancaman gigitan serangga dan masalah lainnya maka diciptakanlah jenis tempat tidur bayi yang pada bagian atasnya sudah dilengkapi dengan kelambu. Jadi, ini merupakan alternatif bagi anda yang takut akan gigitan nyamuk tanpa perlu menggunakan obat anti nyamuk yang berbahaya bagi bayi.

Kasur Bayi Karakter

Nah, beranjak pada pilihan tempat tidur bayi karakter ini adalah salah satu jenis yang populer dan disukai oleh anak-anak. Bayangkan saja anda akan memberikan rangkaian tempat tidur beserta kasur karakter yang unik dan sangat menyenangkan untuk tempat bayi nantinya bisa bermain.

Bahkan ukurannya yang relatif lebih besar ini bisa digunakan sebagai perlengkapan bayi hingga beranjak menjadi anak-anak. Biasanya, tekstur kasur yang diberikan juga lumayan empuk dan membuat bayi menjadi sangat nyaman. Namun, perlu diperhatikan untuk penggunaan oleh bayi yang masih berumur dibawah 5 bulan.

Kasur Bayi Lipat

Nah, jika anda sering mengajak sang bayi untuk berpergian maka jenis kasur lipat sangat membantu dan berguna. Karena mudah sekali disusun dan dilipat serta bisa dibawa kemana-mana dan digunakan dengan mudah.

Rekomendasi Tempat Tidur Bayi terbaik

Nah, setelah sebelumnya kita mempelajari tentang poin-poin terpenting saat memilih tempat tidur bayi, maka kali ini kita akan membahas tempat tidur bayi yang direkomendasikan. Apa-apa sajakah pilihannya? Yuk simak daftarnya di bawah ini:

1. Nuna Sena Aire

tempat tidur bayi Nuna Sena Aire
image via pinterest.com

Ini merupakan salah satu jenis tempat tidur bayi terbaik yang direkomendasikan baik untuk penggunaan dalam dan di luar negeri. Karena ini adalah salah satu jenis tempat tidur bayi yang memang mudah digunakan dan fleksibel. Karena memang didesain secara minimalis dan akan memudahkan dalam penyimpanan dan dilipat jika hendak bepergian.

Tempat tidur bayi yang satu ini bisa dipakai untuk anak yang beratnya sudah mencapai 15 kg. Karena memiliki struktur matras atau kasur yang empuk, maka tempat tidur ini bisa digunakan untuk sarana anak bermain juga. Keamanan dari tempat tidur bayi ini terjaga dan juga memiliki penutup matras yang bisa dibongkar pasang dan dicuci. Bisa didapatkan dimulai dari harga Rp. 2.400.000 di sini.

2. BabyBelle

tempat tidur bayi BabyBelle
image via BabyBelle.com

Satu lagi jenis tempat tidur bayi yang direkomendasikan adalah BabyBelle. Ini merupakan tempat tidur yang telah terbukti bebas dari zat racun hingga aman untuk digunakan. Sudah memiliki standar keamanan nasional dan juga memiliki pembatas yang bisa diatur ketinggiannya. Jadi, tidak lagi sulit untuk menggunakan tempat tidur yang satu ini. Harganya bervariasi dimulai dari Rp. 975.000 di sini.

3. Graco Pack ‘N Play

tempat tidur bayi merek Graco Pack ‘N Play
image via BuyBuyBaby.com

Graco Pack n Play adalah tempat tidur bayi yang cocok digunakan pada bayi yang masih baru lahir atau yang dinamai dengan istilah napper. Jadi ini bisa menjadi area bermain sekaligus bisa untuk dijadikan tempat pergantian popok bayi tersebut.

Desain ranjang yang terlihat fleksibel ini memang mudah untuk dilipat dan tentunya bisa digunakan oleh anak yang berusia 3 tahun. Bahkan jika hendak membersihkan kamar sang bayi, ini merupakan jenis tempat tidur yang mudah dipindahkan karena terbuat dari material ringan. Harganya bisa didapatkan dari Rp. 1.750.000 di sini.

4. BabyDoes

tempat tidur bayi BabyDoes
image via tododo.com

Dilengkapi dengan alat getar, mainan boneka gantung, music box, tempat penyimpanan dan tempat untuk pergantian popok. Ini bahkan salah satu tempat tidur yang banyak digunakan karena terbuat dari besi yang kokoh dan bisa untuk menampung berat anak yang sudah berusia 3 tahun dengan berat 15 kg.

Sedangkan posisi dari tempat tidur bayi yang satu ini bisa diatur hingga menjadi 3 jenis posisi yang berbeda. Anda bisa menggunakan posisi paling bawah ketika sang bayi sudah bisa merangkak dan menjelajahi tempat tidurnya tersebut. harga untuk tenmpat tidur yang satu ini dimulai dari Rp. 1.099.000 di sini.

5. Little Equi

tempat tidur bayi Little Equi
image via tokopedia.com

Seperti halnya jenis tempat tidur premium lainnya, ini merupakan jenis tempat tidur yang ketinggiannya bisa diatur, memiliki pintu geser yang bisa ditarik ke atas maupun ke bawah. Uniknya lagi, tempat tidur ini terbuat dari bahan kayu mahoni berkualitas tinggi. Bisa didapat dengan harga awal Rp 2.300.000 di sini.

Masalah keamanan atas roda-roda yang ada di setiap kaki tempat tidur tidak akan membahayakan sang bayi, karena memang dirancang sedemikian rupa dan memiliki pengunci hingga aman untuk digunakan. Bahkan bagian dinding dilapisi dengan cat putih, agar bayi tak bersentuhan langsung dengan cat maka dilapisi bahan plastik.

6. Joie Commuter Change Travel Cot

tempat tidur bayi Joie Commuter Change Travel Cot
image via EmmaReed.com

Ini juga merupakan salah satu dari sekian banyak jenis tempat tidur bayi yang direkomendasikan. Karena memang di desain untuk memiliki 2 jenis tingkatan tempat tidur. Bahkan penggunaan dari tombol lipat akan sangat mudah dan bekerja dengan cepat. Harganya dimulai dari Rp 1.115.000 di sini.

Jadi anda atau bayi anda bisa dengan mudah bermain dan tidur di tempat tidur ini. Karena memang sudah dirancang dan didesain dengan baik demi standar keamanan internasional yang sudah tidak diragukan lagi. Ini juga terbuat dari bahan yang aman untuk sang bayi. Apalagi bayi yang suka menggigit dan menjilati benda didekatnya.

7. Cocolatte Lifestyle

tempat tidur Cocolatte Lifestyle
image via tokopedia.com

Merupakan tempat tidur bayi terbaik yang bisa didapatkan dengan mudah. Memiliki 2 tingkatan matras dan didesain dengan jenis bahan jaring. Dilengkapi dengan kotak musik dan juga kelambu demi keamanan dan kenayamanan sang bayi.

Dilengkapi dengan fitur tempat penyimpanan yang tesusun atas 2 susunan dan nantinya juga memiliki vibrator dan lampu khusus. Dijual dengan harga Rp 1.270.000 di sini.

Pembelian Tempat Tidur Bayi Online

Setelah sebelumnya kita membahas bagaimana cara memilih tempat tidur dan daftar jenis tempat tidur bayi terbaik, maka akan ada banyak yang ingin tahu dimana bisa mendapatkannya? Mungkin berkeliling dan mencari di toko konvensional tidak akan seefisien dan selengkap yang ditawarkan oleh penjual online.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berbelanja menggunakan fasilitas ecommerce ternama di Indonesia. Beberapa ecommerce tersebut seperti Lazada, Shopee atau Blibli bahkan menyediakan layanan free ongkir. Tidak hanya disana saja, Anda juga bisa menjelajahi Tokopedia, Bukalapak atau JD.ID untuk mendapatkan jenis tempat tidur idaman yang cocok untuk sang bayi nantinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × two =