Cara Mengatasi Rambut Rontok, Jangan Sepelekan Sebelum Terlambat!

Mengatasi rambut rontok pastinya menjadi suatu masalah tersendiri dan mengkhawatirkan bagi setiap orang. Kerontokan rambut yang bisa saja terjadi pada siapapun ini merupakan masalah yang umum terjadi. Biasanya, seseorang memang akan mendapati 100 helai rambut yang bisa saja rontok setiap hari.

Namun jika rontoknya rambut tersebut sudah melebihi ukuran normal maka patut dicurigai dan mendapatkan perawatan. Ada banyak sekali permasalahan umum yang bisa menyebabkan kerontokan rambut yang mengkhawatirkan. Biasanya, kerontokan rambut ini akan berujung pada penipisan rambut hingga bagian kulit kepala lebih mudah terlihat.

Perubahan Hormon

Harus kita ketahui bersama, bahwasanya perubahan hormonal seseorang akan memicu kerontokan rambut yang signifikan. Biasanya, kerontokan yang diakibatkan oleh masalah hormonal ini adalah kerontokan yang menimpa wanita setelah terjadinya masa menopause atau pada umur 50an untuk pria. Kerontokan rambut hormonal ini akan melanda para lansia.

Faktor Lain Penyebab Rambut Rontok

Tidak hanya masalah hormonal saja yang bisa menyebabkan kerontokan rambut. Tentunya ada beberapa alasan lain yang menyebabkan rambut menjadi rontok. Berikut beberapa hal yang memungkinkan menjadi penyebab kerontokan rambut selain masalah hormonal, yaitu:

  • Asupan Gizi : tidak hanya mempengaruhi bagian lain di tubuh seseorang, banyak hal yang terjadi akibat masalah gizi buruk dan salah satunya adalah penipisan rambut akibat kerontokan karena helai rambut akan lebih rapuh dan mudah rontok karena kurang nutrisi yang diperlukan.
  • Zat Kimia Berbahaya : Tidak semua produk yang berhubungan dengan rambut yang kerap kita gunakan di keseharian kita adalah jenis produk yang baik dan bagus untuk rambut. Sayangnya, kebanyakan produk yang mengandung zat kimia adalah produk yang berbahaya dan bisa merusak kesehatan rambut hingga mudah rontok dan patah serta masalah rambut yang kasar dan bercabang.
  • Penyakit : Beberapa penyakit yang menyerang tubuh juga bisa berdampak kepada kerontokan rambut. Hipertiroidisme, diabetes, ganngguan autoimun seperti lupus, dan sindrom down misalnya, ketiga penyakit ini akan menyebabkan kerontokan rambut bahkan bisa dimulai semenjak usia remaja selama penderita masih mengidap penyakit tersebut. Selain berbagai penyakit tersebut, infeksi pada rambut, terutama yang disebabkan oleh jamur, pun bisa menyebabkan kerontokan rambut. Infeksi jamur pada daerah rambut di kepala disebut juga Tinea Kapitis. Infeksi ini pun tak jarang menyebabkan rambut rontok hingga terjadi kebotakanpada daerah rambut yang terserang oleh jamur. Namun, jika penyakit berhasil disembuhkan maka rambut biasanya kembali pulih dan tumbuh dengan baik lagi.
  • Obat : Penggunaan dari obat-obatan tertentu bisa berdampak pada kerontokan rambut yang mungkin tidak kita ketahui. Misalnya saja menggunakan obat yang digunakan untuk terapi hipertensi, depresi, epilepsi, gangguan pembekuan darah, kolesterol tinggi, penyakit Parkinson. Selain itu, obat anti nyeri golongan non steroid (NSAID), terapi hormonal pengganti,dan kemoterapi juga biasanya akan menyebabkan efek samping berupa kerontokan rambut.
  • Psikologis : tekanan mental atau masalah psikologis juga menjadi salah satu penyebab mengapa rambut mudah rontok. Walaupun bersifat semntara, stres maupun depresi adalah masalah yang bisa membuat rambut menjadi kian menipis.
  • Terapi kanker : Sudah bukan rahasia umum lagi jika seseorang yang melakukan dan menjalani terapi kanker akan menyebabkan kerontokan rambut hingga kebotakan. Namun, rambut kembali akan tumbuh setelah terapi tersebut selesai dilakukan.

Tips Mengatasi Kerontokan Rambut

Ada beberapa tips yang bisa menjadi pencegahan dan alternatif terbaik untuk mengatasi terjadinya kerontokan yaitu :

  • Jangan lupa menggunakan produk perawatan rambut yang dikhususkan untuk rambut rontok.
  • Jangan lupa untuk bershampoo secara rutin minimal 1 kali dalam 3 hari
  • Jangan mengikat rambut terlalu kencang hingga membuat rambut menjadi mudah patah dan rontok.
  • Cukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan jika pelu gunakan serum rambut secara rutin untuk mengembalikan kesehatan rambut.
  • Ubah pola makan menjadi pola makan yang sehat, seperti tidak melewatkan sarapan dan selalu meminum cukup air untuk mencegah terjadinya dehidrasi.
  • Jangan lupa untuk mengecek jika mungkin anda menderita penyakit serius yang menyebabkan rambut mudah rontok dan lakukan perawatan secara intensif agar bisa mengembalikan kesehatan rambut seperti sedia kala.
  • Dengan mengetahui poin-poin penting dalam menjaga kesehatan rambut ini, anda bisa melakukan tindakan pencegahan terhadap kerontokan rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

berbagai cara mengatasi rambut rontok
image via MyHomeHealTips.com

Ketika mengalami masalah penuaan maka gejala seperti kerontokan rambut adalah hal yang kerap dialami semua orang. Hanya saja jika penuaan dan faktor hormonal bukanlah penyebabnya dan kerontokan rambut yang dialami lebih parah dari biasanya, tentu ini merupakan masalah yang seharusnya bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan efisien.

Jadi, selain meminta bantuan dari para ahli medis, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kerontokan rambut agar tidak berujung pada kebotakan yang pastinya menganggu penampilan. Misalnya saja dengan menggunakan bahan-bahan alami maupun obat-obatan medis yang telah diresepkan oleh para dokter. Menggunakan vitamin atau penyubur rambut misalnya, adalah salah satu yang kerap digunakan saat ini.

Berikut akan kita bahas bagaimana saja perawatan rambut rontok yang bisa dilakukan. Mulai dengan cara alami hingga dengan beragam cara lainnya yang dianjurkan dan memang telah banyak terbukti efektif untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Berikut penjabarannya:

Perawatan Kerontokan Rambut dengan Cara Alami

cara mengobati rambut rontok secara alami
image via pexels.com

Kita tidak bisa menyangkal bahwasanya ada banyak sekali yang bisa gunakan untuk mengatasi kerontokan rambut dengan cara yang alami. Karena mengatasi masalah tidak hanya dengan obat-obatan yang diracik, namun juga mengatasi masalah kebiasaan dan bagaimana kita memperlakukan tubuh dengan baik dan benar. Misalnya saja dengan memperbaiki pola makan.

1. Nutrisi

Kita telah menyatakan dan membahas di atas, bahwasanya kekurangan nutrisi adalah salah satu penyebab utama mengapa seseorang mengalami kerontokan rambut. Jadi, rambut membutuhkan nutrisi yang cukup dan sempurna untuk bisa mempertahankan keindahan dan kekuatannya. Misalnya saja dengan memenuhi kebutuhan mineral dan protein.

Jadi, jangan lupa untuk selalu menyediakan makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar bisa mempertahankan kekuatan rambut agar tidak mudah rontok. Jangan selalu makan makanan junk food yang berbahaya dan nutrisinya kurang. Pastikan kadar nutrisi tubuh terpenuhi dengan baik.

2. Penataan rambut

Ingat juga bahwa tekanan yang selalu diberikan kepada rambut, misalnya saja menggunakan ikat rambut yang terlalu kencang dan kuat juga akan berdampak pada kerontokan rambut. Bahkan bagi kita yang sering memaparkan rambut dengan bahan-bahan berbahaya seperti produk penataan rambut menggunakan pelurus rambut dan lainnya bisa merusak rambut dan membuatnya lebih mudah rontok.

3. Mengelola stres

Stres termasuk kedalam penyebab yang menyebabkan rambut mudah rontok. Jadi, cobalah kelola dengan baik stres dan tingkatan emosi anda. Jangan sampai berujung pada tingkatan yang berbahaya dan parah seperti depresi hingga kerontokan rambut tak lagi bisa dihindarkan.

4. Penyakit

Jika memang terserang penyakit tertentu dan menyebabkan tubuh lebih lemah dan akan berdampak pada kerontokan rambut, seperti beberapa jenis penyakit autoimun, penyakit kulit dan penyakit yang kita bahas sebelumnya di faktor penyebab kerontokan rambut, maka cara mengatasinya adalah dengan menyembuhkan penyakit tersebut terlebih dahulu tentunya.

5. Menggunakan Lidah Buaya

Cara menggunakan lidah buaya ini cukup mudah dan efektif untuk mengatasi masalah kerontokan rambut yang melebihi biasanya. Karena lidah buaya ini mengandung protein, zat besi dan vitamin A juga Vitamin D. Oleskan gel yang ada di dalam lidah buaya ke bagian kulit kepala dan biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

6. Asam Amino

Memastikan tubuh mendapatkan nutrisi terbaik seperti asam amino juga akan sangat bagus bagi pertumbuhan dan kesehatan rambut. Sumber makanan yang kaya akan asam amino patut dikonsumsi agar bisa mengatasi masalah kerontokan rambut seperti ikan, produk susu, kacang, daging maupun telur dan ini akan membuat nutrisi untuk rambut menjadi terpenuhi dengan baik.

7. Minyak Zaitun

Cara mengatasi masalah rambut rontok lainnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Ini merupakan salah satu minyak esensial yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut. Karena minyak zaitun ini kaya akan kandungan vitamin, kalsium dan zat besi untuk menguatkan sel rambut. Bahkan rambut akan menjadi kian berkilau dengan penggunaan minyak ini secara rutin.

8. Vitamin C

Agar rambut tidak mudah patah dan rontok, maka sangat penting kolagen diproduksi dengan baik oleh tubuh dan salah satu vitamin yang membuat produksi kolagen lancar adalah vitamin C. Jadi, mengkonsumsi vitamin C ini bisa langsung dari bahan makanan maupun dari suplemen khusus yang mudah ditemukan di pasaran.

9. Masker Buah-buahan

Menggunakan buah-buahan yang bisa melengkapi nutrisi yang diperlukan oleh rambut bisa menguatkan dan menjadi alternatif creambath yang menggunakan bahan-bahan yang mungkin berbahaya. Buah-buahan tersebut seperti semangka, alpukat maupun melon yang tidak hanya menutrisi dan juga menjaga kilau rambut.

10. Teh Hijau

cara mengobati rambut rontok dengan teh hijau
image via macaro-ni.jp

Sebagai alternatif lain cara mengatasi kerontokan rambut metode alami adalah dengan menggunakan ramuan teh hijau. Teteskan teh hijau yang telah di seduh ke bagian kulit kepala, sebaiknya tunggu agar tidak terlalu hangat dan usap atau pijit daerah kulit kepala dengan lembut agar ramuan tersebut menyerap dengan baik ke dalam kulit kepala.

11. Minyak Kemiri

Kemiri yang dibakar dan kemudian dihancurkan hingga menghasilkan minyak adalah hal terbaik secara alami mengambil minyak kemiri tersebut. sudah bukan rahasia umum lagi jika kebotakan biasanya diatasi dengan penggunaan dari minyak kemiri ini. Ini akan menyuburkan kembali rambut dan menutrisinya dengan baik.

12. Kentang

Kentang merupakan sayuran yang bermanfaat dan bisa mengembalikan kesehatan hingga kesuburan rambut. Agar bisa mendapatkan manfaat dari kentang, anda hanya perlu menghaluskannya dan menjadikannya sebagai masker rambut. Kemudian anda bisa menggunakan masker rambut ini secara rutin dan membiarkannya selama beberapa menit diatas kulit kepala sebelum membilasnya dengan air bersih.

13. Bawang Putih

Bawang putih sangat bagus untuk mengtasi kerontokan rambut. Ini diyakini menjadi salah satu bahan alami yang akan sangat efektif dalam mengatasi masalah kerontokan rambut. Caranya hanya perlu mencampurkan tetesan minyak zaitun dengan bawang putih yang sebelumnya telah dihaluskan. Usapkan di bagian kulit kepala dan diamkan baru dicuci lagi hingga bersih.

14. Santan

Santan juga merupakan salah satu cara alami agar bisa mengembalikan kesehatan rambut hingga tidak mudah terjadinya kerontokan. Cara penggunaan santan ini tidak jauh berbeda dengan rangkaian penggunaan dari beragam bahan alami di atas. Oleskan saja santan secukupnya ke bagian kulit kepala diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

15. Jahe

Jahe mengandung zat zingeron yang baik untuk mengembalikan kesuburan rambut. Ini adalah alasan nyata mengapa sangat direkomendasikan penggunaan jahe agar bisa mengatasi kerontokan rambut. Anda hanya perlu memarut cabe dan oleskan ke bagian kepala tunggu beberapa saat dan bilas kembali menggunakan air bersih. Sel-sel rambut akan kembali sehat jika rutin melakukan cara ini.

16. Jeruk Nipis

jeruk nipis mengobati rambut rontok
image via pexels.com

Alasan utama mengapa kita menggunakan jeruk nipis sebagai alternatif penyembuhan dari rambut rontok adalah kandungan vitamin C yang amat sangat banyak pada buah yang satu ini. Anda hanya perlu memotong jeruk nipis dan gosokkan secara lembut di kepala dan diamkan beberapa saat sebelum kembali mencuci dan membersihkan rambut anda tersebut.

17. Minyak Lavender

Minyak esensial lainnya yang bagus untuk mengatasi kerontokan rambut adalah minyak lavender. Dengan aroma yang menenangkan, maka menggunakan terapi minyak lavender akan membuat siapapun menjadi lebih nyaman dan merasa lebih mudah. Hanya perlu meneteskan beberapa tetes minyak ini ke bagian kulit kepala selama 20 menit sebelum kembali dibilas dengan air bersih.

Perawatan Rambut Rontok Menggunakan Obat-Obatan

mengatasi rambut rontok dengan obat-obatan
image via pexels.com

Jika anda ingin melakukan terapi rambut rontok menggunakan obat-obatan maka ini akan merujuk kepada penyebab yang menyebabkan permasalahan tersebut. Karena obat-obatan hanya akan bekerja secara efektif untuk mengatasi penyebab yang menyebabkan rambut rontok dan harus meminimalisasi efek yang disebabkan konsumsi obat-obatan apalagi dalam waktu yang lama.

1. Minoxidil

Ini merupakan obat untuk mengatasi kerontokan rambut yang berupa cairan. Menggunakannya adalah dengan cara meneteskan dan menggosokkan secara perlahan di bagian kulit kepala untuk pencegahan rambut rontok dan memicu sel rambut baru. Namun pastikan tidak mengenai bagian wajah agar tidak tumbuh rambut di sana.

2. Finasteride

mengobati rambut rontok dengan Finasteride
image via hairlossdaily.com

Ini adalah jenis obat untuk masalah kerontokan rambut yang dikemas dalam bentuk pil. Obat ini akan memberikan dampak untuk mengatasi dan mencegah kerapuhan dari sel rambut hingga siapapun yang mengkonsumsinya akan terhindar dari masalah rambut rontok.

Jika ingin menggunakan obat-obatan sebagai pencegahan dan mengatasi kerontokan rambut, maka sebaiknya kita mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Karena disetiap obat yang kita konsumsi memberikan beragam efek samping yang harus diketahui terlebih dahulu. Selamat mencoba!

*direview oleh dr.  Adriani Sakina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × four =