Cara Mengecilkan Betis yang Tepat, Bagaimana Sih Triknya?

Bagi perempuan setiap bagian tubuh itu adalah harta yang sangat penting. Oleh karena itu banyak perempuan yang melakukan berbagai macam cara untuk menjaga tubuhnya agar tetap memiliki berat badan dan juga bentuk tubuh yang ideal. Mulai dari spa ke salon hingga mengkonsumsi obat diet selalu di lakukan oleh lebih banyak wanita agar tubuh mereka tetap enak di lihat utamanya oleh lawan jenis.

Karena bagaimana bentuk tubuh Anda yang paling besar mempengaruhi kesan pertama yang Anda buat bersama dengan lawan bicara Anda. Belum lagi saat ini sudah banyak tempat kerja yang mengharuskan calon pencari kerja yang melamar di perusahaan itu harrus memiliki bentuk tubuh yang ideal.


Apalagi jika Anda ingin melamar kerja di perusahaan yang sudah memiliki nama dan bekerja melayani jasa maka penampilan adalah hal yang utama. Oleh karena itu menjaga berat badan memang sangat lah penting mengingat saat ini penampilan juga menjadi penilaian di setiap aspek kehidupan.

Bagian tubuh wanita yang sangat mudah sekali mengalami pembesaran atau tempat berkumpulnya lemak terletak di paha, betis dan juga perut. Salah sedikit saja pola makan Anda maka ketiga bagian tubuh tersebut akan sangat mudah sekali mengalami kegendutan. Karena hal ini lah banyak olahraga yang memang di khususkan untuk menghilangkan lemak yang bersarang di tiga bagian tubuh tersebut.

Hal-Hal yang Menyebabkan Betis Membesar


Betis memang menjadi bagian tubuh wanita yang paling mudah mengalami penumpukan lemak sehingga ukurannya lebih besar daripada ukuran aslinya. Memiliki ukuran betis yang besar tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman tersendiri bagi pemiliknya. Karena dengan betis yang besar tentu saja penampilan Anda juga akan berkurang.

Ada beberapa hal yang terlihat sepele ketika di lakukan tetapi ternyata bisa membuat betis Anda menjadi besar. Adapun beberapa kegiatan yang harus Anda waspadai karena bisa membuat ukuran betis membesar karena penumpukan lemak ataupun pembesaran otot adalah sebagai berikut ini.

  1. Terlalu sering mengangkat barang yang berat

    Cara Mengecilkan Betis


    Aktivitas yangmungkin tidak Anda sadari tetapi bisa memicu betis membesar adalah kegiatan mengangkat barang-barang berat dalam jangka waktu yang lama dan sangat sering.Ketika Anda mengangkan barang-barang besar dan sangat berat seperti tv atau kursisofa yang sangat berat maka otot lengan dan tangan yang akan berperan aktif.

    Tetapi jika Anda mengangkat barang berat tersebut untuk memindahkan ke tempatlain maka otot betis lah yang bekerja sangat keras. Sehingga menyebabkan otottendon yang ada di sekitar area betis menjadi berkurang kekuatannya danmenimbulkan gumpalan di sekitar area otot tersebut di mana gumpalan inilah yang nantinya mengeras dan menjadikan betis membesar.

  2. Adanya penumpukan lemak yang berlebih

    cara mengecilkan betis tanpa olahraga

    Penyebab kedua mengapa ukuran betis bisa membesar adalah adanya penumpukan lemak yang berlebih pada area betis tersebut. Hal ini biasanya di karenakan Anda terlalu banyak makan dan melebihi porsi yang seharusnya tetapi Anda sangat jarang sekali berolahraga karena mungkin kesibukan yang Anda miliki.

    Padahal olahraga adalah hal yang sangat penting dan harus Anda lakukan setidaknya sepuluh menit setiap pagi. Ketika makanan masuk ke dalam tubuh dan tidak di olah dengan baik oleh tubuh serta Anda juga jarang olahraga maka lemak akan menimbun di area tertentu seperti betis. Akibatnya ukuran betis Anda menjadi besar.

  3. Penggunaan sepatu hak tinggi yang terlalu sering

    mengecilkan betis


    Bagi Anda yang bekerja di kantor atau lembaga pekerjaan lain tentu sudah tidak asing dengan sepatu ber hak tinggi atau yang sering di sebut dengan high heels. Sepatu heels memang bisa membuat Anda terlihat lebih menawan karena selain bisa menambah tinggi Anda sepatu ini juga bisa membuat badan Anda terlihat lebih ramping.

    Apalagi untuk perempuan modern masa kini sepatu heels sudah seperti bagian dari kehidupan yang setiap saat ataupun setiap acara haruslah di gunakan. Tapi tanpa Anda sadari penggunaan sepatu heels yang terlalu sering bisa membuat betis Anda menjadi besar. Hal ini di karenakan darah di bagian betis tersumbat dan tidak bisa mengalir secara lancar.

  4. Bawaan genetik atau dari garis keturunan

    Faktor utama yang menyebabkan betis membesar atau pemilik betis dengan ukuran besar adalah faktor genetik atau garis keturunan. Garis keturunan ini bisa di turunkan dari ayah atau ibu, bisa juga dari keduanya. Jika Anda yang memiliki ukuran betis besar dan di skebabkan oleh faktor genetik maka untuk mengecilkan betis ini di perlukan usaha yang sedikit ekstrim dan terbilang susah.

    Sebab faktor genetik adalah faktor terkuat yang sangat sulit sekali di ubah. Pemicunya adalah otot tandon yang melekat erat pada tumit sejak Anda lahir dan hal tersebut langsung terhubung ke betis sehingga ukuran betis lebih besar daripada orang umumnya.

  5. Terlalu lama berdiri dan tidak bergerak

    Bermalas-malasan memang kebiasaan buruk dan harus Anda hindari. Tetapi jika Anda menyukai kegiatan berdiri dan tidak berpindah tempat justru harus Anda waspadai. Berdiri memang baik di bandingkan dengan kegiatan bermalas-malasan seperti tidur ataupun duduk tetapi jika Anda hanya berdiri dan tidak berpindah tempat dalam jangka waktu yang lama maka akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

    Ketika Anda hanya berdiri dan tidak berpindah tempat sama sekali maka beban tubuh akan di letakkan pada betis. Mungkin dalam jangka waktu satu atau dua bulan tidak ada efek samping sama sekali. Tetapi ketika sudah memasuki pergantian tahun maka otot betis akan menggumpal dan mengeras yang menyebabkan pembesaran pada ukuran betis Anda.

  6. Terlalu sering menggunakan olahraga angkat beban

    Bagi yang menyukai olahraga tentu saja gym adalah tempat yang sangat Anda sukai untuk di kunjungi. Salah satu jenis olahraga yang paling sering di gunakan oleh para olahragawan adalah angkat besi atau angkat barbel. Olahraga ini mengandalkan kekuatan otot tangan dan juga otot kaki utamanya otot yang ada pada betis.

    Jika Anda terlalu sering menggunakan olahraga angkat besi dan hal tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang lama maka bisa merusak jaringan otot betis. Jaringan otot yang sudah rusak menimbulkan penggumpalan otot sendiri di area betis dan hal tersebut menyebabkan betis menjadi besar.

  7. Berlari dengan sangat cepat

    Berlari menjadi salah satu olahraga yang paling terkenal dan paling banyak di sukai baik itu oleh pria maupun wanita. Karena memang berlari menjadi olahraga yang bisa di bilang paling cepat dalam hal menurunkan berat badan seseorang. Ada banyak sekali jenis olahraga lari yang bisa Anda coba untuk kegiatan olahraga Anda setiap harinya.

    Tetapi hindari olahraga lari yang terlalu membutuhkan kekuatan kaki untuk bergerak dengan cepat. Karena lari cepat bisa membuat ukuran betis Anda menjadi besar dan tidak hanya itu saja badan Anda juga akan terlihat semakin pendek.

Cara Mengecilkan Betis yang Membesar

Beberapa penyebab ukuran betis membesar di atas menjelaskan bahwa penyebab betis yang besar tidak hanya di karenakan oleh lemak tetapi ada juga beberapa faktor yang lain. Bahkan kegiatan yang sedang Anda lakukan dan hal tersebut sebenarnya terlihat sangat sepele ternyata bisa menjadikan otot di area betis menjadi rusak.

Kerusakan otot yang sangat parah tentu saja tidak hanya membuat ukuran betis membesar tetapi juga bisa berakibat fatal untuk kesehatan tubuh yang Anda miliki. Bahkan kelumpuhan bisa mengancam Anda jika Anda tidak memperhatikan beberapa penyebab kerusakan otot betis seperti yang sudah di jelaskan di atas.

Betis yang besar tentu akan mengurangi rasa percaya diri Anda jika sedang menggunakan pakaian yang mini atau juga sepatu high heels Anda. Padahal tujuannya menggunakan sepatu high heels adalah agar kaki bisa lebih terlihat jenjang daripada aslinya. Tetapi jika Anda menggunakan high heels ketika ukuran betis Anda sedang membesar maka bukan penampilan yang menawan yang akan Anda dapatkan tetapi justru penampilan yang kurang menarik. Adapun cara untuk mengecilkan ukuran betis berikut ini bisa Anda coba lakukan.

  1. Olahraga renang

    cara mengecilkan paha dan betis

    Bagi Anda yang memang menyukai olahraga air maka fakta satu ini tentu menyenangkan untuk Anda. Karena ternyata berenang bisa membuat ukuran betis Anda mengecil dengan sangat efektif dan dalam jangka waktu yang cukup cepat. Pengecilan ukuran betis ini di sebabkan oleh pergerakan air yang mendorong kaki Anda untuk terus bergerak sehingga lemak yang ada pada betis akan hilang dengan cepat sembari kaki Anda yang terus bergerak tadi.

    Selain bisa mengecilkan betis olahraga renang juga bisa di gunakan sebagai terapi fikiran sehingga Anda tidak hanya mendapatkan ukuran betis yang ideal tetapi juga fikiran Anda bisa lebih segar daripada sebelumnya.

  2. Meregangkan kaki

    cara mengecilkan paha dan betis



    Hal sederhana tapi bisa berdampak besar untuk kesehatan betis Anda adalah kegiatan peregangan kaki. Padahal aktivitas ini hanya memerlukan sedikit waktu Anda setiap harinya tetapi ternyata manfaat yang di bawanya tidak bisa di pandang remeh begitu saja. Setelah seharian penuh Anda beraktifitas tentunya kaki menjadi sangat lelah dan memang seharusnya Anda meregangkan kaki Anda ketika sedang Ada waktu beristirahat.

    Lebih baik lagi jika sepulang beraktifitas selama seharian penuh Anda merendam kaki dengan air dingin selama setengah jam sembari melakukan peregangan. Selain bisa membuat kaki lebih sehat hal ini juga bisa mengecilkan betis Anda. Sebab otot di sekitar betis menjadi relaks dan mulai kembali ke bentuk semula.

  3. Olahraga otot betis

    Mungkin belum banyak yang mengetahui tentang jenis olahraga satu ini. Tetapi saat ini sudah mulai banyak orang yang mulai menggunakan olahraga khusus otot betis ini untuk mendapatkan bentuk betis yang lebih ideal daripada sebelumnya. Jika di lihat sepintas olahraga ini bisa di bilang seperti olahraga yoga pada umumnya. Tetapi gerakan olahraga ini memang di khususkan untuk melatih otot betis sehingga otot betis bisa kembali pada ukurannya semula.

    Caranya melakukan olahraga ini adalah pertama Anda menghadap ke tembok di mana tembok tersebut bersih dari aksesoris dinding sehingga benar-benar rata. Lalu berdiri dan mulai tekuk kaki kanan ke dalam serta tahan dengan tangan dan juga dinding tadi. Pertahankan posisi ini selama tiga puluh menit dan ulangi setidaknya dua kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  4. Berlari kecil

    Salah satu penyebab ukuran betis membesar adalah kegiatan berlari cepat sehingga otot betis terkena dampaknya. Jika Anda memang menyukai olahraga lari tetapi tidak ingin betis Anda berubah menjadi besar maka Anda bisa mencoba untuk berlari kecil-kecil saja. Lari kecil tidak akan memaksa kaki untuk bergerak secara cepat dan juga berat. Sehingga otot kaki utamanya yang terletak di betis tidak akan mengalami pergerakan yang terlalu banyak.

    Anda juga bisa mencoba berlari di tempat agar betis Anda kembali mengecil. Berlari di tempat dengan gerakan yang seimbang akan melatih otot betis yang akan membuatnya lebih kencang. Hasilnya jika Anda melakukan secara teratur maka betis Anda akan berbentuk sangat ideal.

  5. Bersepeda santai

    Untuk mendapatkan betis yang kecil tidak selalu harus menggunakan olahraga yang ekstrim. Karena terkadang olahraga yang keras tidak akan membuat Anda mendapatkan hasil yang maksimal bahkan justru bisa membuat kesehatan Anda terganggu. Anda bisa melakukan olahraga yang sederhana saja dan tidak memakan banyak tenaga seperti bersepeda santai.

    Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari olahraga bersepeda. Salah satunya adalah bisa mengecilkan betis Anda. Hal ini di sebabkan oleh gerakan secara terus menerus dan berulang ketika Anda sedang mengayuh sepeda lah yang menjadikan otot di sekitar betis kembali kencang sehingga bentuk betis yang semula besar karena lemak seiring bergantinya waktu akan kembali mengecil karena lemak yang sudah menghilang.

  6. Calf raises

    Jenis olahraga satu ini mungkin masih unik atau jarang di dengar oleh banyak orang. Karena memang belum banyak orang yang menggunakan olahraga ini untuk berolahraga. Padahal ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan olahraga calf raises ini sebagai bagian dalam olahraga Anda. Manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dari olahraga ini adalah badan Anda menjadi lebih sehat.

    Selain itu betis Anda yang semula besar juga bisa mulai mengecil karena olahraga calf raises. Cara untuk melalukan olahraga ini adalah dengan mengangkat barbel kecil di kedua tangan Anda sembari merapatkan kaki sehingga beban tubuh di turunkan ke kaki. Dengan melakukan olahraga secara teratur maka betis Anda akan terlatih dan bisa kembali ke bentuknya semula.

  7. Turun naik di tangga

    Cara yang paling cepat untuk mendapatkan bentuk betis yang ideal adalah dengan naik turun tangga dalam tempo yang cukup cepat. Olahraga satu ini bisa di bilang sebagai satu-satunya olahraga yang tidak memerlukan tenaga yang terlalu besar tetapi bisa menghasilkan bentuk betis yang sangat indah setelahnya.

    Anda tidak perlu terlalu cepat untuk menaiki dan menuruni tangga tetapi cukup lakukan dengan kecepatan yang sedang. Lakukan selama kurang lebih tiga puluh menit dan jangan terlalu lama. Karena jika terlalu lama maka betis Anda bukannya menjadi kecil tetapi bisa lebih besar dari sebelumnya.

Ada banyak sekali cara untuk mendapatkan bentuk betis yang ideal. Asal Anda melakukannya dengan serius dan juga rutin maka hasil yang optimal akan Anda dapatkan. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + fifteen =