Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Ini yang Sebaiknya Anda Tahu!

Jerawat merupakan masalah pada kulit wajah yang bisa dialami siapa saja, yang kadang diawali dengan munculnya komedo. Bagi perempuan, jerawat biasanya muncul saat pra mensturasi, dimana perubahan hormon akan sangat mempengaruhi kemunculannya. Sebenarnya, jerawat bukan hal yang membahayakan namun ini bisa sangat mengganggu apalagi bila setelahnya menyebabkan timbul noda bekas jerawat, biasanya berupa bintik hitam dan sangat membandel.

Sehingga bukan hanya masalah kemunculan jerawatnya saja yang mengganggu, namun noda hitam bekas jerawat juga sama. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena sekarang sudah muncul berbagai macam cara menghilangkan bekas jerawat dari mulai yang alami sampai mengandalkan kecanggihan alat teknologi.

cara menghilangkan bekas jerawat
image via health24.com

Sebelum mengetahui apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat, sebaiknya Anda ketahui dulu kenapa sih jerawat bisa muncul?

1. Sinar matahari

Sinar matahari yang menyengat langsung pada wajah bisa menyebabkan kelenjar minyak pada area wajah memproduksi lebih banyak minyak. Akibatnya jerawat juga akan terpicu untuk muncul. Selain pada wajah, biasanya juga kelenjar minyak pada area punggung dan dada akan ikut terpacu.

2. Keluarnya keringat terlalu berlebihan

Saat dalam kondisi panas, secara otomatis tubuh akan langsung bereaksi dengan menghasilkan keringat. Bila Anda tidak menjaga kebersihan kulit dan pakaian, ini bisa mengakibatkan bakteri tumbuh dalam tubuh Anda. Inilah yang juga menyebabkan bakteri jerawat mulai muncul.

3. Perubahan hormon

Hormon perempuan saat menjelang pra mensturasi akan berubah. Sebagian perempuan biasanya akan mengalami kemunculan jerawat sebagai tanda bahwa ia akan mengalami mensturasi sebentar lagi. Perubahan hormon tidak hanya menyebabkan jerawat ada juga efek samping lain yang bisa muncul, seperti nafsu makan yang banyak sampai badan yang merasa pegal berlebihan.

4. Alergi terhadap kandungan dalam kosmetik

Tidak semua orang bisa cocok dengan kosmetik merek tertentu. Biarpun kosmetiknya sudah ternama dan memamerkan banyak kandungan bermanfaat. Bila kulit Anda sensitif pada kandungan tersebut, tentunya itu bisa memicu timbul jerawat.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dan Modern

Ada berbagai macam metode cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa Anda lakukan, berikut ini adalah yang paling direkomendasikan dari mulai cara alami sampai modern.

1. Mengoleskan minyak zaitun

Anda bisa coba memanfaatkan minyak zaitun untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Jenis minyak yang sudah cukup populer di masyarakat ini mampu membuat kulit menjadi lembab, mengatasi peradangan sampai mengurangi rasa gatal karena alergi. Manfaat tersebut bisa didapatkan karena kandungan yang ada di dalamnya yaitu Oleochantal.

cara menghilangkan bekas jerawat dengan minyak zaitun
image via hellosehat.com

Bagaimana cara menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan noda jerawat? Tidak sulit kok, Anda hanya perlu mengoleskannya saja secara teratur langsung pada kulit. Saat baru saja dioleskan, pijat dahulu wajah Anda selama 30 detik, ini bisa membantu kandungan dalam minyak zaitun terserap oleh kulit. Diamkan selama 10 menit baru Anda bisa membasuh wajah dengan menggunakan air bersih.

2. Menggunakan sari jeruk nipis

Anda juga bisa memanfaatkan sari jeruk nipis untuk menghilangkan noda bekas jerawat secara alami. Caranya juga tidak terlalu sulit, hanya tinggal menyiapkan 1 buah jeruk nipis kemudian memeras airnya. Oleskan pada wajah, khususnya area yang terdapat noda bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit, baru Anda bisa membersihkan wajah kembali menggunakan air bersih.

cara menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis
image via kompasiana.com

Jeruk nipis memiliki kandungan zat pemutih yang bisa memudarkan noda bekas jerawat. Namun tentunya tidak dalam waktu cepat, harus dilakukan secara rutin agar bisa memberikan hasil yang bertahap. Jeruk nipis juga mampu membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah.

3. Mengoleskan gel lidah buaya

Gel lidah buaya sudah banyak dimanfaatkan untuk pengobatan alami. Manfaat dari lidah buaya memang sangat baik untuk kesehatan, apalagi untuk kulit. Sudah sejak lama juga lidah buaya dijadikan pelembab alami untuk jenis kulit kering. Namun tidak hanya itu saja, ternyata aloe vera atau gel lidah buaya ini mampu merangsang tumbuh kembali sel kulit mati sehingga bisa lebih cepat menyembuhkan jaringan kulit yang rusak dan menyebabkan timbulnya noda seperti jerawat.

cara menghilangkan bekas jerawat dengan gel lidah buaya
image via meramuda.com

Lidah buaya juga memiliki sifat anti radang alami sehingga mampu mengatasi keluhan radang disertai nyeri akibat jerawat. Selain itu, sifat penenang dalam lidah buaya juga bisa meredakan rasa nyeri ketika diterapkan pada bagian luka atau jerawat yang terserang infeksi.

4. Melakukan laser resurfacing

Bila sebelumnya menggunakan cara alami, berbeda halnya dengan laser resurfacing. Dimana Adna akan membersihkan noda bekas jerawat menggunakan metode kecantikan yang mengandalkan teknologi. Ini juga bisa dijadikan salah satu cara untuk memperbaiki kulit berlubang. Alat yang akan digunakan adalah laser bedah, sementara untuk yang sering digunakan adalah jenis laser karbondioksidan dan juga laser erbium.
Laser tersebut merupakan jenis laser yang juga digunakan untuk menghapus tata serta membersihkan kulit. Beberapa orang juga kerap kali melakukan laser untuk menghilangkan urat yang terlihat jelas dan adanya kemerahan dekat hidung atau pipi.

cara menghilangkan bekas jerawat dengan laser resurfacing
image via cbs12.com

Laser yang diarahkan ke area kulit nantinya bisa membuat kulit tampak lebih sehat serta mengangkat lapisan kulit bagian atas. Namun, Anda harus tahu juga bahwa laser ini akan memberikan efek setelah melakukannya. Dimana wajah akan terasa sedikit nyeri untuk beberapa lama, bisa sampai 20 hari. Ini merupakan efek samping normal dan biasa dirasakan oleh banyak orang.

Melakukan laser juga tidak sembarangan, Anda harus memenuhi syarat atau prosedur tertentu. Misalnya, tidak boleh mengkonsumsi aspirin, ibufrofen dan vitamin E sebab bisa mempengaruhi pada proses pembekuan darah.

5. IPL treatment (Intense Pulsed Light)

IPL treatment merupakan cara menghilangkan noda jerawat selanjutnya yang memanfaatkan teknologi kesehatan lebih modern. Ini merupakan terapi yang memanfaatkan sinar dari lampu xenon yang sudah diatur sedemikian rupa sehingga memiliki intensitasi tinggi untuk peremajaan jaringan kulit yang lebih sehat. Terapi ini juga cocok untuk mengatasi berbagai macam keluhan untuk semua jenis kulit, dari mulai jerawat, noda hitam, flek, kerutan, garis halus sampai bekas luka.

5.	IPL treatment (Intense Pulsed Light)
image via metroderm.org

Beberapa orang menganggap bahwa IPL treatment sama dengan terapi laser tapi faktanya berbeda. Alat yang digunakan pun berbeda. Bila laser akan memberikan bekerja dengan menggunakan 1 gelombang cahaya dengan sifat yang sudah terkonsentrasi pada 1 sel target berbeda dengan IPL treatment.

IPL treatment akan bekerja dengan menggunakan banyak gelombang cahaya sehingga target area yang akan diperbaiki bisa lebih besar. Dari segi efek samping, IPL treatment sangat minim resikonya, bahkan bisa saja tidak ada efek samping sama sekali.

6. Dermal fillers

Sekarang ini sudah banyak sekali metode kecantikan yang dikembangkan dan mengandalkan teknologi. Sehingga bila ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat, Anda bisa melakukan konsultasi pada dokter kecantikan. Seperti, kalau dengan cara alami waktu yang Anda butuhkan untuk menghilangkan noda jerawat terlalu lama, Anda bisa menggunakan cara yang lebih modern. Untuk harga, tentu saja cara lebih modern bisa lebih mahal namun bisa lebih cepat.

Metode yang bisa Anda coba adalah Dermal filler. Atau biasa disebut juga sebagai suntik wajah merupakan salah satu prosedur yang dilakukan agar bisa mengembalikan tingkat kekenyalan pipi, menghilangkan noda jerawat, memuluskan kulit, sampai menebalkan bibir. Dermal filler hanya dilakukan dengan menyuntikan sebuah cairan pada bagian wajah tertentu. Tidak perlu melakukan sayatan yang bisa menyebabkan luka terbuka.
Namun dibalik kemudahan prosesnya, Anda juga perlu tahu bahwa Dermal filler merupakan teknik kecantikan modern yang memiliki resiko. Sehingga setelah proses terapi selesai, Anda bisa merasakan beberapa efek samping, salah satunya kulit yang mengalami kemerahan sampai membengkak.

Ingat, cara atau metode menghilangkan jerawat menggunakan Dermal filler hanya bisa dilakukan oleh seorang ahli atau spesialis kulit yang disebut dermatology, ahli farmasi, terapis kecantikan yang sudah bersertifikasi dan juga dokter bedah kecantikan.
Pada umumnya, proses yang dibutuhkan untuk melakukan metode ini akan berlangsung sampai 30 menit. Sementara hasil suntikan juga memiliki waktu tenggatnya, yaitu dari 6 bulan sampai 12 bulan.

Mau lihat bagaimana proses Derma fillers? Silahkan lihat pada video dibawah ini. 

7. Dermabrasi

Sudah tahu mengenai Dermabrasi? Cara ini sudah cukup terkenal di kalangan wanita apalagi bagi yang sangat senang melakukan perawatan diri ke klinik kecantikan. Ini merupakan salah satu teknik kecantikan dengan cara mengelupas bagian kulit menggunakan sebuah alat yang berputar pada permukaan kulit wajah. Bekerja dengan cara mengangkat bagian kulit teratas.

Setelah itu bagian kulit teratasnya akan dibuang dan Anda akan merasakan kulit wajah memanas hingga memerah. Kulit yang merah lama kelamaan akan membentuk kerak dalam proses penyembuhannya. Selang 1 sampai 2 minggu, kulit Anda akan mulus dan terlihat sehat.
Metode ini biasanya digunakan oleh mereka yang ingin menghilangkan bekas jerawat, flek, mengurangi kemunculan gari halus pada wajah sampai membuat kulit tampak lebih muda kembali. Bila ternyata Anda juga mengalami kondisi kulit yang bolong akibat jerawat, melakukan Dermabrasi bisa sangat membantu mengembalikan bentuk kulit.

Di samping Dermabrasi, ada juga mikrodermabrasi. Metode yang masih satu jenis dengan dermabrasi namun lebih ringan dan membutuhkan beberapa kali prosedur secara berulan agar bisa menghasilkan efek yang maksimal.

8. Chemical peel

Chemical peel merupakan metode kecantikan yang dilakukan dengan cara mengikis bagian lapisan kulit teratas pada wajah yang diaplikasikan langsung menggunakan iritan bahan kimia. Metode Chemical peel sebenarnya tidak seagresif dermabrasi namun efeknya tidak sebagus metode sebelumnya bahkan dari tingkat ketahanan pun masih lama Dermabrasi.

Chemical peel akan dilakukan dengan cara mengoleskan sebuah cairan kimia pada bagian kulit wajah sampai leher. Untuk tiap prosedurnya, cairan kimia yang digunakan aka berebeda-beda namun pada dasarnya bahan utama yang dipakai tetap sama yaitu asam glikolat.

Bahan kimia yang dioleskan secara perlahan akan membunuh jaringan kulit dan juga mengangkat sel kulit mati pada wajah. Sehingga sel kulit mati akan mengelupas. Kulit yang sudah mengelupas nantinya akan digantikan oleh sel kulit yang baru, yang lebih sehat, bersih dan lembut.

Selain bisa menghilangkan noda bekas jerawat, prosedur Chemical peel bisa mengatasi berbagai macam masalah kecantikan lainnya. Seperti noda pada kulit, kusam, keluarnya gari halus sampai bekas luka yang terlihat. Chemical peel juga bila dilakukan secara kulit mampu membuat kulit tampak lebih kencang dan kenyal kembali. Anda bisa terlihat lebih awet muda.

Apakah cara Chemical peel cocok untuk semua jenis kulit? Ini sangat tergantung, apakah kulit Anda cocok dengan jenis bahan kimia yang digunakan atau tidak. Namun para dermatology sudah menyatakan bahwa cara ini sangatlah aman. Bila ada efek samping, artinya memang kulit Anda tidak cocok menggunakan metode Chemical peel.

Pada dasarnya kulit manusia sendiri memiliki kemampuan untuk bisa menyembuhkan diri serta memperbaiki sel kulit mati atau sel yang rusak. Sementara zat kimia yang digunakan dalam proses peeling nantinya akan akan diserap pada tingkat dermis yang paling atas dan tingkat papiler.

Mencegah Munculnya Jerawat

Dibandingkan mengobati dan menghilangkan noda bekas jerawat dengan berbagai macam metode alami sampai modern, tentunya mencegah munculnya jerawat bisa lebih baik. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan perawatan kalau dalam sehari-harinya Anda bisa menjaga kesehatan kulit.

Caranya juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menjaga kulit tetap dalam keadaan bersih setiap saat. Jangan pernah malas membersihkan kulit wajah apalagi bila sudah melakukan aktivitas luar ruangan yang membuat kulit kusam. Anda wajib mencuci muka saat pagi dan malam hari sebelum tidur.

Selain itu, Anda juga perlu mengatur pola makan. Timbulnya jerawat bisa dipengaruhi karena pola makan yang tak sehat. Seperti mengkonsumsi makanan berlemak bahkan beberapa orang ada juga yang sensitif terhadap jenis kacang-kacangan. Hindari juga stress yang berlebihan, ini bisa membuat perubahan hormone dalam tubuh Anda tidak stabil. Akibatnya kemunculan jerawat pun bisa sering terjadi bahkan dalam jumlah banyak.

mencegah munculnya jerawat
image via pixabay.com

Pencegahan tentu bisa Anda lakukan bila Anda konsisten melakukannya. Namun biar begitu ada saja jenis jerawat yang muncul tanpa dicegah, seperti perubahan hormone pasca mensturasi misalnya.

Bila memang Anda memiliki masalah kecantikan karena noda bekas jerawat, cara menghilangkan jerawat secara alami dan modern yang dianjurkan di atas bisa Anda lakukan. Untuk selanjutnya, Anda tinggal melakukan pencegahan agar kulit semakin lebih sehat.

*direview oleh dr.  Adriani Sakina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + six =